January 20, 2018

5 Manfaat Teh Untuk Kesehatan Tubuh

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Teh merupakan sebuah minuman yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun atau tangkai yang dikeringkan dari tanaman camellia sinensis. Minuman yang satu ini juga menjadi salah satu minuman yang paling digemari di dunia.

Ada banyak sekali jenis teh yang ada di dunia ini, mulai dari teh hijau, teh hitam, teh putih, teh herbal dan masih banyak lagi jenis teh di dunia. Minuman teh ini memang dipercaya memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh dan kesehatan.

Bahkan secangkir teh hangat dipercaya juga mampu untuk memperbaiki mood, apalagi jika aroma dari teh tersebut sangat kuat maka khasiatnya dipercaya semakin meningkat.

Dalam komposisinya, teh mengandung sejenis antioksidan bernama katekin. Teh hijau dan teh putih mengandung katekin yang tinggi, sedangkan teh hitam mengandung lebih sedikit katekin karena katekin hilang dalam proses oksidasi. Teh juga mengandung kafein (sekitar 3% dari berat kering atau sekitar 40 mg per cangkir), teofilin dan teobromin dalam jumlah sedikit. Sedangkan pada daun teh segar, kadar katekin bisa mencapai 30% dari berat kering.

Selain itu, teh juga kaya akan vitamin, seperti vitamin A, B kompleks, C serta E yang baik untuk menjaga dan merawat tubuh. Selain bermanfaat untuk menjaga dan merawat tubuh, teh juga memiliki berbagai macam manfaat lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Dan berikut ini adalah 5 manfaat teh untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Teh Untuk Menurunkan Berat Badan

Teh, khususnya jenis teh hijau, memiliki khasiat melawan penyerapan lemak ke dalam tubuh. Sebab minum teh akan mempercepat pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Namun jangan mencampur teh dengan susu, karena khasiat tersebut akan hilang dan kamu gagal menurunkan berat badan.

Selain itu, teh juga memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang cukup untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. Jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan meminum teh, ada baiknya untuk tidak mencampur apapun ke dalam teh.

Manfaat Teh yang Kaya Akan Antioksidan

Teh memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Di dalam teh juga terkandung antioksidan berupa polyphenol yang dapat menurunkan risiko kanker kulit, ovarium, dan lambung. Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, kamu cukup dengan rajin untuk meminum teh minimal secangkir saja setiap hari.

Manfaat Teh yang Baik Untuk Tulang

Sebuah penelitian pernah menyebutkan minum teh setiap hari mampu menguatkan tulang. Selain itu, hampir semua jenis teh, baik itu hijau, hitam atau oolong, semua memiliki khasiat meningkatkan kepadatan tulang.

Manfaat Teh Untuk Kesehatan Gigi

Berbeda dengan kopi, teh ternyata lebih ramah untuk gigi. Bahkan ternyata meminum teh itu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan gigi. Hal ini karena di dalam teh terdapat kandungan fluoride yang memiliki khasiat untuk menguatkan email gigi. Namun, jangan mencampurkan teh dengan susu dan gula jika ingin mendapatkan manfaat tersebut. Karena mencapurkan teh dengan susu atau gula bisa menghilangkan fluoride di dalam teh.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Teh memiliki kandungan polifenol yang berupa katekin dan flavanol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan gula darah yang merupakan penyebab stroke dan penyakit jantung.

Dari 5 manfaat teh tersebut sebenarnya masih ada banyak sekali manfaat teh yang lainnya. Namun meminum teh juga tidak boleh dilakukan dengan berlebihan, sebab meminum teh secara berlebihan juga memiliki efek yang kurang baik untuk tubuh.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...