Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

1 min


0

Pepaya merupakan buah dan tanaman yang serbaguna dan buahnya bisa di konsumsi baik saat mentah maupun matang, dan yang menarik dari tanaman yang satu ini adalah bukan hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi, tetapi daun dan akarnya pun bisa Anda konsumsi.

Selama ini pepaya, baik buah, akar maupun daunnya mungkin hanya dimanfaatkan sebagai bahan makanan, padahal pepaya juga memiliki banyak manfaat sebagai obat untuk menangkal beberapa penyakit.

Nah berikut manfaat lain dari daun pepaya yang dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit. Diantaranya :

SEBAGAI OBAT PENYAKIT MAAG

Kesibukan yang padat dan pola makan yang tidak teratur, membuat kita rentan terserang maag, perbanyaklah konsumsi daun pepaya. Daun yang rasanya pahit ini menurut sebuah studi yang di muat West Indian Medical Journal edisi 2008, dapat mengurangi keparahan ulkus (tukak lambung) dan memiliki antioksidan. Ekstrak daun pepaya juga dapat menurunkan lipid yang teroksiasi serta meningkatkan anantioksidan didalam sel darah merah.

MENCEGAH KANKER

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kandungan daun pepaya memiliki kandungan anti kanker. Adapun beberapa jenis kanker yang dapat diobati dengan mengkonsumsi daun pepaya secara rutin adalah kanker serviks, kanker prostat, kanker payudara, kanker hati, dan kanker pangkreas.

Daun pepaya juga direkomendasikan dalam proses kemoterapi kanker yang dinilai aman, dikarenakan tidak merusak sel sehat yang berada disekitar tempat berkembangnya sel kanker.

MELANCARKAN PENCERNAAN

Enzim papain yang terdapat dalam daun pepaya dapat membantu melancarkan pencernaan serta mengobati gangguan pencernaan. Tidak hanya itu, teh daun pepaya juga dapat mengurangi sakit perut yang menimbulkan ketidaknyamanan dan juga dapat digunakan sebagai penambah nafsu makan.

MEMBANTU MENGONTROL TEKANAN DARAH

Cara mengontrol darah atau hipertensi dengan daun pepaya adalah dengan cara meminum air rebusan daun pepaya secara rutin. Cara membuat ramuannya cukup mudah, cukup ambil 5 helai daun pepaya dan rebus dengan air bersih sebanyak setengah liter air.

Ramuan ini dapat diminum dengan mencampurkan sedikit gula atau madu untuk membantu menetralisir rasa pahit yang terkandung dalam rebusan air daun pepaya tersebut.

MENGURANGI NYERI HAID

Para wanita sejak dahulu memanfaatkan daun pepaya untuk permasalahan ini. Ramuan daun pepaya sangat efektif untuk mengurangi nyeri haid. Caranya campurkan satu lembar daun pepaya mentah, asam jawa, dan garam, kemudian rebus hingga matang.

Nah itu dia manfaat daun pepaya, jadi jangan takut untuk mengkonsumsi daun pepaya yaa..


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Anisa Eka Rahmawati
Dududududududu :D

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format