March 8, 2018

Cara Cek NIK dan KK yang Sudah Digunakan Untuk Daftar Ulang Kartu

Belakangan ini beredar berita bahwa data NIK dan KK (Kartu Keluarga) yang digunakan untuk daftar ulang kartu sim ponsel bocor dan banyak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Munculnya berita ini bermula beberapa waktu yang lalu ketika ada laporan masyarakat yang merasa NIK dan KK miliknya telah digunakan oleh orang lain untuk mendaftar ulang kartu sim operator tanpa sepengetahuan pemilik data identitas tersebut.


Hal ini membuat masyarakat banyak resah karena takut data-data pribadi NIK dan KK mereka disalahgunakan untuk tindak kejahatan.

Meski telah ada laporan yang masuk tentang penyalahgunaan penggunaan NIK dan KK tersebut, namun Kemkominfo mengatakan bahwa tidak ada kebocoran data terkait registrasi ulang kartu sim, tetapi ada oknum-oknum yang menyalahgunakan NIK dan KK yang digunakan registrasi secara tanpa hak.

Untuk itu, Kemkominfo mengimbau para pengguna sebaiknya untuk lebih berhati-hati dalam menjaga data identitas individu serta tidak memberitahukan kepada orang lain agar tidak disalahgunakan.

Untuk kamu yang ingin mengetahui berapa banyak nomor yang telah terdaftar menggunakan NIK dan KK kamu, silakan cek ke operator masing-masing dengan cara di bawah ini. Jika hanya nomor kamu sendiri yang terdaftar, itu artinya aman. Tetapi jika ada nomor lain yang tidak dikenal didaftarkan menggunakan NIK dan KK kamu, sebaiknya segera laporkan ke pihak operator agar cepat ditindak.

Cara Cek Status Registrasi NIK dan KK Kartu SIM



Jika ada nomor asing yang terdaftar menggunakan NIK dan KK kamu, jangan ragu untuk menghubungi operator kamu agar segera dilakukan pemblokiran nomor. Langkah tersebut sesuai Peraturan Menkominfo No. 12 tahun 2016 pasal 11 ayat 3.

Sekali lagi, sebagai pengguna sebaiknya harus lebih waspada. Jangan sembarangan dalam memberikan data-data pribadi kepada orang lain agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...