February 23, 2018

Faktor Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Sakit kepala bisa terjadi kapan saja tapi, apakah Anda pernah mengalami sakit kepala saat bangun tidur? dan tidak jarang rasa sakit itu mengganggu Anda, sehingga membuat Anda malas untuk bangkit dari tempat tidur.

Sebagian dari Anda mungkin merasa bingung mengapa mengalami sakit kepala saat bangun, padahal ketika Anda bergegas tidur tidak memiliki tanda-tanda akan mengalami sakit kepala.

Pada umumnya, sakit kepala saat bangun pagi disebabkan oleh dehidrasi setelah 7-8 terlelap tanpa asupan air.

Sakit kepala setelah bangun tidur juga bisa terjadi akibat anjloknya tekanan darah sementara karena Anda mengubah posisi dari rebahan ke posisi duduk atau malah bangkit berdiri dengan cepat dan mendadak. Namun, sakit kepala di pagi hari juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, sebagai berikut :

KURANG TIDUR


Kurang tidur akan meningkatkan hormon stres (kortisol dan adrenalin) yang dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Kurang tidur juga meningkatkan jumlah hormon tiroid dalam tubuh, sehingga menyebabkan peningkatan tekanan darah dan gangguan aliran darah yang keluar dari jantung. Hal ini menyebabkan otot jantung bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Pada akhirnya, semua respon berantai ini bisa menyebabkan sakit kepala di pagi hari.

DEHIDRASI


Kekurangan cairan pada tubuh bukan hanya bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah, namun juga bisa menyebabkan rasa sakit pada kepala saat Anda bangun tidur. Sebab otot-otot yang berada dalam tubuh kita membutuhkan cairan yang cukup untuk menjalankan segala fungsinya.

SLEEP APNEA


Pernah dengar sleep apnea? Kondisi ini muncul karena adanya gangguan pernapasan yang terjadi saat tidur dan otak memberikan tanda bahwa adanya suplai udara yang masih kurang di paru-paru.

Kondisi ini membuat Anda akan terbangun pada waktu tertentu dan kemudian bernapas secara normal kembali. Pada kondisi tersebut, maka Anda akan mengalami sakit kepala saat bangun tidur.

MIGRAIN


Migrain adalah sakit kepala yang biasanya dimulai pada satu sisi kepala, tetapi dapat menjalar memengaruhi kedua belah sisi, penyebab migrain belum diketahui pasti, tapi dicurigai fungsi otak yang tidak wajar jadi memengaruhi sinyal saraf, zat kimia, dan pembuluh darah di otak.

Rasa sakit migrain sering digambarkan sebagai nyeri berdenyut parah yang bisa bertambah buruk ketika terpapar cahaya terang, misalnya lampu kamar atau sinar matahari pagi. Perubahan cuaca yang ekstrim dari dingin ke panas, atau sebaliknya, juga dapat memicu gejala migrain kambuh migrain juga bisa dipicu oleh kondisi lain, seperti hidung yang tersumbat karena pilek atau flu.

VERTIGO


Salah satu penyebab kepala sering terasa pusing saat bangun tidur yaitu akibat gangguan vertigo. Seperti yang kita ketahui bahwa vertigo merupakan salah satu jenis sakit kepala yang menyebabkan penderitanya merasa seperti berputar-putar. Apabila tidak segera diatasi maka bisa menimbulkan gejala yang menyakitkan

BANGUN TIDUR SECARA TIBA-TIBA


Bangun dengan tergesa-gesa dan secara tiba-tiba menjadi penyebab selanjutnya, ketika Anda mengalami gangguan tidur dan bangun secara tiba-tiba maka akan menyebabkan dada terasa berdebar. Bahkan kejadian ini akan mempengaruhi mood.

Bangun secara tiba-tiba bisa disebabkan oleh dering ponsel atau pun suara lainnya. Maka dari itu, sebaiknya Anda menciptakan suasana ruangan yang nyaman dan matikan ponsel supaya tidak mengganggu waktu tidur Anda.

EFEK SAMPING OBAT


Penggunaan obat bisa menyebabkan pusing setelah bangun tidur. Terlebih lagi jika obat tersebut Anda gunakan dalam jangka panjang, maka dari itu sebelum memutuskan mengkonsumsi obat tertentu sebaiknya Anda mengetahui efek sampingnya.

MENGGUNAKAN IKAT RAMBUT


Bagi Anda kaum wanita yang sering mengikat rambut sebaiknya meninggalkan kebiasaan tersebut karena bisa menyebabkan kepala pusing saat bangun tidur. Bahkan bagi pria yang suka menggunakan gel rambut akan mengalami kondisi ini jika menggunakannya sebelum tidur.

Nah, demikian beberapa faktor penyebab kepala pusing setelah bangun tidur. Tidur yang berkualitas akan membuat tubuh Anda senantiasa sehat dan bugar. Oleh karena itu ciptakan suasana tidur yang menyenangkan sehingga tidak ada gangguan selama tidur dan setelah terbangun. Semoga bermanfaat.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...