December 13, 2017

Penyebab Bergidik Saat Buang Air Kecil

Hampir semua pria pasti pernah merasakan sensasi bergidik dan merinding saat buang air kecil, fenomena ini memang lebih sering dialami oleh kaum laki-laki dibandingkan oleh wanita.

Namun, beberapa laporan juga menyebut bahwa ada beberapa wanita yang pernah mengalaminya. Fenomena bergidik ketika buang air kecil ini dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan istilah pee shivers atau pee shakes. Hampir semua pria pasti pernah mengalaminya, minimal sekali dalam hidupnya.

Biasanya pee shivers akan lebih sering terjadi ketika seseorang telah menahan buang air kecil terlalu lama. Sensasi geli dari sekitar panggul yang menjalar ke seluruh tubuh ini membuat tubuh pria bergidik sesaat ketika buang air kecil. Biasanya diikuti dengan perasaan lega, dan bahkan saking leganya para pria mengibaratkannya seperti miniatur orgasme.

Ada banyak teori yang menjelaskan penyebab dari pee shivers ini, salah satunya berhubungan dengan kerja sistem saraf parasimpatis, yang aktivitasnya meningkat ketika kandung kemih mulai penuh dengan urine dan kemudian otak mengirim sinyal untuk mengosongkannya.

Ketika seseorang buang air kecil, tubuh akan kehilangan sebagian panas di dalam tubuh. Hal ini membuat reaksi kerja pada otot, dimana reaksi getaran itu untuk memproduksi panas tubuh yang telah keluar ketika buang air kecil.

Teori lain mengaitkannya dengan naluri mempertahankan diri, yang diwariskan oleh nenek moyang manusia sejak zaman purba. Menurut teori ini, sensasi merinding sampai bergidik adalah sinyal untuk mewaspadai ancaman ketika berada di tempat asing. Ini cocok jika dikaitkan dengan kecenderungan kaum pria yang suka pipis di sembarang tempat, misalnya di bawah pohon.

Tapi, meski penyebab pastinya belum jelas, yang pasti fenomena tersebut adalah hal yang wajar.

Loading...

Author Profile