February 26, 2018

Masih Mengalami Masalah Rambut Kering Dan Rapuh? Ternyata Ini Penyebabnya

Memiliki rambut kering dan rapuh cukup mempengaruhi penampilan seorang wanita. Sekalipun, rambutnya tertutup hijab juga tetap mengganggu bila memiliki masalah tersebut.

Maka tidak heran, jika banyak wanita yang rela melakukan apa pun untuk mengembalikan kesehatan rambut. Kondisi rambut yang kering rapuh tidak hanya terlihat buruk, tetapi juga menjadi sulit untuk ditata.

Tidak peduli apakah Anda memiliki rambut lurus, keriting, atau bergelombang sekalipun, tetapi jika tekstur helai rambut Anda kering dan rapuh, tentunya hal ini akan membuat Anda tidak percaya diri.

Dan berikut Adalah beberapa alasan penyebab Anda memiliki masalah rambut kering dan rapuh, sehingga Anda dapat melakukan pencegahan :

Masalah Kesehatan


Kondisi rambut Anda dapat menjadi sebuah pertanda yang harus di waspadai, bila Anda memiliki kondisi Kesehatan tertentu. Para ahli menemukan orang yang menderita kelainan makan, seperti hipotiroidisme cenderung memiliki rambut kering dan rapuh.

Mandi Dengan Air Panas


Mandi dengan air panas dapat menurunkan produk minyak alami rambut serta membuat kulit dan pori-pori kepala menjadi kering, yang akhirnya berujung pada kerusakan akar rambut. Rusaknya akar rambut akan membuat rambut menjadi kering dan rapuh, sehingga rambut jadi lebih mudah patah dan rontok. Oleh karena itu, usahakan jangan terlalu sering mandi dan keramas dengan menggunakan air panas. Jika terpaksa harus mandi dengan air panas, cukup guyur air panas pada bagian badan saja, sementara untuk kepala, gunakan air biasa.


Mengikat Rambut Terlalu Kencang


Menguncir rambut dengan kencang akan memberikan tekanan berlebih pada folikel rambut, yang tentunya tidak baik bagi kesehatan folikel rambut. Bahkan tekanan berlebih pada folikel bisa menimbulkan luka yang bisa menimbulkan kerusakan secara permanen dan membuat rambut tidak akan tumbuh lagi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengikat rambut terlalu sering dan kencang, terutama saat tidur.

Mengikat rambut saat rambut masih dalam keadaan basah juga tidak disarankan, karena akan memicu tumbuhnya jamur yang bisa menimbulkan infeksi pada kulit kepala.

Sering Menggunakan Alat Penata Rambut


Sering menggunakan hair dryer, catokan dan pengeriting rambut? Wajar saja jika rambut kamu selalu rontok. Hal ini karena panas yang dihasilkan oleh alat-alat penata rambut tersebut dapat merusak protein pada rambut sehingga membuat kutikula rambut menjadi tidak terlindungi. Kerusakan kutikula ini pada akhirnya akan mengurangi kelembaban pada kulit kepala dan rambut,yang kemudian membuat rambut lebih rentan mengalami kerontokan.

Sebaiknya kurangi penggunaan alat-alat penata rambut yang menghasilkan panas. Cukup gunakan 2 atau 3 kali dalam seminggu, dan usahakan dengan suhu yang paling rendah. Dan jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan vitamin rambut untuk melindungi rambut kamu dari kekeringan akibat suhu yang panas.

Gonta Ganti Shampo


Gonta ganti memakai shampo hanya akan membuat rambut sulit untuk beradaptasi dengan kandungan kimia yang ada pada sampo. Selain itu, akan menimbulkan penumpukan sisa shampo yang tertinggal di kulit kepala yang akan berubah menjadi ketombe. Pilihlah shampo yang terbuat dari bahan alami yang sesuai dengan kondisi dan jenis rambut.

Salah Mengeringkan Rambut


Saat dalam keadaan basah, kutikula rambut akan membesar sehingga lebih memperbesar kemungkinan rambut patah dan rontok. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat mengeringkan dan menyisir rambut. Sebaiknya hindari mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya terlalu kencang menggunakan handuk.

Hal tersebut akan menimbulkan gesekan pada rambut dan handuk yang bisa merusak kutikula rambut. Cukup mengeringkan rambut dengan menepuk-nepuk rambut dengan lembut, lalu membungkusnya menggunakan handuk.

Penggunakan Produk Kimia


Penggunaan produk perawatan rambut berbahan kimia jelas efek buruk pada kesehatan dan kondisi rambut. Sering menggunakan produk berbahan kimia bisa menyebabkan rambut kering, rapuh, hingga rontok serius.

Menggaruk Kepala


Rasa gatal yang muncul pada kulit kepala terkadang membuat tangan kita tidak sabar untuk menggaruknya. Namun kebiasaan tersebut justru bisa menjadi penyebab kerontokan rambut. Menggaruk kepala akan menimbulkan kerusakan pada kutikula yang akhirnya juga memicu terjadinya kerontokan rambut.

Jika kulit kepala terasa gatal, lebih baik kamu mencari penyebab dari rasa gatal tersebut agar kamu bisa menanganinya dengan cara yang tepat. Bila rasa gatal tersebut disebabkan oleh ketombe, keramaslah dengan shampo yang mengandung zinc, selenium, tea tree oil dan bahan lain yang bisa menghilangkan jamur penyebab ketombe.

Jarang Atau Terlalu Sering Keramas


Jarang keramas akan membuat jamur tumbuh subur di kulit kepala, yang membuat rambut lebih mudah rontok. Selain itu, jamur yang menumpuk pada kulit kepala juga dapat menyumbat folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut pun terhambat.

Terlalu sering keramas pun juga tidak baik untuk kesehatan rambut karena dapat menurunkan produksi minyak alami pada rambut. Akhirnya rambut pun akan menjadi kering dan lebih mudah rontok. Oleh karena itu, cukup keramas 1 kali sehari saja, tidak perlu keramas setiap kamu mandi.

Nah, sekarang sudah tau kan? Apa saja penyebab Anda mengalami masalah rambut kering dan Rapuh, karena itu, mulailah untuk berhenti untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas yah, Semoga bermanfaat.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...