Cara Singkat Membuat Tulisan Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ﷺ di Microsoft Word

1 min


15 Komentar, 13 shares

Kita diperintahkan untuk selalu bershalawat kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, karena itulah yang Allah Subhanahu wa Ta’ala perintahkan kepada setiap Muslim di dalam Alquran. Di tutorial kali ini akan membahas cara membuat tulisan arab muhammad saw

Dalam firman-Nya, Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kita untuk selalu bershalawat kepada Rasulullah. Perintah ini terdapat dalam Alquran yang artinya:

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” [QS. Al-Ahzab ayat 56]

Nah, dalam penulisannya dalam bahasa Indonesia kita sering melihat ada orang yang menyingkat ucapan shalawat tersebut dengan singkatan SAW. Mungkin penulisan ucapan shalawat kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang disingkat itu karena adanya khilaf atau karena ketidaktahuan tentang pentingnya menulis kalimat shalawat tersebut secara lengkap.

Atau mungkin juga karena kebiasaan orang Indonesia yang memiliki kebiasaan untuk menyingkat kata yang dianggap terlalu panjang untuk dituliskan dalam bahasa Indonesia.

Dalam tulisan Arab, kalimat “Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam” ditulis sebagai berikut,

صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Dalam ucapan tersebut terkandung ibadah dan pahala yang sangat besar, karena Allah sendiri yang memerintahkannya kepada kita. Oleh sebab itu, mulai sekarang hendaklah kita menulis ucapan shalawat kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam secara lengkap tanpa disingkat menjadi SAW.

Kali ini kami akan memberikan sedikit tutorial tentang cara membuat karakter shalawat kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam (ﷺ) dengan mudah di Microsoft Word.

Selain untuk membuat karakter shalawat tersebut, kita juga bisa membuat lafadz Allah (ﷲ), Muhammad (ﷴ), Basmalah (﷽), Jalla Jalaluhu (ﷻ) dan lain-lain.

Berikut ini adalah kode shortcut atau jalan pintas untuk menuliskan lafadz-lafadz tersebut di Microsoft Word dengan mudah, cepat dan singkat.

Allah ﷲ: Tulis FDF2 kemudian tekan tombol ALT + X.

Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ﷺ: Tulis FDFA kemudian tekan tombol ALT + X.

Muhammad ﷴ: Tulis FDF4 kemudian tekan tombol ALT + X.

Basmalah ﷽: Tulis FDFD kemudian tekan tombol ALT + X.

Jalla Jalaluhu ﷻ: Tulis FDFB kemudian tekan tombol ALT + X.

Wasalam ﷸ: Tulis FDF8 kemudian tekan tombol ALT + X.

Qala ﷱ: Tulis FDF1 kemudian tekan tombol ALT + X.

Itulah shortcut untuk membuat kalimat Arab seperti lafadz Allah (ﷲ), Muhammad (ﷴ), Basmalah (﷽), Jalla Jalaluhu (ﷻ) dan lain-lain di MS Word dengan mudah. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca makintau.com, untuk cara menulis huruf Arab di blog, kami sudah menyiapkan artikelnya.


Like it? Share with your friends!

15 Komentar, 13 shares

15 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. untuk (azza wa jalla , subhânahuwata’âla dsb), shalawat kepada Nabi, dan do’a untuk para shahabat atau tabi’in tabi’uttabi’în dan para ulama (radhiallâhu’anhu, rahimahullâh)
    bisa langsung install saja, setelah download, buka kemudian install, kemudian buka ms word kemudian ganti font di KFGQPC
    kemudian tinggal pilih sembarang hurup nati akan muncul contoh hasilnya
    misalkan untuk (radhiallâhu’anhu) huruf H, dan azza wa jalla Huruf B
    jazaakallah khair wa barakallahu fiikum

    ini link download nya http://fonts.qurancomplex.gov.sa/download/Symbols1_Ver02.otf

Send this to a friend