Ada 5 Jenis Kesendirian Menurut Ilmu Psikologi, Apakah Kamu Pernah Mengalami Salah Satunya?

1 min


Kesepian dan kesendirian adalah salah satu hal yang mungkin pernah dialami oleh sebagian besar orang, perasaan ini memang menjadi salah satu bentuk respon emosi yang tidak mengenakkan dan merupakan sebuah keadaan yang kompleks.

Orang yang merasakan kesendirian atau loneliness ini biasanya akan lebih sering merasa gelisah, takut, dan susah untuk bergaul dengan dunia luar seperti orang-orang normal.

Dalam dunia psikologi, ada 5 jenis rasa kesendirian yang bisa dirasakan. Dan berikut ini adalah 6 jenis rasa kesendirian yang ada menurut ilmu psikologi, apakah kamu merasakan salah satunya?

Psychological Loneliness

Kesendirian ini biasanya sering dialami oleh orang-orang yang pernah mengalami keadaan yang luar biasa hingga mengakibatkan trauma. Hal ini mengakibatkan orang-orang dengan psychological loneliness ini melepaskan diri dari orang-orang di sekelilingnya.

Orang-orang dengan psychological loneliness ini juga terjadi karena orang-orang tersebut tidak mampu untuk memahami perasaan dan keadaan psikologisnya.

Social Loneliness

Social loneliness biasanya dirasakan oleh orang-orang yang pernah diusir dari sebuah kelompok atau grup yang menurutnya sangat penting.

Biasanya, jenis kesendirian ini akibat dari penolakan untuk ikut bergabung dalam suatu grup tertentu.

Interpersonal Loneliness

Interpersonal loneliness merupakan jenis kesendirian yang umum dan hampir semua orang pernah mengalaminya. Biasanya hal ini dikarenakan orang tersebut sudah tak lagi merasa dekat dengan orang-orang di sekelilingnya seperti teman atau keluarganya.

Kesendirian jenis ini bisa diatasi dengan cara memperbaiki komunikasi yang baik, kedekatan, dan juga memberikan kasih sayang kepada orang yang mengalami hal ini.

Cultural Loneliness

Cultural loneliness terjadi ketika seseorang merasa dipisahkan dari hidup atau sebuah sistem tradisi.

Biasanya kesendirian ini sering dialami para minoritas yang merasa tidak bisa menjadi bagian dari mereka yang mainstream dan dominan.

Intellectual Loneliness

Kesendirian ini adalah kesendirian yang berhubungan dengan bidang pendidikan atau akademik.

Orang yang merasakan intellectual loneliness biasanya merasa bahwa dirinya tidak lebih baik dari orang-orang di sekelilingnya dalam bidang akademis, sehingga merasa dijauhi atau tidak pantas untuk bersama mereka.

Itulah 5 jenis kesendirian yang ada dan sering dialami oleh banyak orang, yang mana yang pernah atau sedang kamu alami saat ini?


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend