December 16, 2017

Cara SMS, Cek Nomor dan Cek Pulsa Kartu Smartfren 4G GSM di Smartphone Android

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Saat ini, Smartfren dikenal sebagai provider telekomunikasi CDMA di Indonesia. Namun, kini Smartfren juga mengeluarkan kartu perdana GSM 4G yang bisa digunakan pada smartphone lain selain smartphone Andromax milik Smartfren.

Sehingga saat ini pengguna smartphone GSM sudah bisa menggunakan kartu perdana Smartfren yang dikenal memiliki paket internet murah dengan pembagian kuota yang jelas.

Namun sayangnya, kartu perdana 4G GSM Smartfren ini hanya bisa digunakan oleh beberapa smartphone yang support dengan jaringan Smartfren saja. Jadi jika kamu berniat untuk menggunakan kartu perdana Smartfren 4G GSM, sebaiknya pastikan smartphone kamu mendukung jaringan Smartfren.

Dikutip dari situs resminya, Smartfren 4G LTE GSM ini bisa digunakan pada smartphone yang mempunyai jaringan LTE 850 Mhz (Band 5) atau 2300 Mhz (Band 40), jadi pastikan smartphone kamu support jaringan Band 5 atau Band 40 jika ingin menggunakan kartu Smartfren 4G GSM ini.

Selain itu, Smartfren 4G GSM ini juga belum bisa digunakan untuk layanan VoLTE (Voice over LTE), sehingga kamu tidak bisa melakukan SMS, telepon, atau cek pulsa atau cek nomor menggunakan kartu Smartfren 4G LTE GSM.

Tapi jangan khawatir, kamu masih tetap bisa menggunakan layanan tersebut dengan bantuan aplikasi resmi dari Smartfren, yakni aplikasi Smart VoLTE yang bisa diunduh di Google Play Store melalui tautan ini.

Setelah diunduh, silakan buka aplikasi Smart VoLTE tersebut dan ikuti saja langkah-langkah yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Perlu diingat, pastikan kartu Smartfren GSM 4G kamu dipasang pada slot SIM 1 agar aplikasi Smart VoLTE berjalan dengan baik.

Setelah semuanya berhasil, maka kamu akan melihat tampilan seperti berikut:

Aplikasi Smart VoLTE Smartfren

Setelah itu, kamu bisa menggunakan fitur-fitur seperti SMS, telepon, cek pulsa, membeli paket internet Smartfren dan bahkan jika kamu lupa nomor kamu, kamu bisa mengeceknya di aplikasi tersebut.

Cara Cek Pulsa dan Cek Nomor Kartu Smartfren 4G GSM


Untuk melakukan cek pulsa kartu perdana Smartfren 4G GSM di HP Android GSM, pertama kamu buka aplikasi Smart VoLTE, lalu klik pada bagian dial pad di bagian bawah dan ketikkan kode USSD *999#.

Tunggu beberapa saat maka akan muncul pesan sisa pulsa dan nomor telepon kartu Smartfren GSM kamu. Kemudian untuk melakukan cek paket dan bonus internet, kamu bisa menggunakan aplikasi MySmartfren atau bisa dengan memasukkan kode USSD *995# di aplikasi Smart VoLTE Smartfren.

Author Profile