March 18, 2018

Ternyata Empat Bagian Tubuh Ini Tidak Boleh Disentuh Sembarangan

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Tubuh memang membutuhkan perawatan tertentu agar tetap sehat dan terjaga, salah satu caranya yaitu dengan memberikan perhatian dan sentuhan.

Tetapi, ada beberapa pendapat dokter yang mengatakan bahwa beberapa bagian tubuh yang membutuhkan perhatian, tapi tidak menggunakan tangan alias sentuhan.

Lalu apa saja bagian tubuh yang tak boleh disentuh dengan tangan? Berikut ulasannya :

Wajah


Wajah adalah area yang sangat sensitif. Karenanya, jangan coba-coba memegang wajah dengan tangan sebelum Anda membersihkannya lebih dulu dengan sabun. Karena meski Anda sudah membersihkan wajah, sebagian besar kuman dan bakteri yang ada pada wajah berasal dari jari-jari tangan Anda. Hal ini yang membuat wajah menjadi mudah mengalami jerawat.

Mata


Karena alasan gatal, banyak orang akhirnya menggosok mata. Jika kebiasaan ini rutin Anda lakukan, sebaiknya hentikan sekarang juga, alih-alih menggosoknya dengan tangan, lebih baik beri obat tetes mata.

Mata adalah bagian tubuh yang paling halus dan harus ditangani dengan hati-hati, karena sebagian besar infeksi mata terjadi karena sentuhan konstan dengan tangan.

Saluran Telinga


Tak sedikit orang yang menyentuh saluran telinga, terutama saat mandi. Nyatanya, hal ini bisa membahayakan Anda, karena kulit di saluran telinga sangatlah tipis, sehingga berbahaya jika Anda terus memasukkan tangan Anda ke dalamnya. Belum lagi jika tangan Anda kotor, kuman bisa dengan mudah masuk ke telinga Anda.

Rongga Hidung


Di dalam hidung kita hidup bakteri baik yang bisa menjaga kesehatan hidung. Ketika tangan menyentuh hidung, bakteri-bakteri yang ada di tangan bisa bermigrasi ke hidung dan keberadaannya bisa mengganggu keseimbangan bakteri baik yang ada di hidung Anda. Apalagi Jika sedang musim batuk dan flu. Tidak boleh memegang hidung bukan berarti Anda tidak bisa membersihkannya. Namun, agar lebih aman, gunakan sapu tangan bersih.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...