April 28, 2018

Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi Menggunakan Bahan Alami

Merawat kesehatan gigi merupakan hal yang terpenting, yang harus dilakukan oleh setiap orang. Karena gigi memiliki peranan yang sangat penting, bukan hanya untuk mengunyah makanan saja, tetapi gigi juga sangat berperan dalam menunjang penampilan.

Dan jika kesehatan gigi kurang diperhatikan, maka akibatnya akan timbul berbagai macam masalah seperti, gigi kuning, hingga munculnya karang gigi. Adanya karang gigi biasanya akan membuat Anda menjadi minder dan takut untuk berbicara dengan orang lain, selain itu, karang gigi juga bisa memicu terjadinya gigi berlubang.

Karang gigi ini akan menjadi plak solid yang akan membuat gigi kuning dan menyebabkan bau mulut yang menyengat. Apabila dibiarkan tanpa adanya perawatan, karang gigi ini bahkan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit mulut, gigi dan gusi.

Jika sudah seperti itu, tentunya Anda harus datang ke dokter gigi bukan? Tapi, hingga sekarang masih banyak orang yang takut untuk ke dokter gigi dengan berbagai macam alasan. Padahal dokter gigi dapat dengan mudah memberikan perawatan untuk kesehatan mulut dan gigi Anda.

Nah, tapi untuk Anda yang takut datang ke dokter gigi, tidak perlu khawatir lagi. Karena disini kita akan memberikan cara muda untuk menghilangkan karang gigi menggunakan bahan yang alami tanpa perlu pergi ke dokter gigi, berikut ulasannya :

Mengonsumsi jambu biji


Apakah Anda penggemar jambu biji? Nah buah yang satu ini telah diteliti dapat membantu menghilangkan plak dan karang gigi. Dalam sebuah studi yang dilakukan di India dan dimuat dalam Journal of Applied Microbiology, dipaparkan bahwa jambu biji berpotensi dijadikan obat untuk penyakit periodental (penyakit yang berhubungan dengan gusi) serta ampuh membunuh bakteri Streptococcus mutans (yakni bakteri penyebab terbentuknya plak gigi), daun jambu biji juga berguna dalam mengatasi inflamasi dan rasa nyeri.

Untuk penggunaanya, Aamu bisa langsung mengunyah buah jambu biji yang telah dipotong-potong. Serta taburkan sedikit garam dan pastikan Anda mengunyahnya tepat dibagian gigi yang berkarang. Agar hasilnya cepat terlihat, lakukan hal ini 1-2 kali dalam sehari hingga karang mulai memudar.

Cengkeh


Cengkeh tidak hanya bermanfaat untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak, ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk membersihkan karang gigi dengan cepat dan aman. Hal ini karena di dalam cengkeh terdapat kandungan senyawa yang berfungsi untuk mencegah terjadinya peradangan dan menghilangkan plak atau karang gigi.

Cara menghilangkan karang gigi menggunakan cengkeh sangatlah mudah, pertama yaitu menghaluskan biji cengkeh sampai halus, setelah itu campurkan satu sendok teh cengkeh bubuk dengan 5 tetes minyak zaitun dan aduk kedua bahan alami tersebut hingga tercampur merata. Terakhir, gunakan campuran bahan alami tersebut untuk menggosok gigi menggunakan sikat gigi dengan menggunakan sikat gigi berbulu halus, lakukan cara ini secara rutin dan teratur 3 kali seminggu sampai karang gigi hilang.

Lidah Buaya


Siapa yang tidak kenal lidah buaya? Lendir dari tumbuhan ini telah lama diteliti oleh para ilmuwan, dan mereka menemukan adanya kandungan anti bakteri dan anti mikroba. Oleh sebab itu, tidak heran banyak masyarakat yang memanfaatkan lendir daun ini untuk mengatasi radang gusi, mengilangkan plak dan juga karang gigi.

Untuk penggunaanya Anda hanya perlu mengoleskan lendir atau gel-nya pada gigi dengan menggunakan tangan atau sikat gigi, lalu tunggu kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu berkumurlah menggunakan air bersih. Obat ini bisa Anda gunakan 2-3 kali dalam seminggu.

Biji Wijen


Memakai biji wijen termasuk salah satu cara menghilangkan karang gigi yang dilakukan oleh orang jaman dahulu. Di dalam biji wijen terkandung minyak alami yang dapat membunuh bakteri streptococcus mutans yang menjadi penyebab gigi berkarang.

Untuk penggunaannya, Anda hanya perlu mengunyah bijinya, pastikan untuk mengunyah biji wijen pada bagian gigi yang berkarang. Kemudian ratakan dengan memakai sikat gigi, terakhir berkumurlah dengan menggunakan air bersih, sebaiknya hindari menelan biji wijen yang sudah dikunyah.

Kulit Jeruk


Ternyata buah jeruk tidak hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat, ternyata sampai kulitnya pun tak kalah bermanfaat. Selain digunakan sebagai pewangi ruangan dan pengusir nyamuk, kulit jeruk juga ampuh untuk memutihkan gigi dan membersihkan karang gigi, hal ini disebabkan karena kulit jeruk mengandung senyawa bernama limonene dan vitamin C yang berperan sebagai antibakterial.

Cara menghilangkan karang gigi dengan kulit jeruk juga cukup mudah Anda hanya perlu menyiapkan kulit jeruk yang masih segar, lalu usapkan bagian putih kulit jeruk tadi ke bagian gigi, dan untuk menjangkau bagian gigi terdalam, Anda bisa mengerok bagian putihnya kemudian pakai bersama dengan pasta gigi. Setelah menggunakannya tunggu selama 7 jam agar karang gigi rontok semua.

Apel, Wortel, Dan Timun


Saat mengunyah makanan yang kriuk-kriuk, seperti apel, timun, seledri, dan wortel mereka bisa menjadi sikat gigi kecil yang dapat membantu menggosok noda-noda membandel yang menempel pada gigi Anda, termasuk salah satunya plak penyebab karang gigi.

Selain itu, buah-buahan tersebut juga merangsang terbentuknya air liur yang dapat mengurangi kuman di mulut. Anda bisa mengonsumsi buah tersebut secara rutin sehabis makan sarapan. Jangan lupa minum segelas air putih untuk melarutkan gula di area gigimu.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...