February 3, 2018

Legenda Hantu Kuchisake Onna

Hai, bicara tentang hantu nih, tentunya kalian pasti sudah tidak asing lagi kan? dengan hantu-hantu yang ada di Indonesia, seperti kuntilanak, pocong, tuyul dan yang lainnya.

Tapi kali ini saya akan membahas tentang satu hantu yang legendaris dari Jepang, yaitu Hantu Kuchisake Onna.

Bagi kalian yang pernah mengetahui atau pernah menonton film Kuchisake-Onna pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama hantu ini bukan? yuk, langsung simak saja apa itu Hantu Kuchisake Onna.

Kuchisake Onna adalah sejenis siluman dalam mitologi dan legenda urban jepang. Dalam bahsasa Indonesia, Kuchisake Onna artinya "Wanita Bermulut Sobek".

Hantu ini sangat populer di Jepang pada era 1970-an, Kuchisake Onna digambarkan sebagai wanita bermulut sobek dengan senjata berupa gunting yang sangat besar, yang menutupi mulutnya menggunakan masker operasi dan sering berkeliaran di jalan-jalan yang sepi, dan ia akan bertanya Wata shi ki rei? yang artinya "apakah aku terlihat cantik?"

Jika orang  itu menjawab YA, maka Kuchisake Onna akan membuka masker yang ia kenakan dan kembali mengajukan sebuah pertanyaan Kore Demo? yang artinya "Bahkan seperti ini?". Dan jika orang itu menjawab TIDAK atau ketakutan melihat wajah seramnya, maka ia akan segera merobek mulut orang itu dari bagian telinga kiri sampai telinga kanan agar menyerupai dirinya menggunakan gunting panjangnya.

Namun kebanyakan korban dari Kuchisake Onna ini umumnya adalah anak-anak dan remaja, bahkan pada masa itu beberapa sekolah menyarankan agar murid-muridnya pulang secara berkelompok atau ditemani guru agar selamat.


Legenda Munculnya Kuchisake Onna

Dalam versi legenda urban, Kuchisake Onna ini adalah seorang wanita korban operasi yang gagal. Konon dokter yang mengoperasi wajahnya itu, memakai pomade (jenis minyak rambut) dengan bau yang sangat menusuk.

Dan ketika sedang di operasi, wanita itu tidak bisa tenang karena bau yang sangat menyengat itu, sehingga dokter secara tidak sengaja memotong mulutnya hingga robek, sehingga membuat dirinya histeris dan marah lalu ia membunuh dokter itu.

Dan karena itulah, wanita itu dibunuh oleh para penduduk kota sehingga arwahnya menjadi penasaran.

Dan masih banyak versi lain tentang munculnya Kuchisake Onna, seperti misalnya :

  • Korban kecelakaan lalu lintas yang wajahnya rusak.
  • Seorang wanita yang mengalami gangguan jiwa yang merobek mulutnya menggunakan senjata tajam.
  • Seorang wanita korban pemerkosaan yang mulutnya dirobek oleh pemerkosanya atau dia sendiri yang melakukannya karena menjadi gila karena pemerkosaan itu.
  • Seorang wanita yang leluhurnya memperoleh uang haram dengan menyembah siluman anjing, sehingga anak cucunya dikutuk bermulut sobek dan bila mati akan menjadi siluman. 

Cara Menghadapi Kuchisake Onna


Legenda yang populer pada 1970-an mengatakan bahwa untuk selamat dari Kuchisake Onna ini adalah dengan menajawab "Lumayan" sehingga Kuchisake Onna ini akan berfikir terlebih dahulu, dan pada saat itulah kesempatan korban bisa kabur. Versi lain mengatakan bahwa korban juga harus berbalik tanya kepada Kuchisake Onna "Apakah saya juga cantik?" sehingga Kuchisake Onna akan bingung dan memilih untuk pergi.

Dan cara lainnya untuk menghadapi Kuchisake Onna ini, dengan cara menawarkan permen keras berwarna kuning tua, karena ia menyukainya namun tidak bisa menikmatinya sehingga mengingatkan kembali penderitaannya. Selain itu, bisa juga dengan cara mengucapkan kata "Pomade" sebanyak tiga kali, ada yang menyebutnya enam kali.

Ucapan itu akan membuatnya kabur karena mengingatkannya kembali pada ahli bedah yang merusak wajahnya. atau korban juga bisa menggunakan pomade agar terhindar dari Kuchisake Onna.

Nah, itulah sedikit pembahasan tentang Hantu legendaris asal jepang, Kuchisake Onna. Jika kalian tiba-tiba bertemu dengan Kuchisake Onna ini, apa yang bakalan kalian lakukan?

Loading...

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...