5 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

3 min


0

Jahe memang sudah dikenal sejak dulu sebagai rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Memiliki rasa dan aroma yang khas, rempah-rempah yang berasal dari Asia ini sering digunakan sebagai bumbu masakan dan juga sebagai bahan obat atau jamu.

Bahkan pada masa kolonialisme, jahe menjadi komoditas yang populer di Eropa karena manfaat yang dimilikinya itu bisa menghangatkan badan sekaligus menjadi bumbu masak yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan.

Sejak dulu, jahe juga sudah terbukti khasiatnya sebagai bahan ramuan obat alternatif yang manjur dan sering digunakan di Cina, India, hingga Timur Tengah. Di Indonesia sendiri, jahe bukanlah barang langka yang sulit ditemui. Bahkan mungkin setiap hari kita bisa menjumpainya pada makanan yang kita makan sehari-hari.

Ada banyak sekali manfaat jahe yang sangat bermanfaat untuk kesehatan hingga kecantikan, ingin tahu lebih banyak tentang manfaat jahe? berikut ini adalah 5 manfaat jahe yang sangat baik untuk kesehatan hingga kecantikan.

Mengatasi Mual dan Kembung

Manfaat jahe yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk meredakan dan mengatasi mual dan kembung. Mual dan kembung ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal seperti karena menempuh perjalanan jauh, vertigo, efek kemoterapi bagi penderita kanker, atau karena morning sickness yang biasa dialami oleh para ibu hamil.

Untuk meredakan mual atau kembung, kamu bisa mengkonsumsi jahe baik dengan cara dimakan secara mentah ataupun bisa juga mencampurkannya ke dalam minuman. Jahe juga biasa digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat minuman susu jahe dan juga teh jahe, adapun manfaat susu jahe adalah bisa menghangatkan tubuh, sedangkan manfaat teh jahe salah satunya adalah bisa meredakan stress serta mampu melancarkan sirkulasi darah.

Mangatasi Masalah Pencernaan

Selain untuk meredakan mual, jahe juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan.

Jahe juga disebut sebagai carminative, suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan. Masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia juga dapat diatasi dengan jahe.

Memerangi Kanker dan Tanda Penuaan

Kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan jika tidak ditangani secara cepat dan tepat. Salah satu manfaat yang dimiliki oleh jahe adalah kemampuannya memerangi kanker karena kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Antioksidan yang dimiliki pada jahe mampu melindungi tubuh dari kanker, terutama kanker ovarium. Selain itu, antioksidan yang terdapat pada jahe juga bermanfaat untuk kecantikan yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, dan menghilangkan tanda penuaan pada kulit kamu agar tampak awet muda.

Membantu detoksifikasi serta mencegah penyakit kulit

Jahe memiliki kemampuan untuk menghangatkan tubuh, dengan adanya kemampuan ini, jahe bisa membantu untuk memicu keluarnya keringat dari dalam tubuh. Keringat yang keluar dari dalam tubuh ini sangat bermanfaat, terutama bagi kamu yang sedang terserang flu atau demam.

Selain bermanfaat untuk orang yang sedang flu atau demam, berkeringat juga baik untuk kesehatan kulit. Karena dengan berkeringat, kulit akan terlindung dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

Para ahli meneliti sejenis protein yang disebut dermicidin, diproduksi pada kelenjar keringat dan berfungsi melindungi tubuh dari bakteri seperti E. coli, staphylococcus aureus, serta jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

Menghangatkan Tubuh

Lemon and Ginger Benefits

Source: Angele J on Pexels

Ketika sedang berada di tempat yang memiliki cuaca dingin, untuk menjaga tubuh agar tetap hangat, jahe bisa digunakan sebagai salah satu pilihan. Kamu bisa membuat campuran air hangat dengan dua sendok makan parutan jahe segar, perasan satu lemon, dan setengah sendok makan madu. Atau, tambahkan satu sendok teh parutan jahe segar ke dalam sup ayam.

Agar Mendapatkan Manfaat Jahe

Untuk mendapatkan manfaat yang besar dari jahe, sebaiknya gunakanlah jahe segar, sebab jahe segar pastinya memiliki kandungan manfaat yang lebih lengkap dibandingkan jahe bubuk.

Manfaat dari jahe segar ini bisa didapatkan dengan cara mencampurkan jahe ke dalam masakan sebagai bumbu atau campuran pada minuman hangat. Untuk yang memilih untuk menggunakan jahe bubuk, pastikan jahe tersebut murni, karena ada jahe bubuk yang sudah dicampur dengan gula. Selain itu, simpan jahe bubuk di tempat tertutup agar lebih awet dan tidak hilang aroma dan khasiatnya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

Legend

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format