April 16, 2018

Dampak Buruk Akibat Susah Tidur Malam

Ada banyak jenis gangguan tidur yang dialami oleh banyak orang, umumnya gangguan tidur tersebut adalah sulit tidur atau insomnia. Gangguan tidur ini menyebabkan seseorang akan sulit untuk tidur di malam hari atau sulit untuk mempertahankan kondisi tidur.

Normalnya, waktu tidur orang dewasa berlangsung selama 7-8 jam setiap malam. Ukuran normal tersebut akan membuat tubuh tetap fit dan segar ketika bangun di pagi hari.

Tetapi ada beberapa faktor seperti stress, depresi atau bisa juga karena kondisi kamar yang tidak nyaman yang menyebabkan tidur menjadi sulit untuk dilakukan. Akibatnya, di pagi hari badan akan terasa lelah dan lesu yang akan berdampak pada aktivitas harian.

Gangguan tidur yang terus berkelanjutan tidak boleh disepelekan, sebab ada dampak buruk bagi tubuh jika terus-terusan mengalami gangguan tidur. Berikut ini adalah beberapa dampak buruk yang diakibatkan karena susah tidur di malam hari atau karena insomnia.

Penuaan Akibat Susah Tidur


Saat insomnia menyerang, tubuh akan sulit untuk tidur. Hal ini menyebabkan tubuh akan melepas hormon stres bernama kortisol yang bisa memecah kolagen, protein yang menjaga kulit tetap elastis dan halus.

Akibatnya, hal ini bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit. Jika diperhatikan, orang yang mengalami gangguan atau sulit tidur memiliki kulit pucat, lingkaran hitam di bawah mata, garis-garis halus pada wajah, dan kulit tidak cerah.

Untuk itu agar kulit tetap sehat dan segar, lakukan beberapa tips agar bisa tidur nyenyak saat insomnia seperti minum air sebelum tidur, perbaiki waktu tidur, dan lakukan olahraga agar tubuh tetap sehat dan fit.

Obesitas Akibat Insomnia


Tak hanya membuat badan menjadi kurus, dalam beberapa kasus insomnia justru juga bisa membuat seseorang terkena obesitas. Menurut penelitian, orang yang memiliki gangguan tidur cenderung memiliki nafsu makan dan rasa lapar yang lebih tinggi.

Mereka juga cenderung mengonsumsi makanan dengan kadar lemak dan karbohidrat tinggi. Selain itu, kemungkinan tubuh juga jadi mudah merasa lelah sehingga malas olahraga.

Daya Ingat Menurun


Salah satu dampak buruk dari gangguan tidur adalah daya ingat yang menurun. Sebab, saat seseorang tidur maka otak akan memproses sekaligus menguatkan ingatan seseorang.

Sebaliknya, saat seseorang susah tidur, ingatan justru akan lebih sulit disimpan oleh otak. Selain daya ingat yang menurun, kurang tidur juga bisa membuat konsentrasi menurun. Akibatnya hal ini akan sangat mengganggu ketika bekerja atau melakukan aktivitas sehari-hari, dan bisa juga akan merugikan diri sendiri.

Depresi


Hubungan antara depresi dan gangguan tidur sangat erat. Kurang tidur bisa memicu depresi, sementara depresi juga bisa membuat kamu untuk sulit tidur. Gangguan tidur paling umum yang dapat memicu depresi adalah insomnia.

Selain itu, jika kamu tidak mendapatkan waktu dan kualitas tidur yang cukup, maka fungsi kognitif serta kemampuan dalam pengambilan keputusan kamu akan menurun. Di samping itu, kurang tidur sepertinya juga membuat mu teledor, seperti lupa membawa dompet atau ponsel.

Itulah beberapa dampak buruk akibat susah tidur di malam hari. Jika kamu mengalami gangguan tidur seperti insomnia, narkolepsi, atau sleep apnea, maka segeralah melakukan konsultasi ke dokter agar gangguan tersebut bisa segera teratasi.

Loading...

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...