May 6, 2018

4 Tips Untuk Mencegah dan Mengatasi Radang Tenggorokan

Rasa sakit ketika mengalami radang tenggorokan memang tidak mengenakkan. Kita akan merasa sakit ketika menelan dan yang pasti tenggorokan kita akan terasa sakit.

Radang tenggorokan biasanya diawali dengan gejala-gejala seperti: sakit kepala, pembesaran kelenjar pada leher, nyeri otot, batuk, hidung beringus, iritasi, dan gatal di tenggorokan.

Sakit tenggorokan ini umumnya terjadi karena ada infeksi dari bakteri di saluran pernapasan atas, tapi ada beberapa hal juga yang menyebabkan radang tenggorokan ini terjadi seperti kebiasaan buruk yang sering dilakukan yang menyebabkan radang.

Untuk itu, berikut ini adalah tips jitu untuk mencegah dan mengatasi radang tenggorokan. Berikut ini adalah 4 tips mengatasi radang tenggorokan.

1. Hindari Merokok


Ketika gejala-gejala diatas sudah muncul, ada baiknya kamu untuk segera menghentikan kebiasaan buruk kamu, yaitu merokok. Kalau kamu masih terus-terusan melakukan kebiasaan buruk tersebut, maka siap-siap radang kamu akan semakin parah.

Perlu diketahui juga, merokok juga tidak ada baiknya untuk kesehatan. Untuk kamu yang tidak merokok, hindari atau jauhi orang-orang yang sedang merokok disekitarmu. Jika lingkungan disekitarmu banyak asap, lebih baik hindari atau gunakan masker agar asap tersebut tidak menambah parah sakit tenggorokanmu.

2. Makan Permen Pereda Sakit Tenggorokan


Saat ini sudah banyak jenis-jenis permen yang memiliki efek untuk mengurangi rasa sakit tenggorokan. Dengan rasa mint yang segar di tenggorokan, kamu bisa membeli dan memakan permen itu saat kamu sedang mengalami gejala-gejala radang.

Permen tersebut bisa dibeli di minimarket atau di warung-warung disekitar rumah kamu.

3. Hindari Minuman dan Makanan yang Panas


Minuman dan makanan panas bisa menambah parah radang tenggorokanmu, untuk itu, sebaiknya kamu lebih baik menghindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang panas.

Minuman dan makanan yang panas juga bisa membuat tenggorokan kamu makin iritasi. Jadi, tahan dulu deh kalau kamu sudah ingin memakan makanan dan minuman yang panas-panas, lebih baik yang hangat-hangat saja.

4. Minum Cukup Air


Saat kamu terkena radang tenggorokan, biasanya kamu akan malas untuk minum. Karena tenggorokan kamu sakit dan sulit untuk menelan. Tapi, kamu juga harus tetap membutuhkan air yang cukup.

Jadi, tetap jaga cairan dalam tubuh kamu dengan cara meminum air yang cukup.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...