fbpx

Jangan Menahan Saat Ingin Buang Air Kecil, Ini Bahayanya


0
6 shares

Kebiasaan banyak orang untuk menahan kencing dapat memiliki konsekuensi serius, di antaranya bisa menghasilkan infeksi saluran kemih yang berat, infeksi bakteri yang memengaruhi saluran kemih. Ini terjadi karena kuman hadir dalam urine yang terlalu lama berada di kandung kemih. Tidak hanya itu saja, bahkan infeksi ini bisa menyebar dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah lagi pada tubuh Anda.

Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui apa saja sih bahaya-bahaya lainnya yang bisa timbul akibat sering menahan buang air kecil yang terlalu lama, berikut bahaya- bahaya lainnya :

Infeksi Kandung Kemih

Air kencing (urine) mengandung banyak bakteri dan kotoran. Menumpuknya urine di kandung kemih bisa menimbulkan infeksi kandung kemih. Selain n
nyeri saat kencing, Gejala infeksi kandung kemih antara lain muncul rasa nyeri di perut bagian bawah, kencing dengan volume sedikit, dan kencing disertai pendarahan.

Infeksi Ginjal

Infeksi kandung kemih juga bisa menyebar ke ginjal bahkan ke seluruh tubuh, lho. Infeksi tersebut akan menganggu siklus pembuangan urine, bahkan menyebabkan gagal ginjal. Gagal ginjal terjadi karena ginjal bekerja terlalu keras, sehingga Tidak mampu untuk menyaring kotoran dan racun sisa pencernaan.

Batu Ginjal

Batu ginjal juga bisa terbentuk saat urine menumpuk pada ginjal kemudian menggumpal dan mengalami pengerasan. Pengerasan urine terjadi karena urine memiliki kandungan kristal garam yang akan menggumpal dan mengeras ketika jumlahnya makin banyak. Gejalanya antara lain sakit ketika kencing, susah kencing, dan rasa nyeri pada bagian ulu hati.

Nyeri Pada Perut Dan Punggung

Menahan kencing terlalu lama juga bisa menyebabkan nyeri pada perut dan pinggang. Mungkin bagi Anda yang pernah menahan kencing yang terlalu lama pasti pernah merasakan hal ini, nyeri pada perut dan pinggang ini terkadang juga bisa diakibatkan karena telah adanya batu yang bersarang di ginjal Anda.

Anyang-Anyangan

Sering menahan buang air kecil juga bisa menyebabkan Anda mengalami anyang-anyangan. Anyang-anyangan ini sendiri merupakan suatu kondisi dimana ketika kita akan buang air kecil tetapi urine yang keluar hanya sedikit dan biasanya dibarengi dengan rasa perih ketika akan buang air kecil. Meskipun Anyang-anyangan ini tidak terlalu berbahaya dan bisa diatasi hanya dengan mengkonsumsi air putih yang banyak tetapi tetap saja kondisi ini akan sangat menyiksa karena mengharuskan Anda untuk selalu bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Nah, itulah bahaya menahan buang air kecil terlalu lama. Bagaimana mengerikan bukan ? maka dari itu mulailah dari sekarang untuk tidak membiasakan diri menunda-nunda buang air kecil agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.


Like it? Share with your friends!

0
6 shares

What's Your Reaction?

senang senang
0
senang
terhibur terhibur
0
terhibur
terinspirasi terinspirasi
0
terinspirasi
bangga bangga
0
bangga
takut takut
0
takut
terkejut terkejut
0
terkejut
sedih sedih
0
sedih
ngakak ngakak
0
ngakak
marah marah
0
marah

Elder

Pecinta tempe penyet dan klepon. :)

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format