February 22, 2018

Cara Membasmi Semut Yang Ada Di Rumah

Meskipun semut merupakan binatang yang kecil, namun jika dalam jumlah yang banyak dan berkeliaran di rumah, ini seringkali terasa menjengkelkan. Apalagi jika mereka mulai menyerang makanan dan gula ini akan membuat kita semakin jengkel.

Biasanya jenis semut merah suka menyerang makanan berupa lauk, ikan, dan makanan lainnya. Sedangkan jenis semut hitam meyerang yang manis-manis seperti gula, minuman manis yang terbuka tutupnya, dan makanan manis lainnya.

Semut-semut ini dapat masuk kedalam setiap celah yang ada dirumah, semut sudah menjadi masalah untuk waktu yang sangat lama, sehingga orang-orang telah mencari banyak cara untuk menyingkirkan mereka.
Cara Membasmi Semut Yang Ada Di Rumah
© Pixels - Heather Smith

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk membasmi semut :

CUKA PUTIH DAN AIR


Semut tidak suka dengan cuka, dan Anda dapat membuat insektisida yang murah dan mudah dengan cuka dan air. Campurlah satu bagian cuka dan satu bagian air di dalam botol semprot. Semprotkan langsung pada semut untuk membunuhnya, kemudian bersihkan semut yang mati dengan selembar tisu lembap atau tisu basah, dan buanglah.

Anda juga dapat menggunakan cuka dan air sebagai penangkal semut, caranya semprotkan larutan itu ke sepanjang bingkai jendela, pintu dan tempat-tempat lain yang sering digunakan semut untuk masuk.

Beberapa orang telah membuktikan bahwa penggunaan larutan cuka ini untuk membersihkan lantai, jendela dan permukaan meja atau lemari membuat semut enggan untuk merayap di sana. Cuka putih memang ampuh sebagai pembersih rumah tangga, dan jangan khawatir, baunya akan hilang setelah ia mengering.

BUBUK KOPI


Anda cukup menyediakan bubuk kopi instan, lalu taburkan bubuk kopi tersebut ke tempat-tempat yang banyak semutnya. Anda juga bisa langsung menaburkan bubuk kopi langsung ke sarang semutnya.

Tapi perlu Anda ketahui bahwa bubuk kopi ini tidak akan membunuh semut, bubuk kopi ini hanya akan membuat semut-semut kabur dan enggan untuk datang lagi.

DAUN SIRIH


Daun sirih acap kali dijumpai sebagai bahan susur (yang dikunyah-kunyah) oleh orang tua jaman dulu, biasanya digunakan agar gigi awet. TApi ternyata daun tanaman yang satu ini juga mampu mengatasi masalah semut di rumah.

Anda hanya perlu menggunakan beberapa lembar daun sirih yang telah di remas-remas hingga mengeluarkan aroma. Aroma tersebut sangat dibenci oleh para semut sehingga mereka akan menjauhi area yang terdapat remasan daun sirih tersebut.

BAKING SODA


Mungkin anda sudah mengetahui bahwa setiap koloni semut memeiliki aroma berbeda dari koloni lainnya, nah setiap koloni akan menghindari aroma koloni lain yang menandakan itu adalah daerah kekuasaan mereka.

Baking soda akan memanipulasi aroma tersebut sehingga semut akan mengira bahwa area tersebut telah dikuasai oleh koloni lain, sehingga mereka akan mengindari tempat tersebut.

GARAM


Rasa garam yang asin akan sangat mengganggu semut sehingga mereka akan menghindarinya. Cara menggunakan garam untuk mengusir semut bisa dengan di campur dengan air hangat, lalu semprotkan ke sarang semut atau area yang banyak di kunjungi semut.

LARUTAN AIR LEMON


Sama halnya dengan cuka, larutan lemon juga dapat digunakan sebagai penangkal semut. Caranya juga sama yaitu dengan menyemprotkan ke bagian-bagian yang dianggap banyak dilalui semut.

Cairan asam sitrat yang terkandung pada larutan lemon akan mengusir semut, karena semut tidak suka dengan cairan tersebut.

SABUN DAN AIR


Larutkan sabun dengan air juga mampu untuk mengusir semut, Anda cukup memasukkan sabun dan air ke dalam botol spray. Untuk berjaga-jaga jika ada banyak semut di suatu ruangan kamu tinggal menyemprotkan cairan sabun ke semut-semut itu. Selain mereka akan pergi, semut juga tidak tahan dengan air sabun dan akan mati.

Demikianlah cara mudah membasmi semut yang ada dirumah Anda. Selamat mencoba, semoga semut yang mengganggu rumah Anda berhasil diusir.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...