Bill Gates Melunasi Utang Sebuah Negara Sebesar Rp 950 Miliar

1 min


0
3 shares

Bill Gates dikenal sebagai pendiri perusahaan Microsoft sekaligus dikenal juga sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Pada akhir 2017 lalu, Bill Gates diperkirakan memiliki kekayaan senilai 91,8 miliar dolar AS (Rp 1.243 triliun) dan berada di peringkat ke-2 sebagai orang terkaya di dunia dibawah bos Amazon, Jeff Bezos, yang pada tahun 2017 dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia.

Selain dikenal sebagai orang terkaya di dunia, Bill Gates juga dikenal sebagai sosok yang dermawan. Ia dan istrinya, Melinda Gates, memang dikenal sangat peduli dengan isu-isu kesehatan di dunia.

Bill Gates dan istrinya memiliki organisasi filantropis privat terbesar di dunia, yakni Bill and Melinda Gates Foundation. Kabarnya, Bill & Melinda Gates Foundation tengah membantu sebuah negara di Afrika, yakni Nigeria untuk melunasi utang negara tersebut terhadap Jepang sebesar 76 juta dollar AS atau setara Rp 950 miliar.

Pinjaman itu tersedia melalui program Overseas Development Assistance (ODA) yang diselenggarakan Pemerintah Jepang pada 2014 lalu, khusus untuk menanggulangi wabah polio di seluruh dunia.

Berkat pinjaman tersebut, Nigeria akhirnya dinyatakan bersih dari polio pada 2017 lalu. Namun, utang ke Jepang itu bisa dibilang sulit tertebus mengingat Nigeria masuk jajaran negara miskin dengan penduduk miskin terbanyak di dunia.

Bill Gates pun mencoba untuk membantu Nigeria agar bisa melunasi utang tersebut. Melalui situs resmi Gates Foundation, mereka memang bertujuan untuk membasmi polio di seluruh dunia.

Beberapa saat lalu, Bill and Melinda Gates Foundation mengumumkan bakal menambah bantuan sebesar 50 juta dollar AS (Rp 625 miliar) selama tiga tahun berturut-turut untuk pemberantasan polio.

Lebih kurang sudah tujuh tahun Bill and Melinda Gates Foundation memerangi polio di seluruh dunia. Hasilnya, India yang tadinya merupakan negara dengan wabah polio terbesar telah bersih dari penyakit tersebut.

Upaya pemberantasan polio tak hanya membantu mengeliminasi penyakit di banyak negara, tetapi juga mendorong sistem kesehatan yang lebih baik dan meningkatkan respons untuk krisis penyakit global lainnya semacam ebola dan zika.


Like it? Share with your friends!

0
3 shares

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

Legend

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format