May 25, 2018

3 Waktu yang Mustajab Untuk Berdoa di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh dengan berkah, di bulan ini Allah Subhanahu wa Ta'ala melipatgandakan pahala setiap ibadah dan perbuatan baik yang dilakukan di bulan yang suci ini.

Selain banyak berkah dan pahala, di bulan Ramadan ini juga merupakan salah satu bulan spesial. Dimana ada beberapa waktu yang menjadi waktu mustajab untuk berdoa.

Untuk itu, jika kamu berdoa di waktu-waktu ini ketika bulan Ramadan, Insya Allah doa kamu akan dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

3 Waktu Doa yang Mustajab di Bulan Ramadhan


1. Sepertiga malam terakhir

Waktu yang tepat pertama untuk berdoa adalah pada sepertiga malam terkahir. Karena pada waktu ini, Allah akan turun ke langit dunia untuk mengijabah doa-doa hamba-Nya. Sehingga waktu ini dipercaya sebagai waktu yang penuh berkah dan siapapun yang memohon ampunan pasti akan diampuni oleh Allah.

Bukan hanya di bulan suci Ramadan saja, tetapi di hari-hari atau bulan-bulan biasa, waktu ini juga menjadi salah satu waktu berdoa yang mustajab.

Rasulullah SAW bersabda,

"Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: 'Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni" [HR. Bukhari no.1145, Muslim no. 758]

Waktu sepertiga malam ini biasanya digunakan oleh orang-orang untuk melakukan shalat malam atau shalat Tahajud, karena dipercaya bahwa apa yang diinginkan akan dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

2. Sepanjang Puasa

Menahan lapar dan haus serta hawa nafsu adalah salah satu bentuk taat kepada Allah dalam melaksanakan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya. Ketika sedang berpuasa, doa-doa yang kita panjatkan akan diijabah oleh Allah.

Rasulullah bersabda,

"Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: (pertama) orang yang berpuasa sampai ia berbuka" [HR. Ahmad]

3. Ketika Berbuka

Salah satu waktu doa yang mustajab adalah ketika berbuka, untuk itu perbanyaklah berdoa ketika berbuka puasa.

"Sesungguhnya doa orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak." [HR. Ibnu Majah]

Itulah 3 waktu yang mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan. Jangan sia-siakan waktu tersebut untuk berdoa di bulan suci Ramadan ya. Semoga bermanfaat.

Loading...

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...