fbpx

Cara Membuat Website Dengan Mudah Menggunakan WordPress


0
2 shares

Berkat semakin majunya teknologi pada saat ini, semua orang bisa melakukan apapun dengan mudah dan cepat. Salah satunya adalah kemudahan dalam membuat sebuah website dengan tampilan keren dan modern.

Ya, sekarang ini semua orang bisa membuat website dengan mudah dan cepat dalam hitungan menit bahkan tanpa harus mengerti coding sekalipun. Sebab saat ini sudah banyak tools baik gratis maupun berbayar yang mampu untuk melakukan semua itu hanya dengan beberapa klik saja, salah satunya adalah menggunakan Content Management System alias CMS.

Secara sederhana, CMS bisa dikatakan sebagai sebuah sistem yang memungkinkan seseorang untuk membuat, mengelola atau memperbaharui website secara mudah dan cepat tanpa harus mengerti bahasa pemrograman yang sulit.

Saat ini ada banyak sekali jenis CMS yang bisa digunakan untuk membuat sebuah website secara instan. Nah, salah satu Content Management System yang terkenal dan banyak digunakan orang adalah WordPress.

Mengenal Apa Itu WordPress

Wordpress adalah salah satu jenis Content Management System yang bersifat open source dan bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja yang ingin membuat website dengan mudah dan cepat.

Dengan WordPress, orang yang baru pertama kali belajar membuat website pun bisa membuat sebuah website dengan tampilan yang indah dan modern hanya dalam hitungan menit saja.

WordPress memang dirancang untuk memudahkan penggunanya dalam membuat dan mengelola website, selain itu WordPress juga memiliki segudang kelebihan lain yang membuatnya saat ini menjadi CMS paling populer di dunia dan WordPress dalam Bahasa Indonesia berada di posisi ketiga sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di WordPress.

Bahkan, 29% website yang ada di internet saat ini menggunakan WordPress sebagai CMS mulai dari blog, hingga website-website besar terkenal di dunia.

Keunggulan WordPress Sebagai CMS

Ada banyak sekali keunggulan yang dimiliki WordPress hingga membuatnya menjadi CMS paling populer di dunia dan digunakan oleh banyak jenis website di internet. Beberapa keunggulan WordPress antara lain:

1. Gratis dan Open Source

Kamu bisa mengunduh WordPress secara gratis melalui situs resminya di wordpress.org tanpa dipungut biaya sedikitpun.

Selain itu, WordPress juga bersifat open source, sehingga para pengguna tingkat lanjut bisa memodifikasi WordPress baik tampilan maupun fitur secara bebas sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

2. Banyak Pilihan Theme dan Plugin

Pengguna WordPress bisa mengubah tampilan website WordPress mereka sesuai keinginan karena WordPress menyediakan banyak sekali pilihan theme baik gratis maupun premium yang bisa digunakan oleh pengguna.

Selain itu, WordPress juga memiliki ratusan ribu plugin baik gratis maupun berbayar yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Sehingga pengguna yang tidak mengerti bahasa pemrograman sekalipun bisa merubah tampilan atau menambahkan fitur lain yang diinginkan pada website mereka dengan mudah.

3. Instalasi dan Pengoperasiannya Mudah

Membuat website dengan CMS WordPress bisa dilakukan siapa saja, bahkan oleh pemula sekalipun. Untuk menginstall WordPress kamu hanya perlu mengunduhnya di situs resmi WordPress dan mengikuti instruksi yang ada di dalam situs tersebut.

Apalagi, ada banyak sekali pengguna WordPress di dunia sehingga kamu bisa dengan mudah mencari tutorial install WordPress dengan mudah di internet.

Begitu juga dengan pengoperasiannya, WordPress memang dirancang untuk membuat pengguna mudah dalam membuat dan mengelola konten website mereka. Sehingga untuk mengoperasikan WordPress juga bisa dilakukan dengan mudah dan dapat dilakukan oleh para pemula sekalipun.

Selain keunggulan-keunggulan yang disebutkan diatas, masih banyak lagi keunggulan-keunggulan lain yang bisa kamu rasakan saat menggunakan WordPress.

Cara Membuat Website Menggunakan WordPress

Wordpress.com dan WordPress.org

Sebelum memulai untuk membuat sebuah website dengan WordPress, ada hal yang harus kamu ketahui bahwa WordPress itu memiliki dua versi yakni WordPress.com dan Worpdress.org.

Ada beberapa hal yang membedakan dari keduanya, WordPress.com adalah layanan untuk pembuatan blog gratis yang dimiliki oleh WordPress sama seperti Blogger atau Blogspot milik Google.

Jadi jika kamu membuat blog di WordPress.com, kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya hosting dan domain. Karena kamu akan mendapatkan sebuah alamat blog gratis dari WordPress seperti namablog.wordpress.com.

Nah, WordPress.org adalah layanan yang biasa digunakan untuk membuat website menggunakan CMS WordPress dengan memakai hosting dan domain yang kita miliki sendiri. Jadi, jika kamu ingin membuat website dengan WordPress.org, ada beberapa hal penting yang harus kamu persiapkan yaitu:

  • Hosting
  • Domain

Untuk hosting, jika kamu baru memulai atau baru belajar membuat website, sebaiknya sewa saja hosting yang murah di penyedia layanan hosting yang terpercaya di Indonesia. Jika semakin lama website kamu semakin berkembang, barulah kamu meng-upgrade kapasitas hosting kamu ke yang lebi besar lagi.

Untuk domain, silakan sewa domain di registrar andalan kamu. Harga domain sendiri bervariasi, untuk domain dot com di Indonesia harganya berkisar antara 120 ribu hingga 150 ribu rupiah.

Setelah melakukan sewa domain dan hosting, kamu bisa mencoba untuk memulai menginstall Worpdress. Ada 2 cara untuk menginstall WordPress.org dengan mudah, yaitu dengan menggunakan Softaculous yang ada di layanan hosting, atau bisa juga menggunakan FTP di CPanel.

Cara Instal WordPress Menggunakan Softaculous

1. Buka CPanel Hosting Kamu

Kamu bisa membuka CPanel dengan cara memasukkan namadomainkamu.com/cpanel, setelah itu masukkan username dan password CPanel yang diberikan penyedia layanan hosting kepada kamu saat membeli hosting. Biasanya tampilan CPanel setiap penyedia layanan hosting berbeda-beda.

2. Cari Softaculous

Scroll ke bawah, lalu temukan aplikasi Softaculous. Softaculous adalah sebuah software atau aplikasi untuk menginstall berbagai jenis platform website dengan mudah dan cepat.

Untuk menginstall WordPress melalui Softaculous biasanya tidak akan memakan waktu sampai 5 menit. Setelah ketemu aplikasi Softaculous di hosting kamu, lalu cari Worpdress dan klik. Tampilan Softaculous di hosting yang saya gunakan adalah seperti ini:

Softaculous

3. Isi Form yang Ada di Softaculous

Makintau WordPress

Selanjutnya, kamu tinggal mengisi form yang ada di Softaculous untuk menginstall WordPress kamu. Isi nama blog, username admin dan password, di mana WordPress kamu ingin diinstall, dan lain-lain. Setelah lengkap, scroll kebawah dan klik Install.

Pada kolom In Directory, silakan kosongkan saja jika kamu ingin menginstall Worpdress di domain utama kamu. Jika kamu ingin menginstall WordPress di namadomain.com/blog, isi In Directory dengan blog.

Setelah itu, tunggu hingga proses instalasi selesai. Setelah selesai, maka Website WordPress kamu sudah bisa diakses. Untuk masuk ke halaman admin, kamu bisa mengetikkan namadomain.com/wp-admin.

Sampai sini, kamu sudah berhasil membuat website dengan WordPress. Untuk instalasi menggunakan FTP di CPanel, mungkin akan dibuat tutorialnya lain waktu.


Like it? Share with your friends!

0
2 shares

What's Your Reaction?

senang senang
0
senang
terhibur terhibur
0
terhibur
terinspirasi terinspirasi
0
terinspirasi
bangga bangga
0
bangga
takut takut
0
takut
terkejut terkejut
0
terkejut
sedih sedih
0
sedih
ngakak ngakak
0
ngakak
marah marah
0
marah

Elder

Pecinta tempe penyet dan klepon. :)

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format