March 24, 2018

Cara Mudah dan Cepat Membuat Akun Google atau Gmail Baru di Android

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Saat ini, Gmail atau Google Mail menjadi layanan email gratis yang paling populer di dunia dan menjadi layanan email gratis yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia.

Selain karena gratis, alasan lain kenapa sekarang banyak orang yang lebih memilih menggunakan Gmail juga karena banyaknya pengguna smartphone Android. Seperti yang kita tahu, untuk menggunakan beberapa fitur di Android seperti Play Store, Google Play Game, dan lainnya membutuhkan akun Google untuk bisa mengakses fitur tersebut.

Sehingga mau tidak mau pengguna harus memiliki atau membuat akun Google agar bisa menikmati fitur-fitur di smartphone Android mereka.

Selain untuk mengakses beberapa fitur di Android, menambahkan akun Google ke Android juga akan membuat smartphone Android menjadi lebih aman, karena ada sistem yang bisa digunakan untuk melindungi data dan melacak keberadaan smartphone Android ketika hilang atau dicuri orang.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dan keuntungan yang didapatkan ketika kamu mengkaitkan akun Google kamu ke Android:

  • Untuk unduh aplikasi di Play Store
  • Backup data, kontak, kalender, dan foto secara online
  • Mengamankan foto, kontak, dan data penting lainnya yang tersimpan di smartphone Android jika smartphone hilang atau dicuri
  • Sebagai penyimpan progress game yang dimainkan, sehingga tidak perlu mengulang permainan dari awal ketika ganti smartphone atau meng-uninstall permainan
  • Satu akun Google bisa untuk mengakses semua layanan Google lainnya seperti: Gmail, YouTube, Google Drive, Google Foto, dan lain-lain.

Namun, saat ini masih banyak pengguna Android yang masih bingung dan tidak mengerti bagaimana cara membuat akun Gmail atau Google. Padahal saat ini, kita bisa membuat akun Google dengan sangat cepat dan mudah melalui smartphone Android.

Dan berikut ini adalah cara mudah membuat akun Google atau Gmail langsung di Android dengan mudah dan cepat.

Pertama, yang harus dilakukan adalah masuk ke menu pengaturan lalu carilah menu pilihan Akun dan Sinkronisasi. Setelah itu pada bagian paling bawah, pilih Tambahkan Akun. Pada menu selanjutnya, kita akan diberikan pilihan jenis akun yang ingin ditambahkan ke Android, pilih Google.

Jadi, singkatnya untuk membuat atau menambahkan akun Google Android adalah dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Akun dan Sinkronisasi > Tambahkan Akun > Google.

Setiap smartphone pasti memiliki langkah yang berbeda, tetapi hampir sama dengan langkah di atas. Seperti untuk smartphone Xiaomi bisa melalui langkah berikut: Setelan > Akun Lain > Tambahkan Akun > Google.

Setelah itu, pada halaman selanjutnya kamu bisa langsung memasukkan alamat email dan password jika kamu sudah memilikinya. Tapi jika belum, silakan klik Buat akun baru.

Membuat akun Google Baru

Pada halaman selanjutnya, silakan isi data-data yang diminta seperti nama depan, nama belakang, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Setelah semuanya lengkap, klik berikutnya dan kamu akan diarahkan untuk memilih alamat email yang ingin kamu gunakan.

Di sana akan ada pilihan untuk menggunakan email atau ponsel, tapi karena saat ini tutorial yang dibagikan tentang cara membuat email, maka kita pilih email. Masukkan alamat email yang tersedia, lalu klik berikutnya. Pada halaman selanjutnya, silakan buat sandi untuk akun Google kamu.

Pilih alamat Email Gmail

Untuk langkah selanjutnya, silakan ikuti instruksi yang ada. Setelah semuanya langkah diikuti dengan benar, maka alamat email dan akun Google kamu sudah berhasil dibuat.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...