March 7, 2018

Inilah Gejala Depresi Yang Sering Kali Tidak Anda Sadari

Depresi merupakan gangguan psikis yang kini banyak mengancam seseorang, tekanan dalam pekerjaan yang berpadu dengan masalah asmara adalah dua penyebab yang paling sering terjadi pada seseorang mengalami depresi.

Perasaan sedih, putus asa, naik turunnya berat badan serta perubahan pola makan, adalah beberapa gejala depresi yang kita kenal. Namun, kita juga harus tahu, depresi bisa muncul dengan beberapa gejala yang tidak dikenali. Sayangnya, penderitanya justru mengabaikan gejala ini dan tidak mencari pengobatan, karena tidak menyadari apa yang terjadi.

Berikut gejala depresi yang seringkali Anda tidak sadari :


Perubahan Nafsu Makan


Pada depresi tingkat sedang, ciri-ciri mungkin hanya berupa sedih, marah, lelah selama beberapa minggu atau lebih. Namun, jika depresi sudah masuk tingkat berat kamu akan mengalami penurunan nafsu makan dan berat badan secara signifikan.

Bila orang yang depresi atau khawatir biasanya makan lebih banyak dari biasanya, gangguan depresi berat lebih sering diikuti hilangnya nafsu makan karena tidak lagi peduli pada kehidupannya sehingga berat badan turun.


Emosional Yang Terganggu


Seseorang yang mengalami depresi akan mengalami perubahan emosional. Semula mereka yang bisa bersabar namun pada akhirnya sering mengalami lonjakan emosi secara tiba-tiba, seperti suka marah-marah, bahkan pada hal-hal kecil.

Menurut sebuah studi tahun 2013 di JAMA Psychiatry, "iritabilitas atau kemarahan yang jelas" adalah gejala yang dialami lebih dari separuh orang yang mengalami depresi dalam waktu yang cukup lama.


Menjadi Panik Dan Mudah Cemas


Perasaan ketakutan berlebihan akan sesuatu bisa jadi merupakan tanda dari suatu ansietas atau gangguan cemas. Namun bisa jadi itu juga merupakan tanda dari depresi. Orang yang sedang mengalami depresi seringkali memberikan gejala berupa kecemasan atau panik yang berlebihan.


Kehilangan Harapan Atau Ketertarikan


Jika kamu mengalami depresi berat, maka ciri-cirinya bisa diketahui dari perasaan tidak ada lagi harapan serta ketertarikan terhadap hal yang biasanya kamu sukai. Tidak hanya sehari, hal ini bisa berlangsung di semua kegiatanmu setiap hari.

Bahkan, perasaan ini bisa muncul saat sedang melakukan hal yang disukai, seperti hobi, berkumpul bersama teman, hingga hilangnya keinginan berhubungan intim.


Menyibukkan Diri Dengan Dunia Maya


Seseorang yang mengalami depresi lebih banyak berdiam diri dan mencari kesibukan yang tidak jelas. Jika Anda belakangan ini lebih sering menyibukkan diri Anda dengan dunia maya seperti media sosial maka sebaiknya Anda memperhatikan dengan benar diri Anda. Pasalnya, menurut para pakar kejadian tersebut bisa menjadi gejala awal gangguan depresi.


Berhenti Menyisir Rambut


Seperti yang dilansir salah satu media ternama, jika beberapa waktu belakangan ini Anda mulai berhenti menyisir rambut maka kejadian itu bisa disebut sebagai gejala awal masalah stres berat.

Benarkah? Dari hasil penelitian, seseorang yang mengalami stres berat itu biasanya mulai tidak memperhatikan penampilan dan kesehatannya. Bahkan, ia cenderung mengalami rasa sakit pada bagian kepalanya khususnya pada rambut.


Insomnia atau Tidur Berlebihan


Saat ada masalah yang sulit diselesaikan kamu tentunya akan sulit tidur. Namun bagi orang yang mengalami gejala depresi, dia akan kesulitan untuk tidur nyenyak dan lebih sering terbangun di malam hari. Namun, sisanya mungkin malah sebaliknya tidak mau pergi dari kasur dan terus tidur sepanjang hari.


Nyeri Di Seluruh Tubuh


Kelelahan dapat menyebabkan seluruh tubuh Anda merasa nyeri. Namun, jika Anda mengalami rasa nyeri pada seluruh tubuh Anda tanpa alasan yang jelas maka itu juga bisa menjadi gejala awal masalah stres yang Anda alami.

 Menurut hasil penelitian, rasa nyeri yang terjadi tanpa alasan yang pasti itu dikarenakan sistem imunitas tubuh mengalami penurunan. Hal tersebut merupakan efek yang terjadi karena semangat psikis Anda mengalami penurunan.

Author Profile

2 komentar

Wah saya aktif di dunia maya apalagi aktivitas blog Walking masuk kategori depresi bukan
Oia salam kenal :)

Blogwalking malah bagus untuk saling mengenal dan menambah teman, benar kan? :D

Silakan tulis komentar Anda...