Messenger 'Bunuh Diri' Menabrakkan Diri ke Merkurius


0

Wahana antariksa yang khusus ditugaskan untuk meneliti planet Merkurius selama 11 tahun, Messenger (MErcury Surface, Space ENvironment, GEochemistry dan Ranging), akhirnya mengucapkan salam perpisahan. Wahana yang diluncurkan pada 3 Agustus 2004 itu ditugaskan untuk mempelajari karakteristik dan lingkungan Merkurius dengan mengorbit planet tersebut.

Namun, misi yang sudah berjalan selama 11 tahun terakhir itu akhirnya harus berakhir secara dramatis. Website resmi NASA menyebutkan bahwa Messenger mengakhiri misinya dengan cara menabrakkan diri ke permukaan Merkurius dengan kecepatan 8.800 mil per jam atau sekitar 4 kilometer per detik.

Messenger 'Bunuh Diri' Menabrakkan Diri ke Merkurius

Hasil wahana sepanyang 3 meter itu menghasilkan sebuah kawah baru di permukaan Merkurius dengan diameter kawah sekitar 16 meter. Pesawat antariksa itu diperkirakan menabrak permukaan merkurius pada Kamis, pukul 02:40 pm EDT, atau Jum’at pukul 02.40 WIB dini hari.

Namun, sayangnya detik-detik kematian Messenger tidak dapat diamati. Karena pada saat itu Messenger menabrakkan diri ke permukaan yang membelakangi Bumi, sehingga teleskop-teleskop Bumi tidak dapat menangkap peristiwa dramatis tersebut.

Selama misinya, Messenger berhasil menentukan komposisi permukaan Merkurius, mengungkap sejarah geologisnya, menemukan medan magnet internalnya, dan memverifikasi deposit kutubnya yang didominasi air es.

Messenger kemudian tidak mampu meningkatkan ketinggian dan tertarik gaya gravitasi yang kuat dikarenakan kehabisan bahan bakar. Sehingga ia terhempas ke permukaan planet Merkurius.

Namun, sebelum menjumpai kematiannya, Messenger sempat mengabadikan sebuah gambar terakhirnya. Ini sekaligus menjadi salam perpisahan Messenger, foto tersebut diambil dari ketinggian yang sangat rendah, menyuguhkan citra kawah Jokai yang berdiameter 93 kilometer.

Foto Terakhir Messenger

Beberapa saat setelah mengabadikan gambar tersebut, Messenger akhirnya menabrak permukaan Merkurius dan kemudian terkubur di wilayah utara sebuah cekungan yang disebut cekungan Shakspeare.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format