May 2, 2018

5 Kata Perintah 'OK Google' yang Berguna Banget Untuk Keseharian Kamu

Sekarang zaman sudah serba canggih, segala sesuatu bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Bahkan di teknologi yang sudah sangat maju ini, kita bisa melakukan berbagai hal hanya dengan menggunakan perintah suara.

Salah satu contoh hal yang bisa kita lakukan dengan menggunakan perintah suara adalah dengan menggunakan Google Now, atau OK Google di aplikasi Google App.

Google App adalah layanan aplikasi dari Google yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan update berita, cuaca terkini, melakukan browsing, bahkan melakukan hal-hal lain di smartphone hanya dengan menggunakan perintah suara.

Jika kita sudah melakukan penyetelan aplikasi Google Now di aplikasi ini, maka kita bisa melakukan semua itu dengan mudah, hanya dengan mengucapkan kata "OK Google", lalu memberikan perintah Google Now di aplikasi tersebut.

Nah, berikut ini adalah 5 perintah Google Now atau OK Google yang sangat berguna untuk memudahkan kamu dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Menyetel Alarm dengan OK Google


Jika kamu tidak ingin kesiangan untuk bangun pagi, kamu bisa menyetel alarm di ponsel kamu. Sekarang, kamu bisa melakukan itu hanya dengan memberikan perintah di Google App.

Caranya adalah buka aplikasi Google App, lalu ucapkan "OK Google" dan dilanjutkan dengan perintah untuk mengatur alarm di smartphone kamu. Perintahnya bisa seperti ini: "Atur alarm pukul 5 pagi" atau "Bangunkan saya 8 jam dari sekarang" dll.

Membuat Pengingat


Punya janji dengan orang lain? Atau takut lupa untuk melakukan sesuatu? Jangan khawatir, kamu juga bisa membuat pengingat menggunakan perintah OK Google.

Dengan menggunakan perintah ini, smartphone kamu akan memberikan notifikasi seperti alarm berupa pengingat yang sudah kamu setel sebelumnya. Untuk mengatur pengingat dengan Google Now, gunakan perintah ini: "Ingatkan saya untuk [hal yang ingin dilakukan] pukul [jam untuk diingatkan]".

Misal: Jika kamu ingin diingatkan untuk bertemu dengan seseorang pada jam 8 malam, gunakan perintah, "Ingatkan saya untuk bertemu dengan Anisa pukul 8 malam."

Mengartikan Kata Ke dalam Bahasa Lain


Kamu juga bisa mengartikan kata-kata dalam Bahasa Indonesia ke bahasa lain, untuk melakukannya, gunakan perintah berikut: "[Kata yang ingin diartikan] dalam bahasa [nama negara]"

Contoh: "Aku cinta kamu dalam bahasa Jepang"

Memutar Lagu


Saat sedang bosan dan ingin mendengarkan lagu, kita juga bisa memutar lagu menggunakan aplikasi Google App. Caranya adalah dengan memberikan perintah untuk memutar lagu di OK Google seperti berikut: "Putar lagu [judul lagu]"

Contoh: "Putar lagu Jaran Goyang"

Mencari Rute


Jangan takut tersesat jika sedang dalam perjalanan di kota atau tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Karena kita juga bisa mencari rute menggunakan perintah Google Now.

Caranya adalah, gunakan perintah ini: "Arah ke [tempat tujuan]". Contohnya adalah sebagai berikut: "Arah ke Purwokerto", setelah itu Google akan menunjukkan rute paling cepat untuk menuju ke Purwokerto dari lokasi terkini.

Jadi, cukup mudah bukan untuk menggunakan aplikasi Google App ini? dengan kemajuan zaman di masa sekarang, segala sesuatu memang bisa menjadi lebih mudah dan instan.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...