fbpx

Adab Ketika Menguap Dalam Islam Agar Tidak Ditertawakan Setan


0
13 shares

Hal sepele yang sering dilakukan banyak orang tetapi tidak mereka sadari adalah menguap. Menguap memang bisa menjadi salah satu tanda atau ciri tubuh yang mulai letih dan lelah.

Menguap bisa terjadi kapan saja, entah ketika sedang bekerja, belajar, ataupun ketika sedang beribadah. Hal ini memang tidak dilarang dalam Islam, sebab menguap adalah salah satu ‘sinyal’ yang diberikan oleh tubuh yang menandakan bahwa tubuh sedang lelah atau mengantuk.

Namun seperti yang kita tahu, dalam Islam, hal sekecil apapun pasti ada adab dan aturannya. Mulai dari adab masuk dan keluar kamar mandi, adab makan dan minum, ketika berjima, bahkan hingga menguap pun ada adabnya.

Nah, dalam kasus menguap ini juga ada adab dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan atau sangat dianjurkan untuk dihindari ketika menguap.

Sebab hal itu termasuk dalam adab yang buruk, dan tentu saja melakukan adab yang buruk itu termasuk dalam perilaku tercela dan Allah sangat tidak suka dengan orang yang melakukan perilaku tercela.

Untuk mengetahui adab-adab ketika menguap dalam Islam, berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan ketika menguap menurut tuntunan Islam.

Adab Menguap dalam Islam dan Mencegah Setan Masuk Melalui Menguap

Menguap juga bisa menjadi salah satu pintu setan untuk masuk ke dalam tubuh manusia dan mengajak manusia untuk melakukan hal-hal yang disukai setan. Biasanya, ketika menguap maka akan memicu juga rasa malas yang semua itu merupakan dorongan dari setan.

Rasa malas ini memang sepele, tetapi sangat berbahaya. Sebab bisa membuat orang lalai untuk beribadah, bekerja dan melakukan hal-hal lain yang pada akhirnya akan merugikan diri sendiri.

Abdul Aziz bin Fathi as-Sayyid Nada dalam bukunya, Ensiklopedi Adab Islam (Ma’usu’at Al Aadaab Al Islamiyyah) menyebutkan, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dan harus dilakukan saat orang menghadapi kondisi menguap.

1. Berusaha Untuk Menahan atau Menolak Menguap

Hendaknya, seseorang yang merasa akan menguap sebaiknya menolak, mengalahkan, dan menahan menguap, apalagi ketika sedang melakukan shalat. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri RA bersabda:

“Apabila salah seorang dari kalian menguap dalam shalatnya, hendaklah ia berusaha menahan menguapnya sebisa mungkin karena setan bisa masuk.” [HR. Muslim]

Bagaimana setan bisa masuk? Syekh Nada menambahkan bahwa setan adalah makhluk yang terbuat dari api, sehingga ia bisa berubah bentuk, berpindah dan bergerak seperti hawa dan angin. Oleh karena itu, tak heran jika setan bisa masuk ke dalam tubuh dan mendorong manusia untuk menjadi orang yang malas melalui menguap.

2. Tutup Mulut dan Jangan Bersuara Saat Menguap

Jika tidak bisa menahan atau menolak untuk menguap, maka sebisa mungkin tutup mulut kamu ketika sedang menguap menggunakan tangan. Sebab, mulut yang terbuka lebar ketika menguap adalah salah satu hal yang buruk.

Pada saat itu pula, setan akan menertawakan orang yang menguap dalam kondisi mulut terbuka lebar. Menutup mulut menggunakan tangan juga merupakan salah satu adab yang diperintahkan oleh Nabi sebagaimana yang diterangkan dalam hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam berikut:

“Jika salah seorang dari kalian menguap, tutuplah mulutnya dengan tangannya.” [HR. Turmudzi]

Dalam hadist Bukhari, dijelaskan pula bahwa Allah menyukai bersin dan membenci menguap, seperti yang ada dalam hadist berikut:

“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Oleh karena itu bila kalian bersin lalu dia memuji Allah, maka wajib atas setiap muslim yang mendengarnya untuk ber-tasymit (mengucapkan ‘yarhamukallah’). Sedangkan menguap itu dari setan, jika seseorang menguap hendaklah dia tahan semampunya. Bila orang yang menguap sampai mengeluarkan suara, setan tertawa karenanya.” [HR. Bukhari]

Oleh karena itu, bagi orang yang tidak bisa menahan untuk menguap, hendaklah menutup mulutnya dengan tangan. Dan jangan pernah menguap dengan mengeluarkan suara, sebab setan akan menertawakan orang yang menguap dengan mengeluarkan suara.

Namun kebanyakan orang tidak sadar dan malah tak jarang ada orang yang dengan sengaja mengeraskan suaranya ketika menguap. Padahal hal itu dibenci oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan menjadi salah satu cara setan untuk menertawakannya, karena mereka merasa senang ketika godaannya kepada manusia berhasil.

Menguap saja sudah membuat setan senang, tentu setan akan lebih senang hingga tertawa ketika orang menguap dengan mengeluarkan suara. Jadi itulah sedikit informasi tentang adab ketika menguap dalam Islam, semoga bisa bermanfaat.


Like it? Share with your friends!

0
13 shares

What's Your Reaction?

senang senang
0
senang
terhibur terhibur
0
terhibur
terinspirasi terinspirasi
0
terinspirasi
bangga bangga
0
bangga
takut takut
0
takut
terkejut terkejut
0
terkejut
sedih sedih
0
sedih
ngakak ngakak
0
ngakak
marah marah
0
marah

King

Pecinta tempe penyet dan klepon. :)

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format