Notifikasi Pesan WhatsApp Tidak Muncul? Begini Cara Mengatasinya


0
1 share

Belakangan ini WhatsApp menjadi aplikasi messaging pilihan yang digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia, bahkan di Play Store sendiri, catatan unduhan aplikasi milik Facebook ini sudah menyentuh angka lebih dari 1 miliar unduhan.

Saat ini pengguna Whatsapp memang lebih banyak dibandingkan aplikasi messenger seperti Blackberry Messenger, LINE dan sejenisnya.

Hal ini mungkin karena Whatsapp dirasa lebih simple dan lebih mudah untuk digunakan dibandingkan aplikasi-aplikasi messenger lainnya karena hanya membutuhkan nomor ponsel sebagai ID penggunanya.

Sehingga, menggunakan Whatsapp akan terasa seperti menggunakan layanan SMS biasa yang dari dulu memang sudah banyak digunakan oleh banyak orang.

Selain itu, pengguna Whatsapp juga bisa mengirim dan menerima pesan meskipun salah satu dari mereka tidak memiliki nomor kontak Whatsapp.

Untuk para pelaku bisnis online, ini tentu akan mempermudah dalam melakukan komunikasi dan transaksi dengan calon pembelinya.

Nah, bicara soal Whatsapp, terkadang ada beberapa masalah kecil yang sering dialami oleh pengguna Whatsapp, salah satunya adalah pemberitahuan atau notifikasi pesan masuk Whatsapp tidak muncul ketika ada chat yang masuk.

Kemudian ada juga yang tidak dapat menerima pesan masuk ketika pengguna sedang tidak membuka Whatsapp atau Whatsapp sedang berjalan di latar belakang.

Dari masalah tersebut, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut dalam menggunakan Whatsapp.

Pastikan Koneksi Internet Aktif

Whatsapp adalah layanan messaging yang mengandalkan internet sebagai media perantara untuk mengirim dan menerima pesan. Jika kamu mengalami masalah tidak bisa menerima notifikasi pesan Whatsapp, ada baiknya kamu mencoba untuk mengecek koneksi internet kamu aktif.

Pastikan juga kuota internet kamu cukup agar Whatsapp bisa berjalan dengan lancar dan normal untuk mengirim dan menerima pesan.

Jika kamu sedang menggunakan jaringan Wi-fi dan tidak bisa menggunakan Whatsapp, cobalah untuk beralih menggunakan jaringan seluler, begitu pula sebaliknya.

Hindari Pembatasan Data Latar Belakang Whatsapp

Beberapa smartphone memiliki fitur untuk membatasi data latar belakang yang digunakan oleh aplikasi-aplikasi yang terinstall di smartphone. Hal ini sebenarnya bertujuan agar penggunaan data pada smartphone lebih hemat dengan cara membatasi data yang digunakan oleh sebuah aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Jika kamu melakukan pembatasan data latar belakang pada Whatsapp, maka secara otomatis Whatsapp tidak bisa menerima pesan masuk saat kamu tidak membuka Whatsapp karena pembatasan tersebut.

Untuk mengatasinya, lakukan langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Setelan di telepon kamu > Aplikasi > WhatsApp > Penggunaan data.
  2. Pastikan bahwa data latar belakang tidak dibatasi.
  3. Ulangi langkah-langkah di atas untuk Layanan Google

Jika cara di atas tidak berhasil, coba lakukan langkah-langkah tambahan berikut ini:

  1. Boot ulang telepon (matikan kemudian nyalakan kembali).
  2. Setel ulang preferensi aplikasi dengan membuka aplikasi Setelan telepon kamu > Aplikasi > Tombol Menu > Setel ulang pref aplikasi.
  3. Hindari pengaktifan mode hemat daya, misalnya dengan membiarkan telepon kamu terhubung ke sumber daya.
  4. Keluar dari WhatsApp Web dengan membuka WhatsApp > Tombol Menu > WhatsApp Web > Keluar dari semua komputer.
  5. Biarkan Wi-Fi tetap aktif saat telepon berada dalam mode tidur dengan membuka aplikasi Setelan telepon kamu > Wi-Fi > Ikon setelan > Biarkan Wi-Fi nyala saat mode tidur > Selalu.
  6. Copot pemasangan semua aplikasi penonaktif tugas (task killers). Aplikasi-aplikasi ini akan mencegah WhatsApp untuk menerima pesan saat kamu tidak sedang membuka aplikasi.
  7. Buka aplikasi (Google) Hangouts dan keluar dari semua akun kamu (ketuk pada akun, gulir ke bawah dan pilih Keluar). Lalu buka kembali (Google) Hangouts dan masuk kembali ke akun-akun kamu lagi.

Untuk pengguna Android OS 4.1 – 4.4, bisa mencoba cara berikut:

  1. Pastikan bahwa sinkronisasi data otomatis dinyalakan di aplikasi Setelan telepon kamu > Penggunaan data > Tombol Menu > Sinkronisasi data otomatis.
  2. Pastikan bahwa pengoptimalan Wi-Fi dimatikan di aplikasi Setelan telepon kamu > Wi-Fi > Tombol Menu > Lanjutan > Pengoptimalan Wi-Fi.

Lalu untuk pengguna Android OS 6 ke atas,

  1. Pastikan bahwa kamu telah mematikan mode jangan ganggu atau telah mengizinkan notifikasi WhatsApp dalam mode prioritas di aplikasi Setelan telepon kamu > Suara > Jangan ganggu.
  2. Pastikan bahwa semua izin sudah diberikan pada WhatsApp di aplikasi Setelan telepon kamu > Aplikasi > WhatsApp > Izin.

Itulah beberapa langkah mudah untuk mengatasi masalah notifikasi atau pemberitahuan pesan Whatsapp yang tidak masuk jika tidak sedang membuka aplikasi Whatsapp, semoga bermanfaat.


Like it? Share with your friends!

0
1 share

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format