fbpx

Kesalahan Menata Kamar Tidur yang Bisa Bikin Kamu Susah Tidur


0
2 shares

Kamar adalah tempat favorit dan menjadi tujuan utama untuk merebahkan badan dan beristirahat setelah melakukan aktivitas harian yang melelahkan. Namun banyak orang yang merasa badannya masih lelah dan lesu meskipun baru bangun tidur.

Ada banyak sebab yang bisa membuat tubuh masih terasa lelah meskipun baru bangun tidur, salah satunya adalah karena adanya gangguan tidur yang bisa mengganggu kualitas tidur kamu.

Sebab, jika kualitas tidur tersebut sehat maka hal yang dirasakan setelah bangun tidur adalah badan akan terasa segar dan bersemangat untuk memulai aktivitas di pagi hari.

Salah satu gangguan tidur yang sering dialami oleh banyak orang adalah karena susah tidur. Meski sudah mencoba untuk memejamkan mata dan mencoba untuk tidur, tapi tetap saja gangguan sulit tidur masih ada.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan gangguan tidur tersebut terjadi, salah satunya adalah karena penataan ruangan kamar yang salah sehingga bisa menyebabkan gangguan tidur tersebut.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam menata kamar yang menyebabkan gangguan tidur.

Kamar Berantakan

Messy Bedroom

Kondisi kamar yang berantakan dan tidak rapi bisa menyebabkan gangguan tidur yang berakibat kamu akan sulit untuk tidur. Kamar yang tidak rapi juga bisa mempengaruhi mood seseorang serta berdampak negatif pada kerja otak.

Untuk itu, mulai dari sekarang mulailah meletakkan barang-barang di kamar kamu di tempat yang tertata rapi agar suasana kamar kamu menjadi lebih nyaman untuk ditempati.

Dengan kamar yang rapi, maka kualitas tidur juga akan lebih baik.

Warna Cat Kamar yang Mencolok

Colorful Bedroom

Hindari pemilihan warna cat kamar yang mencolok dan terang, sebab hal itu bisa mengganggu tidur. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, buatlah kamar dengan suasana yang tenang dan nyaman.

Pilihlah warna cat kamar yang memberikan suasana tenang dan nyaman, beberapa warna yang bisa menjadi pilihan antara lain biru, biru muda, atau hijau.

Selain itu, hindari juga memasang aksesoris kamar yang mencolok dan terang seperti lampu yang berlebihan, atau wallpaper kamar yang memiliki warna terang.

Suhu Kamar Tidak Ideal

Air Conditioner

Suhu kamar yang tidak ideal tentu akan sangat mengganggu tidur kamu, sebab hal itu akan membuat kamu tidak nyaman saat berada di dalam kamar.

Bukannya beristirahat, kamu justru sibuk bangun berkali-kali di tengah malam karena kepanasan atau kedinginan akibat suhu kamar yang tidak ideal.

Penelitian mengungkapkan bahwa suhu kamar terbaik untuk tidur adalah 18-22 derajat Celcius. Namun, dr. Aparajitha Verma, seorang spesialis saraf di Houston Methodist Hospital di Texas mengatakan bahwa suhu tidur setiap orang beda-beda. Intinya, jangan sampai kamu kedinginan atau kepanasan.

Kasur Tidak Nyaman

Best Quality Bed

Sadar atau tidak, kualitas kasur yang kurang baik akan membuat kamu susah tidur. Sarah Abate Rezvanifar, seorang desainer dari Kanada merekomendasikan untuk mengganti kasur lama yang sudah tidak nyaman dipakai dengan kasur baru yang memiliki kontur lembut sehingga lebih nyaman.

Tak hanya itu, penggunaan kasur yang kurang baik akan membuat posisi tidur menjadi tidak nyaman. Hal ini diperkuat dengan pernyataan dari Robert Rosenberg, DO seorang direktur medis Sleep Disorders Center di Prescott Valley yang menyatakan bahwa posisi tidur yang kurang nyaman dapat membuat kamu tidak mendapatkan manfaat tidur optimal.

Sprei Kotor dan Tidak Nyaman

Best Quality Bed Covers

Sama seperti kasur, sprei juga bisa mempengaruhi kualitas tidur kamu. Menggunakan sprei yang kotor tentu akan membuat tidur kamu tidak nyaman dan berakibat susah tidur.

Bahkan Liz Toombs, seorang desainer interior Pola Dots and Rosebuds Interiors mengatakan bahwa kamu perlu mempertimbangkan kain seperti apa yang cocok sebagai seprai tidur kamu. Misalnya kain dengan bahan katun yang lembut dan menyerap keringat, satin, atau yang lainnya.

Selain itu, mengganti dan mencuci sprei juga sebaiknya sering dilakukan, minimal sebulan sekali agar tidur kamu tetap nyaman.


Like it? Share with your friends!

0
2 shares

What's Your Reaction?

senang senang
0
senang
terhibur terhibur
0
terhibur
terinspirasi terinspirasi
0
terinspirasi
bangga bangga
0
bangga
takut takut
0
takut
terkejut terkejut
0
terkejut
sedih sedih
0
sedih
ngakak ngakak
0
ngakak
marah marah
0
marah

King

Pecinta tempe penyet dan klepon. :)

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format