07 February 2018

5 Penyebab yang Membuat Badan Kurus dan Susah Gemuk

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Setiap orang tentu menginginkan untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal, tidak terlalu gemuk, tapi tidak juga terlalu kurus. Namun tidak semua orang memiliki bentuk tubuh yang diharapkan, biasanya orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan yang sering dianggap memiliki bentuk tubuh tidak ideal.

Tapi, lalu bagaimana dengan orang-orang yang memiliki tubuh kurus? menurut studi ilmu kedokteran, orang yang kekurangan berat badan tak ada bedanya dengan orang yang kelebihan berat badan. Berat badan orang yang kurus juga dianggap tidak ideal, oleh sebab itu tentu banyak orang-orang yang memiliki masalah kekurangan berat badan ini ingin tahu bagaimana cara untuk menggemukkan badan.

Bahkan tak jarang dari mereka yang rela melakukan apapun demi menaikkan berat badan mereka agar bisa mencapai berat badan ideal, mulai dari makan makanan yang bergizi, hingga melakukan latihan-latihan yang bisa meningkatkan berat badan.

Tapi, sebelum mencari cara untuk menaikkan berat badan, ada baiknya untuk mencari tahu kenapa tubuh susah gemuk, bahkan untuk orang-orang yang doyan makan alias banyak makan.

Jadi, sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi berat badan seseorang. Hal-hal yang mempengaruhi berat badan seseorang itu bukan hanya soal seberapa banyak makanan yang dikonsumsi, tetapi ada banyak faktor lain yang dapat mempengaruhinya. Dan berikut ini adalah 5 penyebab yang membuat badan tetap kurus dan susah gemuk.

1. Stress


Berat Badan Turun Karena Stress

Salah satu biang keladi yang membuat badan kurus adalah stress. Ada banyak faktor penyebab stress, bisa karena masalah pekerjaan, masalah pribadi, atau hal lain.

Stress bisa mengurangi nafsu makan seseorang yang tentu saja jika nafsu makan tersebut berkurang maka kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh juga akan ikut berkurang.

Selain itu, stress juga bisa mengganggu waktu tidur seseorang yang menyebabkan seseorang menjadi kurang tidur. Padahal, istirahat yang cukup adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Kekurangan Nutrisi


Makan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Salah satu asupan penting yang dapat mempengaruhi berat badan adalah nutrisi. Untuk itu, sangatlah penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan nutrisi agar bisa memiliki berat badan yang ideal.

Nutrisi ini bisa didapatkan dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi seperti buah, daging dan sayur. Selain itu, susu juga bisa membantu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh kita.

3. Suka Meminum Minuman Beralkohol


Ilustrasi Minuman Beralkohol

Jika kamu suka meminum minuman beralkohol, maka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Selain dilarang di dalam agama, sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa alkohol itu memiliki kandungan zat yang tidak baik untuk dikonsumsi tubuh.

Mengkonsumsi alkohol justru akan membuat berat badan kamu berkurang, dan bersifat kontradiktif dalam cara menggemukkan badan. Selain itu, alkohol juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

4. Kurang Minum Air Mineral


Meminum Air Mineral

Hal lain yang tak kalah penting untuk menggemukkan tubuh adalah air. Air merupakan hal penting yang paling dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Jika kamu ingin menggemukkan badan, maka cobalah untuk memperbanyak minum air mineral. Air mineral membantu tingkat metabolisme dalam tubuh. Tingkat metabolisme yang meningkat berarti sistem pencernaan yang lebih baik.

5. Faktor Keturunan


Ilustrasi Keluarga

Selain empat penyebab di atas, salah satu penyebab lain mengapa badan susah gemuk adalah karena faktor keturunan alias faktor genetik. Namun jika kamu merupakan orang yang memiliki badan kurus karena keturunan, maka jangan pasrah dengan keadaan tersebut.

Sebab semuanya pasti bisa dirubah dengan sedikit kerja keras. Tetap berusahalah mengupayakan menambah massa otot dengan cara berolahraga sebagai salah satu cara menggemukkan badan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengimbangi olahraga tersebut dengan memakan makanan yang bergizi disertai dengan istirahat yang cukup agar bisa memiliki berat badan yang ideal dan program menggemukkan badan kamu sukses.

Silakan tulis komentar Anda...