March 8, 2018

Menikmati Wisata Alam Golden Sunrise di Bukit Sikunir

Dataran tinggi Dieng yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah ini memang dikenal memiliki banyak tempat wisata alam yang indah.

Selain komplek candi dan kawah, dataran tinggi Dieng juga memiliki gunung serta bukit yang memiliki daya tarik tersendiri untuk para traveler.

Jika kamu sedang berlibur atau ada rencana untuk liburan ke Wonosobo, Bukit Sikunir bisa menjadi salah satu tempat yang cocok untuk dikunjungi.

Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit para traveler, terutama mereka yang ingin melihat indahnya pemandangan matahari terbit atau sunrise dari atas bukit.

Sunrise Sikunir
📷 Instagram : @mnurulfadhil

Berada pada ketinggian 2463 mdpl, menikmati indahnya matahari terbit dari atas bukit ini akan terasa lebih seru dengan udara sejuk di lokasi tersebut.

Golden sunrise di bukit Sikunir ini memang menjadi tujuan utama para wisatawan untuk mengunjungi lokasi ini, selain bisa menikmati golden sunrise, dari atas bukit pengunjung juga bisa menikmati indahnya telaga cebong di pagi hari.

Gunung Sindoro dan Sumbing dari Puncak Sikunir
📷 Instagram : @dee_cimot

Di sana, pengunjung juga bisa melihat kemegahan gunung-gunung yang berjejer di kejauhan, yakni Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Selain itu, barisan rumah warga yang ada di bawah bukit juga akan menambah keindahan pemandangan dari atas bukit.

Lokasi Bukit Sikunir


Akses utama para pengunjung untuk mengunjungi bukit Sikunir adalah melalui Desa Sembungan. Untuk mencapai desa ini, kira-kira dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dari kawasan wisata Dieng, tapi jika pengunjung menginap di kota Wonosobo, kira-kira waktu yang dibutuhkan lebih lama lagi, sekitar 1 jam.

📷 Instagram : @imam_maulid

Sikunir ternyata berada di desa tertinggi di Pulau Jawa, yakni desa Sembungan, Wonosobo, Jawa Tengah.

Desa ini berada pada ketinggian 2.306 mdpl, ketika memasuki desa ini, wisatawan akan langsung disambut oleh udara segar dan sejuk khas pegunungan.

Selain bukit Sikunir, di desa Sembungan ini juga ada tempat wisata yang juga menjadi tujuan para wisatawan, yakni Telaga Cebong.

Kedua tempat tersebut sama-sama menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa.

Harga Tiket Sikunir


Setelah sampai di lokasi, seperti biasa, traveler harus membayar tiket masuk untuk bisa menikmati golden sunrise di bukit Sikunir. Biaya tersebut sangat terjangkau, hanya sebesar Rp. 10.000,- saja untuk bisa masuk ke lokasi.

Indahnya Pemandangan Bukit Sikunir
📷 Instagram : @nazrulazhar

Selain itu, biaya tambahan yang harus dikeluarkan adalah biaya parkir kendaraan. Jika pengunjung merasa lelah setelah sampai di lokasi, di sana ada warung-warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman hangat yang bisa menyegarkan badan setelah lelah di perjalanan.

Jangan lupa juga untuk menikmati tempe kemul hangat khas Wonosobo yang bisa dijumpai dengan mudah di warung-warung di lokasi tersebut.

Waktu Terbaik ke Sikunir


Jika kamu tidak ingin rencana kamu untuk melihat golden sunrise di bukit Sikunir berantakan, sebaiknya kamu mengunjungi Sikunir pada saat musim kemarau, sekitar bulan Juli hingga Oktober.

Keindahan bukit Sikunir
📷 Instagram : @ferochristi

Sebab, pada musim kemarau kemungkinan tidak ada kabut tebal dan hujan yang bisa mengganggu pemandangan serta acara liburan kamu di sana.

Selain itu, medan yang dilalui juga akan lebih berbahaya saat hujan. Karena jalan yang dilalui akan licin dan tentunya bisa membahayakan kamu.

Puncak Sikunir
📷 Instagram : @osmenbudjono_dieng

Selain itu, perkirakan juga waktu yang tepat untuk mendaki agar kamu tidak melewatkan indahnya golden sunrise dari atas bukit.

Biasanya, pada hari-hari libur pengunjung akan lebih banyak dari biasanya, jadi sebaiknya persiapkan fisik untuk mendaki dan turun bukit.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...