April 27, 2018

Cara Cek Status Registrasi Nomor dan Unreg Kartu yang Sudah Daftar dengan KK

Pemerintah sudah menerapkan kewajiban untuk registrasi ulang kartu seluler menggunakan data pribadi yakni KTP dan KK untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna nomor ponsel.

Dengan diberlakukannya peraturan tersebut, nomor atau kartu yang tidak diregistrasi ulang atau tidak didaftarkan menggunakan KTP dan KK, maka kartu tersebut tidak dapat digunakan baik untuk melakukan panggilan, pesan dan juga terhubung ke internet.

Namun, dalam penerapannya sejauh ini, ada juga kendala dan masalah yang terjadi. Misalnya, terjadi kasus Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) ternyata dipakai orang lain untuk mendaftarkan kartu prabayar yang bukan milik dari pemilik asli NIK dan KK.

Lalu ada juga pembatasan maksimal 3 nomor yang boleh didaftarkan menggunakan NIK dan KK yang sama, sehingga jika pengguna ingin mendaftarkan lebih dari 3 nomor, maka pelanggan harus datang ke gerai operator seluler yang bersangkutan.

Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, pemerintah bekerjasama dengan operator seluler di Indonesia menyediakan fitur cek status registrasi nomor. Dengan menggunakan fitur tersebut, pelanggan bisa mengetahui apakah NIK dan KK miliknya diregistrasi ke nomor sendiri atau nomor tidak dikenal.

Untuk melakukan cek registrasi kartu, silakan simak caranya di artikel berikut:


Selain bisa melakukan cek status registrasi nomor, pelanggan juga bisa menggunakan fitur unreg untuk membatalkan registrasi nomor yang telah didaftarkan menggunakan NIK dan KK sebelumnya. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Hutchinson Tri: Kunjungi situs https://registrasi.tri.co.id, pilih opsi "Unreg".
  • Telkomsel: Ketikkan kode USSD *444#, lalu tekan "dial" dan pilih opsi "Unreg".
  • XL Axiata/Axis: Kirim SMS dengan format UNREG#NO. HP (UNREG# langsung diikuti nomor ponsel), atau ketik kode USSD *123*4444# di aplikasi telepon dan tekan "dial".
  • Indosat Ooredoo: Kirim SMS dengan format UNPAIR#No_hp# ke 4444.

Selain menggunakan cara diatas, pelanggan juga bisa membatalkan registrasi atau mengecek status registrasi kartu dengan cara datang langsung ke gerai operator seluler yang bersangkutan.

Loading...

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...