fbpx

Luka Sayatan Kertas Terasa Lebih Perih Dari Sayatan Pisau? Ini Sebabnya


0
2 shares

Pernahkah jari Anda tergores tepian kertas hingga terluka? Tergores tepian kertas adalah hal kecil, tapi tak bisa dipungkiri kalau rasa sakit yang ditimbulkannya kerap terasa menyebalkan karena berdenyut sepanjang hari.

Jika dipikir-pikir, rasanya hampir sulit dipercaya bahwa secarik kertas tipis bisa menimbulkan penderitaan yang amat dahsyat bagi tubuh manusia, tapi benar saja, dari semua hal kecil nan menyakitkan yang pernah dialami tubuh, sayatan akibat tergores tepian kertas merupakan salah satu yang terburuk.

Yuk cari tahu alasannya kenapa tergores tepian kertas rasanya sakit?

Sebuah penelitian ilmiah menyatakan bahwa penyebabnya karena saraf yang kita miliki. Hayley Goldbach dari University of California, Los Angeles sebagai ahli dermatologi mengatakan bahwa manusia memiliki kecenderungan sering menggunakan ujung jari untuk melakukan hal-hal kecil. Jadi tidak heran kalau ujung jari punya banyak ujung saraf sebagai bentuk mekanisme alamiah. Rasa sakit yang terjadi pada kaki atau punggung tidak seperih yang terjadi pada ujung jari.

Hal ini dikarenakan distribusi ujung saraf di bagian-bagian kaki ataupun punggung jauh kurang padat sehingga tidak mampu mengirim sinyal rasa sakit yang sama banyaknya dengan ujung jari ke otak. Selain itu ada elemen psikologis yang berkaitan dengan perihnya luka akibat tersayat oleh kertas. Sakitnya luka karena tersayat oleh kertas juga bisa dijelaskan secara psikologis. Seperti yang dilansir Instant Egghand dari Scientific American, luka yang teramat pedih dikarenakan sayatan kertas juga disebabkan oleh pikiran kita sendiri.

Lalu Mengapa Luka Sayatan Tepian Kertas Lebih Terasa Sakit Daripada Luka Terkena Sayatan Pisau?

Ketika pisau memotong kulit Anda, luka tusuknya akan meninggalkan luka yang relatif bersih, terang-terangan, dibandingkan dengan irisan kertas, yang akan melentur sedikit dan melakukan kerusakan yang lebih mikroskopik pada kulit.

Tepian kertas terlihat lurus dan halus seperti pisau cukur, tapi jika Anda perbesar, akan terlihat lebih mirip seperti mata gergaji. Ketika Anda teriris kertas, tepian kertas sebenarnya membelah, merobek, dan mencabik menembus kulit Anda, seperti gergaji.

Ditambah lagi, irisan kertas menembus cukup dalam untuk bisa membelah lapisan kulit teratas dan mencapai reseptor rasa sakit, tapi tetap cukup dangkal sehingga tidak menghasilkan banyak perdarahan.

Artinya, darah tidak segera menggumpal dan mulai penyembuhan luka. Selain itu, terluka tergores tepian kertas tidak membuat Anda menjadi “lumpuh” maupun tidak mampu untuk melanjutkan aktivitas apapun setelahnya.

 Luka terbuka tertarik dan menegang setiap kali kita menggunakan tangan kita untuk beraktivitas. Ujung saraf  Anda tetap rentan terpapar bahaya, sehingga mereka akan terus mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak — menunda penyembuhan dan memperpanjang rasa sakitnya sampai kulit benar-benar diperbaiki.

Kertas meninggalkan residu partikel kimia di lokasi irisannya, yang semakin mengiritasi luka. Walaupun begitu, keberadaan bakteri dan kuman-kuman mikroskopis lainnya dalam kertas tidak bisa menjelaskan sensasi nyeri, setidaknya tidak pada saat irisan terjadi.

Bakteri dapat menyebabkan infeksi jika luka tidak diobati, itu sendiri bisa menyakitkan, tapi akan butuh lebih sedikit waktu untuk efek infeksinya bisa mulai berkembang. Itulah sebabnya mengapa penting untuk segera membalut luka akibat teriris kertas dan melindunginya dari elemen luar.

Jika tidak, Anda akan menderita perih yang lebih lama lagi. Tapi, satu tips yang paling penting? Selalu ekstra hati-hati berada di sekitar alat tulis. Semoga bermanfaat.


Like it? Share with your friends!

0
2 shares

What's Your Reaction?

senang senang
0
senang
terhibur terhibur
0
terhibur
terinspirasi terinspirasi
0
terinspirasi
bangga bangga
0
bangga
takut takut
0
takut
terkejut terkejut
0
terkejut
sedih sedih
0
sedih
ngakak ngakak
0
ngakak
marah marah
0
marah

Elder

Pecinta tempe penyet dan klepon. :)

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format