April 28, 2018

Anda Wajib Tahu, Inilah Ciri Menonjol Dari Pengguna Narkoba

Penyalah gunaan narkotika di jaman sekarang sudah bukan lagi fenomena yang baru di kalangan anak-anak hingga orang dewasa, banyak faktor yang berperan dalam penyalah gunaan narkoba, termasuk seperti masalah keluarga dan pengaruh teman sebaya, kesehatan mental secara keseluruhan, dan riwayat candu di keluarga.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mulai bereksperimen pada usia muda memiliki kesempatan lebih tinggi mengidap kecanduan di kemudian hari.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk melihat tanda-tanda dari penyalahgunaan zat terlarang ini. Kebanyakan individu mulai menyalahgunakan setidaknya satu substansi sebelum menjadi pecandu utuh.

Untuk mengenali apakah seseorang menjadi percandu narkoba atau tidak, Anda bisa mengenali dari ciri fisiknya, hal ini karena ciri fisik pecandu narkoba sangat terlihat jelas dan sangat berbeda dengan orang kebanyakan.

Selain memiliki ciri fisik yang mencolok, seorang pecandu narkoba juga memiliki ciri yang khas. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kenali ciri pecandu narkoba berikut ini:

Mudah Marah dan Tersinggung

Pengguna narkoba cenderung mengalami perubahan emosi. Biasanya perasaannya menjadi sangat sensitif dan cepat bosan. Bila ditegur atau dinasihati, justru semakin memberontak dan membangkang. Emosinya labil dan gampang tersulut amarah, tidak segan-segan bicara kasar, bahkan memukul orang yang dinilai menyinggungnya.

Wajah Pucat Dan Tidak Bertenaga

Salah satu ciri fisik yang paling mudah dikenali dari pecandu narkoba adalah wajah pucat dan tidak bertenaga. Namun tidak semua orang yang berwajah pucat dan tidak bertenaga pasti pecandu narkoba. Wajah pucat dan tidak bertenanga yang menjadi ciri fisik dari pecandu narkoba adalah yang selalu dengan intensitas yang tinggi, maksudnya seorang pecandu narkoba selalu memiliki wajah pucat dan tidak bertenaga.

Mata Merah, Cekung Dan Bibir Menghitam

Mata merah, mata terlihat cekung bibir menghitam merupakan ciri fisik dari pencandu narkoba lainnya yang mudah dikenali. Bila Anda melihat seseorang yang selalu memiliki ciri fisik seperti ini, bisa jadi orang tersebut adalah pecandu narkoba.

Mengalami Penurunan Berat Badan Secara Drastis

Biasanya berat badan pengguna narkoba akan turun secara drastis karena nafsu makan tidak menentu, hal ini sebagai dampak atau efek samping dari penggunaan narkoba.

Sering Terlihat Malas Dan Mulai Menjauhi Keluarga

Pengguna narkoba biasanya mulai terlihat malas dan sering melupakan tanggung jawab dan tugas-tugas rutinnya. Mereka menunjukkan sikap tidak peduli dan jauh dari keluarga. Sering bertemu dengan orang-orang baru yang tidak dikenal keluarga, sering pergi tanpa pamit dan pulang lewat tengah malam. Kalaupun sedang di rumah, waktunya akan dihabiskan di kamar tidur, kloset, gudang, ruang yang gelap, kamar mandi, atau tempat-tempat sepi lainnya.

Jalan Sempoyongan Dan Berbicara Kacau

Seorang pencandu narkoba memiliki tingkat kesadaran rendah yang menyebabkan mereka tidak sadar seutuhnya, akibatnya banyak pencandu narkoba yang jalan sempoyongan dan cara bicaranya kacau.

Sering Memanipulasi Sikap

Sikapnya pecandu narkoba juga menjadi manipulatif. Terkadang tampak manis bila ada maunya, seperti saat membutuhkan uang untuk beli obat. Mereka juga sering berbohong dan ingkar janji dengan berbagai macam alasan.

Dan jika mereka kekurangan uang untuk membeli narkoba, pengguna narkoba mulai barani mencuri uang di rumah, sekolah ataupun tempat pekerjaan.

Atau paling tidak menggadaikan barang-barang berharga di rumah, sehingga barang-barang berharga miliknya, banyak yang hilang. Pengguna narkoba bisa dipastikan selalu kehabisan uang.

Cenderung Takut Terkena Air

Pengguna narkoba juga cenderung takut kena air, sebab, beberapa di antarannya akan merasa sakit jika terkena air. Sebab itulah mereka biasanya malas mandi.

Loading...

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...