April 17, 2018

Kapan Awal Puasa Ramadhan 2018?

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Puasa Ramadhan adalah salah satu momen yang paling dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Di bulan yang suci tersebut, seluruh umat Islam dari berbagai penjuru dunia akan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan lamanya untuk melawan hawa dan nafsunya.

Seperti biasa, awal puasa di Indonesia sering menjadi pertanyaan masyarakat di tanah air karena sering adanya perbedaan penetapan awal Ramadhan antara pemerintah dan beberapa ormas Islam yang ada di Indonesia.

Kapan Awal Puasa Ramadhan 2018?


Untuk tahun 2018 ini, salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia yakni Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadhan 1439 H atau 2018 jatuh pada 17 Mei 2018.

Sedangkan untuk Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada tanggal 15 Juni 2018. Namun, awal Ramadhan dan Idul Fitri pada tahun ini diprediksi akan berlangsung bersamaan.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, bahkan hingga tahun 2021 awal Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha diprediksi akan berlangsung secara bersamaan dan tak ada perbedaan.

Sementara itu, seperti biasa untuk menetapkan awal Ramadhan, pemerintah akan menunggu hasil keputusan yang didapatkan melalui Sidang Isbat. Jadi untuk saat ini, kapan hari awal puasa dari pemerintah untuk saat ini masih harus menunggu hasil tersebut.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...