April 27, 2018

Google Rombak Tampilan Gmail, Begini Cara Mendapatkan Tampilan Baru Gmail

Layanan email gratis dari Google, Gmail, adalah salah satu layanan email gratis paling populer dan paling banyak digunakan saat ini.

Setelah sekian lama pengguna cukup familiar dengan tampilan Gmail yang terkenal klasik dan simple dengan banyak fitur itu, baru-baru ini Google dikabarkan telah merombak total tampilan layanan email gratis mereka itu dengan desain yang lebih modern, rapi, dan bersih dengan balutan material desain yang kekinian.

Tidak hanya menghadirkan tampilan yang baru saja, Google juga menambahkan beberapa fitur baru yang pastinya akan lebih mempermudah pengguna dalam menggunakan Gmail.

Beberapa fitur baru yang tersedia di Gmail dengan tampilan baru ini antara lain notifikasi prioritas, mode rahasia, dan dukungan untuk mode offline yang lebih baik.

Selain itu, fitur baru Gmail ini juga memungkinkan pengguna untuk membaca email tanpa harus membuka pesan satu-persatu. Google juga menghadirkan AI (Artificial Intelegence) yang mampu memindai email pengguna, sehingga notifikasi dari email yang dijadikan prioritas akan muncul lebih dulu. AI juga akan membantu membatasi pop-up pesan masuk yang muncul sebagai bagian dari fitur "smart reply".

Untuk saat ini, pengguna belum bisa menikmati pembaruan tampilan dan fitur terbaru dari Gmail ini secara otomatis. Namun, pengguna masih tetap bisa merubah tampilannya secara manual dengan cara sebagai berikut:

  1. Masuk ke akun Gmail
  2. Klik tombol pengaturan di bagian kanan atas
  3. Klik "Coba Gmail Baru/Try the new Gmail"
  4. Selesai

Untuk lebih lengkapnya, silakan lihat gambar di bawah ini:

Google Rombak Tampilan Gmail, Begini Cara Mendapatkan Tampilan Baru Gmail

Setelah melakukan semua langkah di atas, maka tampilan Gmail kamu akan berubah. Fitur Gmail yang baru ini juga memungkinkan pengguna untuk bisa melihat lampiran pada email tanpa harus membuka pesan, jadi lebih mudah bukan?

Berikut ini adalah daftar lengkap fitur baru Gmail yang harus kamu tahu:

  • Confidential mode yang mencegah pengguna menyalin, mendownload, atau mencetak email. Fitur yang bagus terutama untuk yang sering mengirim email penting. Pada confidential mode kamu juga bisa mengatur waktu emailmu terhapus secara otomatis
  • Integrasi dengan kalender, Google Keep, dan Google Task
  • Menampilkan menu arsip, flag, hapus dengan cukup mengarahkan kursor ke email
  • Offline mode yang membuatmu bisa menulis email dan dikirim nanti kalau sudah ada koneksi internet.
  • Fitur untuk menampilkan notifikasi hanya untuk email penting

Secara keseluruhan, perubahan atau update yang dilakukan Google pada Gmail ini adalah update terbesar sejak 2011 silam. Dengan tampilan yang baru dan lebih segar serta penambahan fitur-fitur baru yang lebih memudahkan pengguna, Gmail saat ini bisa dikatakan sebagai penyedia layanan email gratis terbaik yang wajib kamu gunakan.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...