Metode Belajar Membaca Alquran Untuk Anak


0

Orangtua yang baik tentu akan mengajarkan hal-hal yang baik juga untuk anak-anak mereka, salah satunya dengan mengajarkan mereka untuk belajar membaca Alquran. Karena Alquran adalah sebaik-baiknya buku bacaan, karena didalamnya terdapat berbagai macam ilmu pengetahuan.

Selain itu, memang sudah menjadi hak seorang anak dan menjadi kewajiban orangtua untuk mengajari anak-anaknya untuk dapat membaca Alquran. Namun, memang bukan hal mudah untuk membujuk anak agar mau belajar.

Apalagi di zaman sekarang ini sudah banyak sekali gadget-gadget terbaru yang canggih dengan permainan yang asyik dan seru. Tentu anak-anak akan lebih sulit lagi dibujuk untuk mau belajar membaca Alquran.

Metode Belajar Membaca Alquran Untuk Anak

Disinilah peranan orangtua sangat dibutuhkan, orangtua harus bisa membujuk anak agar termotivasi untuk mau membaca atau bahkan menghafal Alquran. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips agar anak Anda mau belajar membaca Alquran.

1. Rangsang Anak Agar Terbiasa Mendengar Bacaan Alquran

Anak yang terbiasa mendengar bacaan Alquran sejak kecil cenderung lebih mudah untuk belajar Alquran. Untuk itu, biasakan anak Anda untuk mendengar bacaan-bacaan Alquran. Apalagi jika anak Anda masih berada di dalam kandungan, hal itu akan lebih baik lagi.

Baca Juga: Merinding! Beginilah Reaksi Janin Ketika Mendengar Alquran

Mulailah mengenalkan anak Alquran dengan bacaan dari suratan pendek, hal ini akan mempermudah anak dalam menghafal Alquran. Ingatlah bahwa usia emas anak mulai dari 0-9 tahun, di mana ia mudah meniru dan menghafal. Para orangtua dapat memanfaatkan momen emas ini.

2. Mengenalkan Anak pada Hafalan yang Sebenarnya

Setelah anak mulai terbiasa, cobalah untuk meluangkan waktu Anda untuk menemani anak dalam belajar membaca atau menghafal Alquran. Metode yang umum digunakan adalah dengan cara mendengarkan rekaman suratan pendek. Temani anak Anda ketika membaca Alquran, jika ada yang salah dalam bacaan ataupun tajwid harap dibetulkan dengan diberikan penjelasan yang mudah dipahami oleh anak.

3. Memasukkan Anak ke Taman Pendidikan Alquran

Selain mengandalkan peranan dari orangtua, tidak ada salahnya memasukkan anak Anda ke dalam Taman Pendidikan Alquran di masjid-masjid yang dekat dengan rumah Anda. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih bersemangat dalam belajar membaca Alquran, karena dengan suasana yang kondusif dan memiliki banyak kawan di lingkungan TPQ akan membuat anak menjadi lebih nyaman dalam belajar.

Selain itu, dukungan dari guru yang sudah berpengalaman tentu akan membuat anak semakin mahir membaca Alquran dengan tajwid yang benar tentunya.

Nah, itulah beberapa tips agar anak Anda mau untuk belajar membaca Alquran. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Isyarat Alquran Tentang Water Birth Mampu Kurangi Rasa Sakit


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format