fbpx

Pengertian Beriman Kepada yang Ghaib


0
2 shares

Beriman kepada yang ghaib merupakan salah satu bentuk rukun iman, karena di dalam rukun iman ada yang namanya iman kepada Allah dan juga iman kepada malaikat.

Dalam QS. Al-Baqarah ayat 3, Allah menjelaskan bahwa beriman kepada yang ghaib adalah salah satu ciri orang yang bertaqwa:

“(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.” [QS. Al-Baqarah ayat 3]

Isi kandungan dari ayat diatas adalah menerangkan bahwa ada dua anak manusia, yang pertama adalah mereka yang hanya mempercayai hal yang nyata namun tidak mempercayai atau tidak mengakui adanya sesuatu dibalik kenyataan itu.

Orang-orang yang seperti itu, biasanya tidak mempercayai adanya Tuhan, malaikat, kiamat, akhirat, dan lain-lain. Sedangkan orang yang kedua adalah orang yang mempercayai adanya hal yang nyata dan ghaib.

Surat Al-Baqarah ayat 3 dimulai dengan kalimat: “…mereka yang berinab kepada yang ghaib…”, kata “yang ghaib” dapat diartikan dengan yang tidak dapat disaksikan oleh panca indera, tidak tampak oleh mata, tidak dapat didengar oleh telinga, namun keberadaannya dapat dirasakan.

Beriman kepada yang ghaib, yang pertama adalah iman kepada Allah SWT, Dzat yang menciptakan seluruh alam yang tidak dapat disaksikan oleh mata telanjang, akan tetapi dapat dirasakan sifat dan wujud-Nya.

Selain beriman kepada Allah, hal ghaib yang harus kita imani selanjutnya adalah akhirat. Akhriat termasuk hal ghaib, sebab tidak ada orang yang mampu menyaksikan akhirat dengan mata atau mendengar dengan telinga, namun yang harus kita yakini bahwa akhirat itu pasti ada.

Nabi Adam AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Muhammad SAW, semua telah wafat beberapa abad yang lalu juga merupakan hal ghaib. Karena kita tidak pernah bertatap muka dengan beliau.

Kita hanya mendengar dari sejarah atau makamnya saja saat ini, orang-orang yang mentaati mereka dan ingin melanjutkan perjuangan mereka termasuk beriman kepada yang ghaib.


Like it? Share with your friends!

0
2 shares

What's Your Reaction?

senang senang
0
senang
terhibur terhibur
0
terhibur
terinspirasi terinspirasi
0
terinspirasi
bangga bangga
0
bangga
takut takut
0
takut
terkejut terkejut
0
terkejut
sedih sedih
0
sedih
ngakak ngakak
0
ngakak
marah marah
0
marah

Elder

Pecinta tempe penyet dan klepon. :)

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format