15 January 2018

Doa-Doa Agar Dipermudah Segala Urusan

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Setiap orang pasti memiliki urusan, masalah dan ujian dalam hidupnya. Ada banyak persoalan hidup mulai dari persoalan harta, rezeki, pekerjaan dan hal lain yang harus kita hadapi.

Tak sedikit juga orang yang merasa bahwa semua urusan dunia yang mereka hadapi itu sangat berat hingga merasa bahwa mereka tidak sanggup atau lelah dalam menghadapinya.

Namun, itu semua adalah bagian dari ujian yang diberikan Allah kepada hamba-hamba-Nya. Sebagai orang yang beriman, kita tidak diperbolehkan untuk berputus asa ketika menghadapi masalah apapun.

Karena, kita semua percaya bahwa Allah pasti akan memberikan pertolongan kepada hamba-hamba-Nya yang mau memohon dan meminta kepada-Nya lewat doa. Berikut ini adalah doa-doa yang bisa dibaca untuk memohon kepada Allah saat menghadapi masalah dan dipermudah segala urusan yang sedang kita hadapi, karena Allah lah sebaik baik pelindung dan sebaik baik yang mengabulkan hajat/permintaan kita. Allah SWT berfirman dalam Alquran sebagai berikut:

Artinya: "Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong." [QS. Al-Anfal ayat 40]

Untuk itu, kita harus yakin bahwa Allah akan menolong dan mempermudah segala urusan kita. Maka kita harus rajin berdoa dan memohon kepada Allah saat menghadapi suatu masalah agar dipermudah segala urusannya, berikut ini adalah doa-doa agar dipermudah segala urusan:

Doa agar dipermudah segala urusan


1. Doa Nabi Musa di dalam surat Taha ayat 26-28

Yang pertama adalah doa yang dibaca oleh Nabi Musa alaihissalam, doa tersebut terdapat dalam Alquran surat Taha ayat 25-28. Berikut ini doa tersebut:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbisyrokhlii shodrii wayassirlii amrii wahlul ‘uqdatam millisaanii yahqohuu qoulii.

Artinya: "Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku" [QS. Taha ayat 25-28]

Bacalah doa tersebut setelah sholat fardlu atau sholat hajat sehingga masalah yang sedang hadapi dapat menemukan titik terang dan dimudahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

2. Doa Para Pemuda Ashabul Kahfi Memohon Perlindungan Allah dalam surat Al-Kahfi ayat 10

Ketika para pemuda Ashabul Kahfi berlindung di dalam gua, mereka berdoa dan memohon kepada Allah agar Dia mempermudahkan segala urusan mereka.

رَبَّنَا ءَاتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada.

Artinya: "Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami." [QS. Al-Kahfi ayat 10]

3. Doa agar dipermudah segala urusan dalam surat Al-Baqarah ayat 286

Dala surat Al Baqarah juga terdapat ayat yang bisa kita baca ketika berdoa kepada Allah saat menghadapi sebuah urusan agar Allah mau memudahkan segala urusan kita. Berikut ini bacaan do'anya:

Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho'na, robbanaa walaa tahmil 'alainaa ishran kamaa hamaltahuu 'ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa’ fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa 'ala al qaumilkaafiriin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir." [QS. Al-Baqarah ayat 286]

4. Doa agar dipermudah segala urusan

Doa ini sangat bermanfaat dan baik diamalkan oleh orang yang sedang dirundung duka.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda pada Fatimah (puterinya), "Apa yang menghalangimu untuk mendengar wasiatku atau yang kuingatkan padamu setiap pagi dan petang yaitu ucapkanlah: 'Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya'nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata 'ainin abadan"

Artinya: "Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya" [HR. HR. Ibnu As Sunni dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no. 46, An Nasai dalam Al Kubro 381: 570, Al Bazzar dalam musnadnya 4/ 25/ 3107, Al Hakim 1: 545. Sanad hadits ini hasan sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 227]

Sebenarnya masih banyak doa-doa yang bisa diamalkan untuk meminta kepada Allah agar dipermudah segala urusan yang kita hadapi. Untuk itu, janganlah kita malas berdoa kepada Allah setiap kita mendapatkan masalah, sebab, Allah pasti akan menolong hamba-hamba-Nya yang mau memohon pertolongan kepada-Nya.

Silakan tulis komentar Anda...