May 17, 2018

5 Jenis Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Saat Buka Puasa dan Sahur

Untuk umat muslim, bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya, hal ini karena di bulan ramadhan setiap amal ibadah yang dikerjakan akan dilipat gandakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Selain itu, bulan ramadhan juga merupakan bulan yang penuh rahmat, penuh ampunan, dan penuh berkah.

Saat menjalani ibadah puasa, seseorang akan menahan lapar dan haus dalam waktu sekitar 14 jam, karena itu agar tetap bisa menjalani ibadah puasa dengan lancar, sebaiknya konsumsi makanan yang juga dibarengi dengan konsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

Sebab itu, terapkanlah pola makan sehat dan seimbang selama menjalani ibadah puasa. Selain itu ada juga beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat puasa karena ternyata ada yang bisa membuatmu cepat lapar atau bisa membuat perutmu kacau. Agar terhindar dari kejadian yang tidak enak, simak yuk 5 makanan yang sebaiknya dihindari saat puasa!.

Gorengan


Tak bisa disangkal, jika gorengan adalah salah satu makanan paling menggoda yang harus disantap saat buka puasa atau sahur. Tapi tahukah kamu jika lemak dan minyak berlebih yang terkandung di dalam gorengan memberi efek buruk bagi tubuh kita? jika kamu rutin makan gorengan saat buka puasa, jangan kaget kalau berat badan kamu akan bertambah saat bulan puasa usai.

Timbunan lemak jahat memang bisa menyebabkan kegemukan. Minyak dari gorengan juga akan mengendap lama di saluran pencernaan dan mengganggu sistem pencernaan, jadi sebaiknya pilihlah makanan saat puasa yang lebih sehat, seperti sayuran dan buah misalnya.

Makanan Pedas


Salah satu ciri makanan khas Indonesia memiliki citarasa yang kuat, bisa dibilang hampir semua makanan Indonesia memiliki rasa yang pedas, baik dari cabai maupun dari rempah lainnya. Saat berbuka puasa, makan jenis ini sebaiknya dihindari terutama bagi kamu yang memiliki masalah asam lambung atau biasa disebut maag.

Jika kamu memakan makanan yang pedas saat perut kamu dalam kondisi kosong, itu dapat meningkatkan produksi asam. Tidak hanya itu, lambung juga akan menjadi lebih sensitif saat dalam keadaan kosong sehingga dapat membuat maag kamu kambuh.

Makanan Instant Dan Junk Food


Saat menjalankan ibadah puasa tubuh sama halnya dengan sedang “beristirahat” karena pencernaan bekerja lebih santai dari hari biasanya. Oleh karena itu, sebaiknya mengonsumsi lebih banyak air dan buah agar kebutuhan serat dapat terpenuhi.

Oleh karena itu, sangat disayangkan jika kamu mengonsumsi makanan instan atau junk food yang rendah serat. Hindari makanan instan seperti mi instan, sosis, dan daging olahan. Pilih makanan yang kamu olah sendiri di rumah sehingga lebih kaya serat dan sehat.

Makanan Bersantan


Makanan bersantan memang gurih, namun berdampak pada kadar kolesterol kamu, santan juga bisa membuat tekanan darah naik, kadar gula darah melambung, atau penyakit lain yang sudah bersarang kambuh kembali.

Mengonsumsi santan secara berlebihan ternyata bisa memicu penyakit pembuluh darah seperti stroke, jantung, serta naiknya kadar asam urat, dan lain sebagainya.

Makanan Yang Terlalu Asin Dan Manis


Bukan hanya memiliki efek negatif bagi kesehatan, makanan yang terlalu asin ternyata juga dapat menstimulasi rasa haus. Jika tidak ingin puasa batal di tengah hari karena rasa haus melanda, lebih baik kamu hindari mengonsumsi jenis makanan yang terlalu asin ketika santap sahur.

Sementara itu, mengonsumsi makanan dengan pemanis buatan juga sangat tidak dianjurkan ketika santap sahur. Mengapa? Karena jenis makanan seperi permen, kue kering, dan soda ini dapat meningkatkan asam dalam tubuh. Lebih baik konsumsi buah-buahan segar yang memiliki kadar gula alami saat kamu sedang berpuasa.

Loading...

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...