March 11, 2018

Tips Mencuci Pakaian Secara Tepat, Agar Pakaian Tidak Cepat Rusak

Untuk Anda yang gemar mengkoleksi baju, pastinya pernah tidak bisa memakai pakaian kesukaan Anda lagi karena sudah melar atau bentuknya jadi aneh setelah dicuci. Jika iya, itu pasti karena Anda salah dalam merawat pakaian Anda.

Merawat pakaian memang perlu perhatian tersendiri karena setiap jenis pakaian mempunyai cara perawatan yang berbeda, tapi itu bukan berarti sulit untuk dilakukan. Cara mencuci pakaian juga termasuk salah satu yang perlu mendapatkan kecermatan, karena tidak semuanya mengerti bagaimana cara mencuci pakaian yang benar supaya tidak cepat rusak atau warnanya memudar.

Berikut tips mencuci pakaian secara tepat, agar pakaian Anda tidak cepat rusak :

Jangan Terlalu Sering Dicuci


Terlalu sering mencuci pakaian dengan maksud menjaga kebersihan justru akan merusak serat pakaian dan melunturkan warna asli pakaian. Jika pakaian yang telah dikenakan belum terlalu kotor atau bau, sebaiknya tidak perlu dicuci, terutama jeans atau pakaian berbahan tebal lainnya. Untuk membunuh kuman, jemurlah sekitar 2-3 jam di bawah sinar matahari.

Jangan Biarkan Noda Terlalu Lama Menetap Pada Pakaian


Cara terbaik untuk menghilangkan noda adalah segera membersihkan begitu pakaian terpapar bercak kotoran. Gunakan produk pembersih noda khusus untuk membasuhnya dengan cepat.

Jika Anda tak bisa langsung menanganinya, lakukan segera setelah Anda tiba di rumah. Meskipun Anda harus menunggu hingga beberapa hari untuk mencuci pakaian tersebut, akan lebih baik jika Anda melakukan perawatan darurat untuk mencegah noda makin sulit dibersihkan.

Pisahkan Pakaian


Sebelum mencuci, pastikan Anda memisahkan dahulu pakaian kotor sesuai dengan warnanya karena beberapa pakaian dapat luntur (terutama warna gelap). Cara terbaik untuk mencuci pakaian adalah mendahulukan yang berwarna putih, lalu pakaian berwarna terang yang sejenis, dan terakhir barulah cuci pakaian berwarna gelap. Di samping itu, jangan lupa memperhatikan tingkat kelembutan pakaian sebelum Anda mencucinya.

Jangan Cuci Menggunakan Air Hangat / Panas


Air yang bertemperatur hangat bahkan panas dapat membuat kain pakaian menjadi rusak. Selain itu, air hangat juga dapat mempercepat warna menjadi luntur dan tingkat keelastisan pakaian akan berkurang.

Cuci Dan Jemur Pakaian Dalam Keadaan Terbalik


Hal ini untuk mencegah bagian luar pakaian saling bergesekan dan membuat warnanya memudar. Luruskan gulungan kaus kaki dan manset pada lengan baju untuk melepaskan kotoran dari lipatannya.

Kosongkan kantung kemeja dan celana, tutup resleting, kancing, dan pengait celana, untuk mencegah pakaian tersangkut satu sama lain dan robek. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga kualitas warna pakaian Anda karena sinar matahari yang terlalu terik bisa merusaknya.

Jika Setrika Pakaian, Jika Tidak Perlu Di Setrika


Jangan menyetrika semua pakaian Ada, karena tidak semuanya perlu disetrika. Jika Anda yakin pakaian yang sudah dicuci tersebut steril dan tidak kusut, jangan disetrika! Karena, suhu panas dan tekanan dari setrika bisa merusak bahan pakaian. Baju yang tidak perlu disetrika misalnya kaos, kaos kaki, kaos dalam, dll. Selain menghemat tenaga, Anda juga bisa menghemat listrik bukan?

Segera Jemur Pakaian Yang Sudah Di Keringkan


Jangan meninggalkan pakaian yang sudah dicuci berlama-lama di dalam mesin cuci. Dalam hitungan waktu, pakaian yang basah dapat menimbulkan bakteri. Handuk yang sudah dicuci pun mungkin akan berbau segar. Namun setelah Anda memakainya lagi (untuk mengeringkan tubuh sehabis mandi), handuk bisa meninggalkan bau apek.

Sebisa Mungkin Keringkan Secara Alami


Panas yang dihasilkan pengering pakaian dapat merusak pakaian jika Anda menggunakannya pada pakaian yang masih basah. Maka dari itu sebisa mungkin keringkanlah pakaian secara alami dengan menjemurnya di bawah sinar matahari.

Pakai Pelembut Pakaian


Ingin pakaian Anda tetap pada kondisi prima seperti kamu pertama kali membelinya? Pakailah pelembut pakaian! Selain akan membuat pakaian Anda wangi dan lembut, pelembut pakaian dapat menjaga bentuk dari pakaian itu sendiri. Selain itu, pelembut pakaian juga dapat membantu mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh kain yang akan terasa gatal jika bersentuhan dengan kulit.

Periksa Petunjuk Perawatan


Peraturan dasar untuk membuat pakaian lebih tahan lama adalah memeriksa petunjuk perawatan sebelum mencucinya. Bahan kain yang berbeda-beda memiliki kebutuhan masing-masing dalam perawatannya maka itu pastikanlah membaca terlebih dahulu label petunjuk perawatan yang umumnya ada di semua pakaian.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...