March 10, 2018

Hindari Kebiasaan ini Agar Wajah Tampak Awet Muda

Kulit halus dan awet muda merupakan dambaan setiap orang, terutama wanita, demi kulit impian tersebut, berbagai cara dilakukan oleh kaum hawa. Tetapi apakah terkadang Anda merasakan wajah Anda lebih tua dari usia Anda yang sebenarnya? Seperti munculnya kerutan pada wajah Anda, wajah terasa kendur dan hal lainnya.

Meskipun kita tahu bahwa kerutan akan datang seiring penuaan, tetapi beberapa kebiasaan lain di luar faktor usia juga dapat mengakibatkan kerutan. Seperti rutinitas makeup dan kebiasaan Anda yang dapat berdampak pada timbulnya kerutan juga. Ketahuilah kebiasaan-kebiasaan tersebut sehingga Anda dapat menghentikannya secepatnya.

Berikut beberapa kebiasaan-kebiasaan yang membuat wajah Anda terlihat tua :

Tidak Mencuci Muka Di Malam Hari


Mulai dari sekarang, cobalah untuk mencuci muka di malam hari sebelum tidur. Taukah Anda bahwa sepanjang hari kulit dan pori-pori mengumpulkan begitu banyak kotoran dan minyak yang bersatu dengan makeup Anda?

Jika Anda tidak membersihkan semua kotoran dan minyak yang bercampur dengan makeup, kotoran-kotoran tersebut akan menyumbat pori-pori dalam semalam, dan akibatnya anda akan terbangun dipagi hari dengan kulit yang teriritasi.

Minum Minuman Beralkohol


Alkohol adalah diuretik alami, jadi ketika Anda minum banyak minuman beralkohol, Anda akan cepat mengalami dehidrasi. Dehidrasi menghilangkan kelembaban alami dari kulit Anda, yang secara otomatis membuat Anda terlihat lebih tua dari usia Anda.

Asupan alkohol berlebih menyebabkan deplesi nutrisi sehat dalam tubuh Anda, terutama vitamin A dan C. Vitamin antioksidan yang esensial untuk menjaga kulit cerah dan kenyal.

Terlalu Sering Mencuci Muka


Mencuci wajah Anda dengan scrub yang kasar juga dapat menyebabkan kerusakan yang kompleks. Minyak alami wajah dapat menjaga kelembapan kulit Anda, dan jika Anda mencucinya lebih dari satu kali sehari, Anda dapat membuatnya kering tanpa menyadarinya. Pastikan untuk menggunakan air hangat, bukan panas, air panas dapat merusak kulit.

Sering Tidur Larut


Tidur larut atau begadang sudah pasti akan membuat wajah Anda tampak lebih tua. Selain tanda kelelahan yang jelas terlihat, wajah juga menjadi tidak segar. Kantung mata akan menggantung dan berwarna hitam, dan kulit muka kering serta kusam. wajah juga terlihat kuyu karena kurang tidur.

Menggunakan Ponsel


Co-Founder produk kosmetik 111SKIN, Eva Alexandrides mengatakan menggunakan ponsel secara terus-menerus dapat berdampak buruk bagi kulit. Sebabnya, bakteri yang menumpuk di permukaan ponsel akan berpindah ke kulit wajah dan dapat memicu jerawat.

Selain itu, bentuk teks kecil dan layar yang terang dapat membuat mata menyipit agar dapat melihatnya lebih jelas, sehingga membentuk garis-garis halus di ujung kedua mata. Ditambah lagi, menggunakan ponsel dalam waktu lama menyebabkan otot leher tertarik dan memberi tekanan di daerah rahang. Ahli perawatan kulit Elizabeth Rimmer juga mengatakan kepala yang menunduk akibat bermain ponsel juga dapat menyebabkan bagian bawah wajah mengendur.

Merokok


Ini adalah fakta, bahwa merokok membahayakan kesehatan Anda dalam banyak cara. Tak hanya itu, merokok juga dapat mempercepat proses penuaan kulit Anda. Bahan kimia berbahaya dalam asap rokok menghindarkan sel-sel kulit Anda dari oksigen, yang dapat menyebabkan wajah dan kulit pucat. Bahkan memicu kerusakan kolagen dan dapat menyebabkan kulit keriput dan kendor.

Mudah Tersulut Emosi


Memaafkan memang baik, tapi tidak selalu dapat dipraktikkan dengan mudah. Menyimpan dendam terhadap orang atau situasi tidak baik untuk kesehatan dan penampilan Anda.

Jika Anda tidak dapat memaafkan, Anda menambahkan lebih banyak stres dalam hidup Anda, yang meningkatkan tingkat hormon kortisol. Kortisol dapat menyebabkan kenaikan berat badan, tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi.

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein


Walaupun untuk perawatan kecantikan, manfaat masker kopi dan manfaat teh untuk wajah adalah suatu perawatan yang efektif untuk kulit, antara lain untuk cara alami menghilangkan mata panda.

Akan tetapi bagi Anda yang menyukai minuman berkafein seperti teh atau kopi sebaiknya waspada, karena kafein dapat mengeringkan cairan tubuh dan mengurangi kelembaban dari kulit Anda. Minuman berkafein bisa membuat kulit menjadi dehidrasi apabila diminum dalam jumlah yang berlebihan, membuat kulit tampak kering, kusam dan tampak tua.

Menggosok kulit


Ketika memakai produk perawatan wajah, kita cenderung mengaplikasikannya dengan cara menggosok berulang kali agar lekas terserap. Padahal menurut Oberg, cara itu justru tidak sehat karena membuat kulit tertarik dan membentuk keriput dini pada wajah. Aplikasikan produk perawatan kulit dengan cara menepuk perlahan-lahan.

Makan Terlalu Banyak Gula


Makan terlalu banyak gula bisa mempercepat proses penuaan kulit. Hal ini dapat membuat kulit Anda kusam dan berkerut. Hal ini terjadi karena proses yang dikenal sebagai "glycation", di mana gula yang menempel akan merusak protein seperti kolagen dan elastin. Protein ini dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap halus dan kenyal.

Stress


Terlalu banyak pikiran bisa memicu kulit keriput di usia yang muda. Stress akan mempercepat penuaan dari sel – sel yang berada di dalam tubuh. Kalau sel – sel tubuh mengalami penuaan, pasti demikian juga halnya dengan kulit wajah. Selain itu, ketegangan kulit wajah akibat kita sedang berpikir berat juga dapat menimbulkan keriput.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...