February 13, 2018

Menikmati Keindahan Alam Pantai Menganti di Kebumen, Jawa Tengah

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Salah satu pantai terindah di Jawa Tengah ada di Kebumen, tepatnya lokasi pantai tersebut berada di Desa Karangduwur, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. Namanya adalah Pantai Menganti, pantai ini juga kerap dijuluki sebagai "surga terindah di Jawa Tengah" karena memang pantai ini menyuguhkan pemandangan alam karya Sang Pencipta yang luar biasa.

Hamparan pasir putih di pantai ini benar-benar bersih dan indah, sebab pantai ini belum banyak dikenal orang sehingga keindahan alam pantai tersebut masih sangat terjaga.

Selain memiliki hamparan pasir putih yang indah, Pantai Menganti juga menyuguhkan panorama alam lain berupa panorama perbukitan dan juga tebing karst yang indah.

Karena dikelilingi oleh daerah perbukitan, untuk bisa sampai ke Pantai Menganti juga dibutuhkan sedikit perjuangan karena harus melewati area perukitan dengan jalan naik-turun dan berkelok, namun meskipun akses ke Pantai Menganti lumayan sulit, kamu tidak akan merasa lelah karena panorama alam sepanjang pemandangan juga tak kalah indah.

Pegunungan karst yang indah berbukit kerucut, dan laut yang sesekali terlihat saat di tengah perjalanan akan memanjakan mata selama perjalanan.

Setelah sampai di lokasi, rasa lelah selama perjalanan akan langsung terbayar dengan panorama pemandangan pantai dengan pasir putih sekaligus barisan bukit dan juga tebing pantai yang indah.

Pemandangan Indah Pantai Menganti
📷 : Instagram @hannaremaa

Dari atas bukit, kamu bisa langsung melihat pemandangan laut lepas yang indah dengan banyak batuan karang di bawahnya. Pantai Menganti juga mempunyai tebing pantai raksasa yang tinggi dan besar di bagian barat yang dikenal dengan sebutan Tebing Bidadari.

Di atas tebing-tebing di pantai Menganti juga terdapat banyak gubuk yang disewakan kepada pengunjung yang ingin beristirahat sembari menikmati keindahan laut dari atas tebing.

Gubuk Pantai Menganti
📷 : Instagram @yankotinuj

Pantai dengan hamparan pasir putih dan batu karang ini juga cocok untuk digunakan sebagai spot-spot foto keren dan kece.

Kisah dan Mitos Pantai Menganti


Konon, ada kisah dibalik nama pantai tersebut, Menganti. Pada zaman dulu konon ada seorang panglima perang dari Kerajaan Majapahit yang melarikan diri ke pantai selatan setelah mengetahui bahwa hubungannya dengan sang kekasih tak direstui oleh kedua orangtuanya.

Sepasang kekasih itu pun memutuskan untuk saling bertemu di tepi pantai berpasir putih tersebut. Sepanjang hari sang panglima perang menunggu di atas bukit kapur namun sang kekasih tak juga datang, karena itulah pantai tersebut kini disebut sebagai pantai "Menganti" atau "menanti".

Selain itu, ada juga mitos yang beredar di kalangan warga sekitar Pantai Menganti. Orang yang berkunjung tak diperkenankan menggunakan baju berwarna hijau gadung. Hal tersebut erat kaitannya dengan Nyi Roro Kidul yang umum dipercayai oleh warga pantai selatan.

Penginapan di Pantai Menganti


Jika kamu belum puas untuk mengeksplorasi pantai Menganti, kamu bisa bermalam di sana. Jangan khawatir, karena di sekitar Pantai Menganti juga terdapat sekali banyak penginapan murah dengan kisaran harga sewa sekitar Rp. 150.000 hingga Rp. 250.000 per malam.

Harga tersebut hanya perkiraan saja karena setiap penginapan pasti memiliki kebijakan harga masing-masing.

Biaya Tiket Masuk Pantai Menganti


Untuk biaya masuk di Pantai Menganti Kebumen ini adalah sebesar Rp. 10.000 per orang, di pintu masuk menuju Pantai Menganti. Dengan sekali bayar di pintu masuk wisatawan sudah bisa mendapatkan fasilitas parkir gratis dan asuransi.

Di Pantai Menganti juga terdapat banyak warung makan dengan menu-menu bervariasi mulai dari seafood, mendoan, dll. Jika kamu sedang mencari tempat liburan atau tempat hunting foto di sekitar Kebumen, Cilacap, dan Banyumas, pantai Menganti ini mungkin bisa menjadi salah satu tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...