February 15, 2018

5 Mahluk Penghuni Dasar Laut

Istilah mahluk dasar laut mengacu pada organisme yang memang hidupnya dibawah zona fotik laut. Mahluk yang hidup jauh di dasar samudera ini harus bertahan pada kondisi yang sangat keras, mulai dari tekanan 20 hingga 1000 bar, oksigen minim, makanan yang sangat sedikit, ketiadaan sinar matahari, hingga suhu yang sangat dingin. Kebanyakan mahluk ini bahkan bergantung pada makanan sisa yang tenggelam dari permukaan.

Berikut beberapa mahluk penghuni dasar laut:

ANGLERFISH

5 Mahluk Penghuni Dasar Laut

Anglerfish ini hidup pada kedalaman 2000 meter, Habitat ikan ini ada pada samudera pasifik, Samudera Hindia, Samudera Atlantik, Samudera Arktik dan Laut Mediterania.

Anglerfish memiliki antena yang ada di atas mulut dan dapat di gerak-gerakkan untuk menarik perhatian mangsa yang akan diserang. Seringkali anglerfish naik ke permukaan untuk memangsa burung laut.

BELUT GULPER

5 Mahluk Penghuni Dasar Laut

Belut gulper hidup pada kedalaman laut sekitar 3000 meter, Spesies ini berbeda dari belut pada umumnya, sirip di dadanya berukuran sangat kecil namun mulutnya jauh lebih besar daripada tubuhnya.

KEPITING LABA-LABA

5 Mahluk Penghuni Dasar Laut

Kepiting laba-laba ini hidup di kedalaman laut jepang, kepiting ini biasanya di temukan di selatan kepulauan honshu, dan biasanya ditemukan pada kedalaman 50-600 meter dan biasanya bersembunyi di lubang, dan saluran bagian laut dalam.

Ciri utama spesies ini adalah memiliki kaki yang tergolong paling panjang diantara seluruh arthropoda, panjangnya dapat mencapai 3,8 meter, tubuhnya dapat berkembang hingga 40 sentimeter dan beratnya dapat mencapai hingga 19 kilogram.

IKAN FANGTOOTH

5 Mahluk Penghuni Dasar Laut

Ikan ini termasuk salah satu spesies ikan yang langka, ikan ini hidup di kedalaman 5 kilometer dari permukaan laut. Yang menjadi ciri lain ini adalah memiliki gigi taring yang panjang dan runcing serta memiliki rahang yang kuat.

Ikan ini termasuk spesies yang memiliki gigi relatif paling besar siantara spesies seukurannya, giginya tersebut dapat digunakan untuk memangsa dan mengunyah makanannya, hingga dapat memangsa yang lebih besar.

NAGA HITAM PASIFIK

5 Mahluk Penghuni Dasar Laut

Naga hitam pasifik hidup hingga kedalaman 1000 meter, tetapi ikan ini juga terkadang berenang naik ke permukaan untuk mencari mangsa. Predator ini di juluk naga hitam karena sebagian besar mangsanya merukapakan hewan-hewan bawah laut yang bercahaya, perut sang naga memang telah diciptakan untuk mencegah keluarnya cahaya mangsa yang telah ditelannya itu.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai beberapa mahluk penghuni dasar laut, semoga bermanfaat.

Loading...

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...