Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memelihara Kucing

Kucing adalah salah satu hewan yang sering dijadikan peliharaan oleh kebanyakan orang.


0
1 share

Kucing adalah salah satu hewan yang sering dijadikan peliharaan oleh kebanyakan orang. Selain karena memiliki bentuk dan tingkah yang lucu, perawatan yang dibutuhkan untuk memelihara kucing juga terbilang cukup mudah.

Bahkan untuk orang yang baru pertama kali memelihara kucing pun bisa melakukannya dengan mudah. Karena pada dasarnya kucing adalah hewan yang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.

Meskipun tergolong mudah, dalam prakteknya ada juga orang-orang yang sering kali mengabaikan hal-hal yang sebenarnya penting dalam merawat kucing peliharaannya. Sebab, setiap hewan peliharaan pasti memiliki penanganan dan cara perawatan yang berbeda-beda tentunya.

Dan berikut ini adalah beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum kamu benar-benar memutuskan untuk memelihara kucing. Jangan sampai kucing kesayangan kamu ini harus menderita karena tidak dirawat dengan baik dan benar.

Makanan dan Minuman

 

Makanan dan Minuman

Tentu saja, memberikan makan dan minum adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh pemilik kucing. Bukan hanya kucing, saat kita memutuskan memelihara hewan peliharaan, tentu kita wajib memberikan hewan tersebut makanan dan minuman untuknya.

Pilihlah makanan yang pas dan cocok untuk kucing kamu, jangan memberikan sembarang makanan yang bisa membuat kucing kamu sakit. Untuk minuman, cukup pastikan saja air dan tempat minum kucing kamu bersih dan selalu terisi penuh.

Kotak Pasir

 

Kotak Pasir

Sebagai pemilik kucing, kita tentu tidak ingin kucing peliharaan kita buang kotoran sembarangan di dalam rumah. Nah, kotak pasir di sini adalah sebagai tempat untuk kucing ketika ingin membuang kotorannya.

Seperti yang kita tahu, saat akan membuang kotoran, kucing selalu mencari gundukan tanah atau pasir lalu menggalinya. Nah dengan adanya kotak pasir tersebut, kucing peliharaan jadi tidak akan membuang kotoran sembarangan di area sekitar rumah.

Pastikan juga kotak pasir itu muat untuk kucing, untuk pasirnya, bisa menggunakan pasir yang bersih seperti pasir yang ada di pantai. Namun kamu juga bisa mendapatkannya dengan mudah di pet shop terdekat jika kesulitan untuk mencarinya.

Ajak Bermain

 

Ajak Bermain

Kucing adalah hewan yang sangat suka sekali bermain, entah kucing tersebut masih anak-anak ataupun sudah dewasa, kucing akan tetap suka bermain. Agar kucing tersebut selalu bahagia di rumah, sesekali ajaklah kucing kamu bermain-main dengan mu.

Biasanya kucing suka dengan mainan seperti tikus-tikusan, tali kain, bola, dan lainnya. Mengajak kucing bermain juga bisa membuat kucing peliharaanmu tetap sehat dan bahagia.

Berikan Vaksin

 

Cat Vaccines

Agar kucing tetap sehat dan tidak sakit-sakitan, tak cukup hanya dengan memberikannya makanan dan minuman yang sehat saja. Terkadang pemilik juga harus memberikan vaksin agar kucing bisa tetap sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit dan parasit yang berbahaya.

Selain itu, menjaga kebersihan pada kucing juga harus dilakukan secara rutin. Hal ini agar kucing tetap nyaman dan terhindar dari parasit yang mungkin bisa mengganggu kucing kamu.

Berikan Kandang

 

Cat House

Memberikan kandang untuk kucing juga menjadi salah satu hal wajib untuk para pemilik kucing. Sama seperti halnya makanan, kucing juga membutuhkan kandang.

Selain itu, dengan adanya kandang untuk kucing, kamu jadi tidak perlu khawatir jika kucing kamu pergi ke luar rumah.

Kasih Sayang

 

Kasih Sayang

Hal yang paling penting ketika memelihara kucing adalah kasih sayang. Kita memang harus memberikan kasih sayang kepada hewan peliharaan yang kita miliki, tidak hanya kucing.

Selain itu, kucing juga merupakan hewan yang sangat sensitif terhadap emosi pemiliknya. Kucing juga sangat suka disayang-sayang seperti dielus, bermain bersama, bahkan ada juga kucing yang sangat suka bermanja-manja dengan pemiliknya.

Jadi, itulah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memelihara kucing. Jangan sampai kamu menelantarkan kucing yang kamu pelihara, apalagi menyakitinya. Karena sesama makhluk hidup sudah sepatutnya kita tidak boleh saling menyakiti satu sama lain.


Like it? Share with your friends!

0
1 share

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format