May 6, 2018

5 Hewan Laut yang Unik dan Menyeramkan

Laut memang menyimpan berjuta misteri yang siap untuk dipecahkan, namun tak hanya itu. Pesona keindahan dan keunikan laut juga bisa membuat manusia takjub akan apa yang ada di dalam lautan tersebut.

Hewan-hewan di dalam lautan memang memiliki banyak jenis, ada yang sangat indah, ada juga yang memiliki sosok seperti monster yang sangat menyeramkan.

Nah, berikut ini adalah 5 hewan-hewan laut yang unik dan beragam yang mungkin beberapa diantaranya akan terlihat sangat aneh bagi kita.

1. Ctenophora

5 Hewan Laut yang Unik dan Menyeramkan

Ctenophora atau Ubur-Ubur Sisir merupakan filum hewan tak bertulang belakang yang hidup di perairan laut di seluruh dunia. Hewan ini sangat unik karena mereka memiliki 'sisir' di tubuh mereka. Sisir ini merupakan kumpulan silia yang mereka gunakan untuk berenang.

Dan uniknya lagi, mereka ini adalah hewan terbesar yang berenang menggunakan silia. Ketika berenang, hewan ini juga bisa mengeluarkan cahaya pelangi akibat dari gerakan silia yang digunakan oleh ubur-ubur sisir untuk bergerak melalui air, keren ya?

2. Belut Pita

5 Hewan Laut yang Unik dan Menyeramkan

Salah satu hewan laut yang memiliki keindahan yang bisa memanjakan mata adalah belut pita. Ketika meliak-liuk di dalam air, belut pita akan menciptakan gerakan yang sangat indah seperti pita.

Belut ini merupakan jenis belut moray, hal unik yang ada pada belut ini adalah mereka semua berawal dari jantan dan akan berubah menjadi betina saat mereka dewasa, unik bukan?

3. Laba-Laba Laut

5 Hewan Laut yang Unik dan Menyeramkan

Apakah kamu adalah orang yang takut dengan laba-laba? mungkin kamu berpikir kalau di laut itu akan bebas dari laba-laba. Namun ternyata anggapan itu salah. Karena, di laut juga ada laba-laba laut. Jadi tidak cuma anjing, singa, dan kuda juga loh yang ada di laut.

Sama seperti laba-laba di darat, mereka juga memiliki kaki-kaki yang panjang. Namun, meskipun memiliki beberapa kesamaan, mereka ternyata tidak terkait satu sama lain.

4. Hiu Goblin

5 Hewan Laut yang Unik dan Menyeramkan

Hiu Goblin merupakan salah satu jenis hiu yang memiliki penampilan paling menyeramkan diantara jenis hiu yang lainnya. Ia hidup di laut dalam dengan kedalaman sekitar 1.200 m.

Tubuh hiu ini bisa mencapai panjang hingga 3,8 m, mereka memakan ikan-ikan kecil yang ada di laut dalam. Dengan rahang yang dapay diproyeksikan ke depan, hiu ini bisa melahap mangsa yang ada di depannya dengan cepat.

5. Cacing Bobbit

Dan inilah salah satu monster laut yang menyeramkan. Cacing Bobbit, merupakan salah satu hewan laut yang hidup di laut dalam. Panjangnya bisa dua kali lebih panjang dari manusia.

Ketika mencari mangsa, mereka hanya menunggu di dasar laut dan bersembunyi di balik pasir sambil menunggu mangsa lewat di atasnya. Ketika seekor ikan lewat di atasnya, dengan cepat cacing bobbit akan menangkap ikan tersebut dan menyeretnya ke bawah pasir. Dan beginilah cara mereka saat memangsa ikan-ikan di dasar laut.



Bagaimana menurut kamu? bukankah laut itu sangat unik dan menarik untuk dibahas?

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...