April 20, 2018

Khasiat dan Manfaat Kesehatan Telur Puyuh

Selama ini orang-orang lebih minat untuk mengkonsumsi telur ayam daripada telur puyuh, selain karena mudah cara mengolahnya, telur ayam juga lebih mudah untuk ditemukan dan dibeli dengan harga yang terjangkau.

Tetapi meski selama ini telur ayam lebih populer daripada telur puyuh, tetapi ternyata kandungan gizi yang terdapat pada telur puyuh itu lebih besar dibandingkan yang terdapat dalam telur ayam.

Bahkan tercatat bahwa orang-orang China kuno sudah sejak ribuan tahun yang lalu menggunakan telur puyuh sebagai bahan dasar pengobatan tradisional untuk menangani berbagai macam keluhan penyakit seperti rhinitis, asma, demam, batuk spasmodik bersama dengan kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.

Saat ini telur puyuh juga dipercaya memiliki khasiat kesehatan sekaligus memiliki kandungan gizi yang lebih daripada yang terdapat dalam telur ayam. Dan berikut ini adalah ulasan tentang khasiat sekaligus manfaat yang terdapat dalam telur puyuh.

Kandungan dalam Telur Puyuh


Kandungan dalam Telur Puyuh

Di dalam telur puyuh terdapat kandungan yang kaya akan nutrisi dan vitamin, beberapa di antaranya adalah kandungan kolin dan vitamin A. Seperti yang kita tahu, kolin sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti untuk menjaga kesehatan otak, fungsi hati, serta fungsi jantung agar tetap sehat. Selain itu, kolin juga penting untuk ibu hamil karena bisa menjaga kehamilan agar tetap sehat.

Sementara itu vitamin A sudah terkenal manfaatnya untuk kesehatan mata, tidak hanya itu, vitamin A berguna juga untuk memperkuat sistem imun di dalam tubuh, menjaga kesehatan kulit, anti-oksidan alami, serta memiliki manfaat untuk mencegah kanker.

Selain kolin dan vitamin A, telur puyuh juga kaya akan kandungan zat besi dan selenium yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain kandungan-kandungan tersebut, telur puyuh masih memiliki banyak kandungan nutrisi yang tak kalah pentingnya untuk tubuh.

Telur Puyuh vs Telur Ayam


Telur Puyuh vs Telur Ayam

Meski memiliki ukuran yang lebih kecil dari telur ayam, tetapi telur puyuh memiliki kandungan gizi empat kali lebih besar daripada yang terdapat pada telur ayam.

Hal ini dikarenakan telur puyuh memiliki kandungan berbagai macam vitamin dan mineral yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam. Selain itu, kandungan protein yang terdapat dalam telur puyuh adalah sebesar 13 persen, lebih tinggi 2 persen jika dibandingkan yang terdapat pada telur ayam yang hanya memiliki kandungan protein sebesar 11 persen saja.

Sementara itu, untuk kandungan vitaminnya, telur puyuh memiliki kandungan vitamin B1 sebesar 140 persen, sedangkan telur ayam hanya sebesar 50 persen saja. Tidak hanya itu saja, telur puyuh juga memiliki kandungan zat besi dan kalium sebanyak lima kali lipat lebih besar daripada telur ayam.

Itulah alasannya mengapa meskipun kecil, telur puyuh tak boleh diremehkan kandungan gizinya.

Manfaat Kesehatan Telur Puyuh


Manfaat Kesehatan Telur Puyuh

Mampu Mencegah Kanker

Tak banyak yang tahu bahwa ternyata di dalam kandungan telur puyuh itu memiliki kandungan yang bisa mencegah timbulnya sel kanker dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi telur puyuh, secara tidak langsung kita bisa mencegah timbulnya penyakit berbahaya tersebut sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Membantu Meningkatkan Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu organ terpenting dan vital yang ada di dalam tubuh. Dengan mata yang sehat, kita bisa menikmati segala bentuk keindahan yang ada di dunia ini.

Telur puyuh juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata tersebut. Sebab, selain mengandung vitamin A, telur puyuh juga mengandung zat Zeaksantin dan Lutein, yang merupakan senyawa alami yang dapat meningkatkan cahaya biru 20 sampai 90 persen. Selain itu juga memberi pigmen warna kuning pada mata yakni dengan cara meningkatkan kandungan Zaeksantin dan Lutein yang dibutuhkan oleh retina. Dengan begitu kondisi mata bisa tetap terjaga dengan baik dan sehat.

Berbagai Manfaat Kesehatan Lainnya

Jika kamu memiliki penyakit maag, telur puyuh bisa menjadi salah satu pilihan untuk menangani gangguan pencernaan tersebut. Sebab telur puyuh juga sangat efektif untuk menangani gangguan pencernaan, yang salah satunya adalah maag.

Tak hanya itu, telur puyuh juga memiliki khasiat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, meningkatkan daya ingat dan juga meningkatkan aktivitas otak serta menstabilkan sistem saraf.

Telur puyuh diketahui membantu penderita anemia dengan meningkatkan hemoglobin dalam tubuh sekaligus membuang racun dan logam berat. Bangsa Cina menggunakan telur puyuh untuk membantu mengobati TBC, asma, dan bahkan diabetes.

Telur puyuh juga mampu mencegah dan menghilangkan batu ginjal, batu hati, atau batu kandung empedu. Sementara itu, bagi pria telur puyuh bisa berkhasiat untuk reproduksi.

Sementara untuk wanita, khasiat kecantikan yang dimiliki telur puyuh bisa membantu untuk menjaga kulit dan rambut agar tetap sehat dan lembut.

Cara Mengkonsumsi Telur Puyuh


Cara Mengkonsumsi Telur Puyuh

Sebenarnya telur puyuh bisa dikonsumsi secara mentah, asalkan kamu mencucinya sampai bersih dengan air mendidih sebelum dikonsumsi. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir tentang bakteri salmonela yang mungkin terkandung dalam telur puyuh, karena burung puyuh tahan terhadap infeksi dan memiliki kandungan lisozim yang mampu membunuh bakteri berbahaya.

Untuk tetap meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan metabolisme, kamu bisa mengkonsumsi 3-5 butir telur puyuh setiap pagi agar mendapatkan manfaatnya. Mengkonsumsinya dalam kondisi mentah memiliki khasiat yang lebih jika dibandingkan dengan mengkonsumsinya dalam kondisi sudah diolah atau dimasak.

Namun, jika kamu tidak bisa mengkonsumsinya secara langsung, kamu bisa memasak atau mengolah telur puyuh sesuai dengan keinginan. Sebab tentunya sangat banyak sekali jenis olahan dengan bahan dasar telur puyuh yang bisa dibuat dengan mudah.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...