18 January 2018

Bill Gates Melunasi Utang Sebuah Negara Sebesar Rp 950 Miliar

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Bill Gates dikenal sebagai pendiri perusahaan Microsoft sekaligus dikenal juga sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Pada akhir 2017 lalu, Bill Gates diperkirakan memiliki kekayaan senilai 91,8 miliar dolar AS (Rp 1.243 triliun) dan berada di peringkat ke-2 sebagai orang terkaya di dunia dibawah bos Amazon, Jeff Bezos, yang pada tahun 2017 dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia.

Selain dikenal sebagai orang terkaya di dunia, Bill Gates juga dikenal sebagai sosok yang dermawan. Ia dan istrinya, Melinda Gates, memang dikenal sangat peduli dengan isu-isu kesehatan di dunia.

Bill Gates dan istrinya memiliki organisasi filantropis privat terbesar di dunia, yakni Bill and Melinda Gates Foundation. Kabarnya, Bill & Melinda Gates Foundation tengah membantu sebuah negara di Afrika, yakni Nigeria untuk melunasi utang negara tersebut terhadap Jepang sebesar 76 juta dollar AS atau setara Rp 950 miliar.

Pinjaman itu tersedia melalui program Overseas Development Assistance (ODA) yang diselenggarakan Pemerintah Jepang pada 2014 lalu, khusus untuk menanggulangi wabah polio di seluruh dunia.

Berkat pinjaman tersebut, Nigeria akhirnya dinyatakan bersih dari polio pada 2017 lalu. Namun, utang ke Jepang itu bisa dibilang sulit tertebus mengingat Nigeria masuk jajaran negara miskin dengan penduduk miskin terbanyak di dunia.

Bill Gates pun mencoba untuk membantu Nigeria agar bisa melunasi utang tersebut. Melalui situs resmi Gates Foundation, mereka memang bertujuan untuk membasmi polio di seluruh dunia.

Beberapa saat lalu, Bill and Melinda Gates Foundation mengumumkan bakal menambah bantuan sebesar 50 juta dollar AS (Rp 625 miliar) selama tiga tahun berturut-turut untuk pemberantasan polio.

Lebih kurang sudah tujuh tahun Bill and Melinda Gates Foundation memerangi polio di seluruh dunia. Hasilnya, India yang tadinya merupakan negara dengan wabah polio terbesar telah bersih dari penyakit tersebut.

Upaya pemberantasan polio tak hanya membantu mengeliminasi penyakit di banyak negara, tetapi juga mendorong sistem kesehatan yang lebih baik dan meningkatkan respons untuk krisis penyakit global lainnya semacam ebola dan zika.

Silakan tulis komentar Anda...