Tips Menghindari Keterlambatan Pembayaran Tagihan di Indodana

3 min


0

Memiliki hutang sama seperti hal nya memiliki tanggung jawab yang harus di laksanakan. Tanggung jawab mengembalikan pinjaman, serta membayar cicilan tepat waktu harus selalu di laksanakan dengan konsisten.

Seperti kita semua tahu, tak hanya risiko penalti dalam bentuk uang yang Kita peroleh, melainkan juga risiko administrasi yang mana setiap lembaga keuangan memiliki catatan tersendiri yang akan di laporkan dalam Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia. Dalam Sistem Informasi Debitur (SID) ini lah setiap lembaga keuangan mampu mengukur tingkat risiko pemberian pinjaman terhadap calon nasabahnya.

Belakangan ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta agar perusahaan Financial Technology melaporkan kasus kasus kredit macet setiap nasabahnya, tujuannya jelas agar setiap nasabah yang memiliki track record buruk tak dapat mengajukan pinjaman di Financial Technology yang lain. Selain itu hal ini juga bertujuan untuk sentralisasi laporan keuangan tiap lembaga keuangan.

Namun implementasi sentralisasi informasi kredit nasabah dari tiap tiap Financial Technology baru di wajibkan pada tahun 2022, sedangkan untuk saat ini pelaporan mengenai catatan informasi kredit nasabah masih bersifat sukarela.

Artikel Kita kali ini akakn membahas mengenai cara untuk menghindari keterlambatan pembayaran di aplikasi pinjaman uang Indodana. Indodana sendiri merupakan salah satu Financial Technology yang memberikan pinjaman dana pada nasabah nasabahnya hanya bermodalkan smartphone dan akses internet.

Pinjaman Uang Online di Internet

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan selengkapnya :

Buat Reminder

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari keterlambatan pembayaran adalah dengan membuat reminder di handphone Anda. Membuat reminder di handphone bisa terbilang cukup sepele, namun melihat intensitas Kita yang sering kali membuka handphone baik utnuk bekerja atau menghubungi kerabat hingga melakukan transaksi keuangan via mobile banking, sepertinya membuat reminder di handphone merupakan salah satu langkah yang patut Anda coba.

Anda bisa memilih tanggal jauh jauh hari sebelum jatuh tempo. Hal ini guna menghindari sifat Kita yang sering kali menunda nunda pembayaran,. Selain itu selalu tanamkan pada diri Anda bahwa reminder harus selalu di jalankan.

Tanpa adanya konsistensi, membuat reminder hanya akan sia-sia. Jika perlu, prioritaskan membayar tagihan tagihan tersebut di list pembayaran yang Anda buat setiap awal bulan. Dengan membuat reminder di tiap awal bulan hal ini akan menanamkan pada diri Anda bahwa membayar cicilan adalah bagian dari pengeluaran Anda yang sifatnya prioritas.

Indodana, Pinjaman Online

Konsisten

Melakukan setiap hal tanpa adanya konsistensi tak akan menghasilkan apapun, terlebih dengan tujuan untuk merubah mindset dan gaya hidup kita yang sering kali kurang teratur.

Seperti telah di singgung sebelumnya, untuk tetap pada tujuan awal Anda agar tidak telat saat membayar tagihan adalah perlu adanya konsistensi. Untuk jatuh tempo yang jatuh pada hari sabtu, minggu atau hari libur nasional, jatuh tempo pembayaran Anda tidak akan berubah, namun pastikan pembayaran Anda dapat masuk ke sistem Indodana saat itu juga.

Hindari proses pembayaran yang mengalami delay, karena hal tersebut dapat menyebabkan Anda terkena denda, terlebih jika Anda membayar tagihan di setiap menjelang tanggal jatuh tempo. Untuk hal ini pihak Indodana tak akan bertanggung jawab, melainkan Kita lah sebagai nasabah yang harus membayar tagihan sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan.

Hindari menunda pembayaran

Kebiasaan menunda nunda pembayaran sekalipun Anda memiliki uang lebih, justru dapat memperburuk keadaan. Hal tersebut dapat menyebabkan Anda terkena denda keterlambatan serta biaya perpanjangan masa pinjaman yang terbilang cukup besar jika Anda tidak segera membayar cicilan.

Denda tersebut akan dibebankan setiap kali Anda membayar cicilan. Selain sanksi dalam bentuk denda, menunda pembayaran yang menyebabkan keterlambatan pun juga dapat berimplikasi pada kualitas kredit yang Anda miliki.

Nyatanya, tak hanya soal tagihan yang menumpuk, tagihan yang sering kali Anda tunda pembayarannya pun akan masuk dalam prestasi kredit yang Anda miliki, oleh karenanya selalu hindari menunda pembayaran tagihan Anda dan bayar lah tepat waktu.

Risiko yang didapat jika Kita terlambat membayar tagihan

Seperti telah Kita singgung di atas, keterlambatan pembayaran mengakibatkan Anda dikenakan dua jenis biaya yang nominalnya tidak kecil, yakni biaya keterlambatan pembayaran dan biaya perpanjangan pinjaman.

Tak hanya itu saja, prestasi kredit Anda di Indodana pun teracam buruk karena sering menunda pembayaran yang mengakibatkan keterlambatan pembayaran.

Risiko-risiko tersebut hanya dapat Anda hindari jika Anda memiliki konsistensi dalam membayar tagihan di aplikasi Indodana. Dan satu hal lagi, sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman, pastikan pula Anda mampu membayar tagihan cicilan pinjaman.

Idealnya, alokasi dana untuk mengajukan pinjaman nominal cicilan perbulannya adalah sebesar 30% dari total pendapatan yang Anda miliki. Jika lebih dari 30%, akan lebih baik jika Anda menunda mengajukan pinjaman hingga keuangan Anda memungkinkan untuk membayar tagihan tagihan tersebut. Hal ini guna menghindari risiko kredit macet yang disebabkan karena pendapatan Anda tak sebanding dengan pengeluaran.

Demikian lah beberapa tips untuk menghindari keterlambatan pembayaran tagihan di aplikasi Indodana serta berbagai risiko yang bisa Anda dapatkan jika menunda-nunda pembayaran yang dapat berisiko membuat pembayaran tagihan Anda menjadi telat.

Sebenarnya cukup simple saja untuk menghindari keterlambatan pembayaran, yang terpenting Anda membayar tagihan tepat waktu dan hindari menunda nunda kewajiban Anda sebagai debitur, sehingga kredit Anda berjalan lancar, dan ketika Anda akan mengajukan pinjaman kembali Anda tak akan di persulit oleh pihak kreditur. Semoga berguna!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

Legend

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format