Dampak Buruk Makan Terlalu Kenyang

2 min


0

Makanan yang kita konsumsi setiap hari merupakan sumber penting untuk energi tubuh kita, dan makan juga merupakan pemenuh kebutuhan kita tanpa makan kita di pastikan tidak akan bisa hidup.

Namun ternyata makan juga bisa menjadi racun bagi tubuh kita, jika makanan yang kita konsumsi tidak sehat dan mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

Banyak diantara kita yang makan tetapi bukan lagi untuk menjaga kelangsungan hidup, tapi lebih karena menuruti hawa nafsu.

Kita melupakan batasan – batasan dan etika makan yang baik sehingga tak jarang makanan yang kita konsumsi bukan lagi berakibat baik untuk tubuh kita tetapi justru menjadi sumber petaka dan bencana bagi diri sendiri.

Berlebihan dalam mengkonsumsi makanan akan menimbulkan banyak dampak buruk, berikut di bawah ini:

KEGEMUKAN

Kegemukan yang dialami oleh orang dewasa dan anak-anak umumnya terjadi karena yang bersangkutan tidak mampu mengontrol nafsu makannya. Makanan yang mereka konsumsi sudah melebihi batas cukup.

Hingga akhirnya zat-zat yang terkandung di dalam makanan tidak mampu dimanfaatkan secara maksimal oleh tubuh dan malah akan menumpuk pada tubuh sehingga menjadi lemak.

MENGHAMBAT PERTUMBUHAN DAN PSIKOLOGIS DAN KECERDASAN

Mengkonsumsi makanan yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan otak. Seperti mengkonsumsi makanan yang digoreng secara berlebihan, maka hal ini bisa sangat merugikan kesehatan otak Anda.

Dimana makanan dengan kandungan minyak dan lemak nantinya bisa menumpuk di dalam pembuluh darah, dan efeknya bisa mengakibatkan terjadinya penghambatan pada asupan darah ke otak, hal ini dapat menyebabkan terjadinya penurunan fungsi otak.

Selain itu, mengkonsumsi asupan gula (baik dari makanan maupun minuman) bisa memberikan efek yang merugikan bagi tubuh yaitu menurunnya fungsi otak dan juga daya ingat, demikian juga makanan dengan kandungan bahan pengawet, pewarna dan bahan kimia lainnya.

Jika mengkonumsinya dalam jumlah banyak bisa sangat berbahaya bagi kesehatan otak dan zat-zat seperti ini bisa menjadi penyebab utama merosotnya fungsi otak.

Secara umum, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat akan berdampak buruk bagi fungsi otak dan juga psikologi. Anda juga perlu menghindari jenis makanan lainnya yang tidak sehat seperti junk food, dan makanan dengan kandungan garam yang tinggi karena akan berbahaya bagi kesehatan otak.

Kandungan zat tidak sehat di dalamnya bisa menyebabkan perubahan kimia di otak, yang mengarah pada gangguan seperti kecemasan dan depresi.

MEMBUAT CEPAT MENGANTUK

Terlalu banyak makan membuat cepat mengantuk, Mengapa? Itu karena usus bekerja keras untuk mencerna kelebihan makanan dan darah dialihkan dari otak untuk membantu proses tersebut. Penurunan aluran darah tersebut membuat otak kesulitan untuk tetap terjaga.

Selain itu, makanan memengaruhi produksi melatonin, yaitu hormon yang membantu cepat tertidur. Makanan tinggi gula dan karbohidrat dapat meningkatkan gula darah sehingga tubuh mengeluarkan insulin berlebih yang memiliki efek menenangkan.

BAU MULUT

Meski tidak setiap orang mengalami bau mulut akibat kelebihan makanan, tapi nyatanya ada beberapa orang yang mengalami gangguan bau mulut tidak sedap akibat terlalu banyak makan. Dengan nafas yang tidak sedap tentu akan membuat kurangnya kepercayaan diri dalam mengajak orang berkomunikasi. Jika sudah demikian, percaya diri Anda tentu akan menurun seketika.

MEMICU RASA MUAL

Mengkonsumsi makanan secara berlebihan, terutama jiaka mengkonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak dapat memicu gangguan berupa rasa sakit di perut bagian atas, mual, kembung, mulas, bahkan bisa menyebabkan muntah. Selain itu juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung.

MEMICU ASAM URAT

Terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan juga bisa memicu terjadinya nyeri asam urat, mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin (baik dengan kadar tinggi maupun rendah) maka lama kelamaan zat purin itu akan menumpuk di dalam tubuh, yang akhirnya memunculkan sakit asam urat.

Penyakit asam urat tinggi ini sebenarnya tidak boleh diremehkan, karena dampaknya bisa memengaruhi fungsi organ ginjal, bahkan bisa meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

KENCING MANIS

Kencing manis terjadi ketika pankreas tidak mampu menghasilkan hormon insulin yang bertugas membawa gula dalam darah masuk ke dalam sel-sel tubuh menjadi energi. Hal ini disebabkan karena fungsi pankreas menurun akibat kadar gula yang melonjak karena pola makan yang tidak terkontrol.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Anisa Eka Rahmawati
Dududududududu :D

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format