May 27, 2018

4 Kalimat Mulia yang Paling Dicintai Oleh Allah

Salah satu anugerah yang diberikan Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada kita adalah dengan diberikannya mulut. Mulut, selain sebagai jalan masuknya makanan, juga berfungsi untuk saling berkomunikasi satu sama lain.

Sudah sepatutnya bagi kita yang diberikan mulut oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk menggunakan mulut ini dengan baik, yaitu dengan cara menggunakannya untuk memakan dan mengatakan hal-hal yang baik, sebab itu merupakan salah satu bentuk syukur kita kepada Allah.

Namun, pada kenyataannya banyak orang yang justru menggunakan mulut untuk hal-hal yang tidak baik, seperti memakan makanan yang haram, mengatakan perkataan yang kotor, menggunjing, bahkan menggunakan mulut untuk berbohong.

Padahal, di akhirat kelak mulut kita akan bersaksi atas apa yang telah kita kerjakan di dunia. Oleh karena itu, sebaiknya gunakanlah mulut yang Allah berikan ini untuk hal-hal yang baik, agar kita dicintai oleh Allah.

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa ada kalimat-kalimat baik yang mudah untuk kita ucapkan, tetapi hal itu bisa membuat kita menjadi lebih dicintai oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala, kalimat-kalimat apa sajakah itu?

Dari Samuroh bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda, "Ada empat ucapan yang paling disukai oleh Allah: (1) Subhanallah, (2) Alhamdulillah, (3) Laa ilaaha illallah, dan (4) Allahu Akbar. Tidak berdosa bagimu dengan mana saja kamu memulai" [HR. Muslim no. 2137].

Ternyata keempat kalimat mulia tersebut adalah bacaan tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir. Empat kalimat tersebut yakni Subhanallah, Alhamdulillah, Laa Ilaaha Illallah, dan Allahu Akbar.

1. Kalimat Tasbih: Subhanallah


Kalimat pertama yang dicintai oleh Allah adalah bacaan tasbih, yaitu Subhanallah (Maha Suci Allah). Mengucapkan Subhanallah bisa membuat kita dicintai oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala, kalimat ini adalah kalimat yang mensucikan Allah Subhanahu wa Ta'ala dari segala hal-hal yang tidak layak bagi-Nya, sebab Allah adalah Al Quddus.

2. Kalimat Tahmid: Alhamdulillah


Kalimat kedua yang bisa membuat manusia dicintai oleh Allah adalah kalimat tahmid, yaitu Alhamdulillah (Segala Puji Bagi Allah). Kalimat ini biasanya diucapkan saat seseorang mendapatkan kemudahan atau rezeki sebagai wujud syukur kepada Allah.

Yang dimaksud bacaan tahmid (alhamdulillah = Segala Puji Bagi Allah) adalah menetapkan kesempurnaan pada Allah dalam nama, sifat dan perbuatan-Nya yang mulia.

3. Kalimat Tahlil: Laa Ilaaha Illallah


Kalimat ketiga yang bisa membuat seseorang dicintai oleh Allah adalah kalimat tahlil, yaitu Laa Ilaaha Illallah (Tiada Tuhan selain Allah). Allah adalah satu-satunya Tuhan yang berhak untuk disembah.

Dialah pencipta dan penguasa alam semesta ini, Dia yang mengatur jalannya kehidupan di alam semesta ini, Dia yang memberikan rizki kepada seluruh makhluk, dan Dialah Yang Maha Kekal.

Dengan mengucapkan kalimat tahlil laa ilaaha illallah, artinya kita berbuat ikhlas dan mentauhidkan Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang berhak untuk disembah dan dimintai pertolongan serta berlepas diri dari kesyirikan.

4. Kalimat Takbir: Allahu Akbar


Kalimat keempat yang bisa membuat kita dicintai oleh Allah adalah kalimat takbir, yaitu Allahu Akbar (Allah Maha Besar). Dengan mengucapkan kalimat ini, kita meyakini bahwa Allah adalah Dzat Yang Maha Besar, dan tidak ada yang melebihi kebesaran-Nya.

Kalimat ini sering kita ucapkan ketika takbiratul ihram saat shalat.

Kalimat-kalimat diatas tentu sering kita ucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengucapkan kalimat-kalimat mulia tersebut, semoga kita menjadi lebih dicintai oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Loading...

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...