February 22, 2018

Penyebab Perut Buncit

Perut memang mudah sekali untuk melar. Hal ini dikarenakan perut merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki elastisitas tinggi dan paling mudah berlemak. Nyatanya, perut buncit tidak selalu dialami oleh orang yang obesitas atau berat badan berlebih, orang-orang yang berat badannya proporsional atau kurus pun dapat mengalami yang namanya perut buncit.

Penyebab perut buncit sangat banyak. Penyebab-penyebab tersebut terkadang kita lakukan secara sadar ataupun seringkali kita lakukan tanpa kita sadari. Menjaga bentuk tubuh yang ideal tentu bukan perkara yang mudah. Menjaga pola hidup yang sehat dan teratur membutuhkan dedikasi yang tinggi. Berikut adalah penyebab umum perut buncit :

STRES

Stres menjadi pemicu sulitnya menghilangkan lemak di perut Anda. Menurut penelitian dari University of Medical Center, pria yang mengalami stres memiliki lebih banyak ekstra lemak di bagian perutnya. Hal ini karena stres menyebabkan penurunan aktivitas fisik dan kebiasaan makan yang buruk.

Stres juga dapat menyebabkan tubuh Anda untuk memproduksi kortisol yaitu hormon stres yang dapat menurunkan otot dan membuat lemak menumpuk di bagian perut.

KURANG BEROLAHRAGA

Olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh, dengan rutin berolahraga Anda akan menjadi sehat dan kuat. Olahraga yang teratur akan membuat lemak yang berlebih pada tubuh Anda terbakar sehingga perut akan menjadi rata dan menarik.

Namun sebaliknya jika Anda jarang berolahraga akan membuat tubuh Anda menjadi tidak sehat, perut membuncit, dan Anda akan mudah sekali terserang penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

MAKAN TERBURU-BURU

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di US National Library of Medicine National Institutes of Health, seseorang yang makan dengan terburu-buru akan cenderung memiliki berat badan di atas normal atau mengalami obesitas.

Hal ini disebabkan karena tubuh membutuhkan waktu untuk memberitahu otak bahwa makanan yang dikonsumsi sudah cukup. Saat makan dengan cepat, kamu akan mengonsumsi lebih banyak makanan dari yang dibutuhkan oleh tubuh sebelum perut merasa kenyang.

KURANG TIDUR


Tidak hanya stres, ternyata kurangnya jam tidur juga dapat menyebabkan berat badan naik dan berkontribusi pada lemak perut Anda. Ketika tubuh Anda kurang tidur, proses pembakaran lemak dalam tubuh Anda juga akan berkurang.

Kurang tidur juga menyebabkan metabolisme menurun. Menurut penelitian yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition, orang cenderung ngemil camilan saat malam karena kurang tidur. Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan kita makan dalam porsi yang lebih besar.

MENGKONSUMSI ALKOHOL


Mengonsumsi alkohol berlebihan merupakan salah satu pemicu perut buncit. Minuman beralkohol tidak hanya sekadar untuk mabuk-mabukkan saja, tapi juga menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lainnya selain perut buncit.

Alkohol mengandung gula dan kalori yang sangat banyak atau berlebihan bagi kebutuhan tubuh. Kelebihan gula dan kalori sama sekali tidak ada manfaatnya bagi tubuh. Selain itu dapat juga membuka celah bagi banyak penyakit untuk masuk ke dalam tubuh.

Apabila Anda sudah terlanjur menjadi pecandu alkohol, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan ini sebelum kesehatan Anda terganggu.

SERING MENGKONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN MANIS


Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ia mengonsumsi gula berlebih setiap harinya. Kue dan permen merupakan jenis makanan yang mengandung gula tinggi. Selain itu, minuman seperti soda, teh manis, kopi, ataupun minuman dengan berbagai macam rasa banyak mengandung gula dan pemanis buatan.

Sebuah penelitian telah menunjukkan pengaruh antara asupan gula tinggi dengan lemak perut yang berlebihan disebabkan, karena kandungan fruktosa tinggi gula yang ditambahkan pada makanan atau minuman.

WAKTU MAKAN YANG TIDAK TERATUR


Kebiasaan buruk berikutnya yang juga dapat menjadi penyebab perut buncit adalah penerapan pola makan yang tidak teratur. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 11 orang, para peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki waktu makan tidak teratur akan lebih sering merasa lapar dan makan lebih banyak di jam-jam berikutnya.

ADANYA BAKTERI DI USUS


Ratusan jenis bakteri hidup dalam usus Anda, terutama di usus besar. Beberapa bakteri ada yang bermanfaat bagi kesehatan, ada juga yang merugikan. Memelihara kesehatan usus sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat sehingga mampu terhindar dari penyakit.

Para peneliti telah menemukan bahwa orang gemuk cenderung memiliki jumlah bakteri Firmicutes di usus lebih banyak dari pada orang dengan berat badan normal. Penelitian juga menunjukkan bahwa jenis bakteri tersebut dapat meningkatkan jumlah kalori yang diserap dari makanan sehingga mampu menaikkan berat badan, termasuk lemak perut. Tidak menutup kemungkinan bakteri ini bersarang pada orang yang kurus juga.

FAKTOR MENOPAUSE


Penyebab perut buncit juga bisa dari faktor menopause. Pasalnya beberapa wanita mengalami kenaikan lemak perut saat berada pada fase menopause. Menopause biasanya terjadi satu tahun setelah seorang wanita memiliki periode menstruasi terakhirnya.

Pada waktu tersebut, kadar estrogen turun drastis, sehingga menyebabkan lemak disimpan di perut, bukan lagi pada pinggul dan paha. Satu studi menemukan jika wanita yang menopause dini cenderung mendapatkan lemak perut tambahan.

POSTUR TUBUH YANG BURUK (MEMBUNGKUK)


Faktor lain penyebab perut buncit adalah memiliki kebiasaan berdiri dan duduk yang buruk. Pasalnya, memiliki postur tubuh yang buruk akan membuat tubuh menjadi terlihat gemuk dan perut membuncit.

Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk yang tanpa kamu sadari dapat menjadi penyebab perut buncit. Jika ingin memiliki berat badan normal dan bentuk tubuh yang proporsional, mulailah menerapkan pola hidup sehat dan banyak berolahraga. Semoga bermanfaat.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...