25 February 2015

Bagaimana Rupa Wajah Para Nabi? Ini Jawabannya

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Nabi merupakan utusan Allah yang menerima wahyu untuk melanjutkan syari'at yang diemban oleh rasul sebelumnya. Seperti kita ketahui bersama, di dalam ajaran Islam kita mengenal 25 nabi dan rasul Allah. Dan nabi sekaligus rasul terakhir yang diutus Allah adalah Muhammad SAW.

Sebelum nabi Muhammad SAW di utus oleh Allah, sudah ada banyak sekali nabi dan rasul yang diutus oleh Allah untuk membawa ajaran Tauhid yaitu hanya menyembah satu Tuhan yang berhak disembah, yaitu Allah SWT.

Bagaimana Rupa Wajah Para Nabi? Ini Jawabannya

Nabi Ibrahim, Isa dan Musa adalah beberapa contoh nabi yang Allah utus untuk menegakkan ajaran Allah tersebut. Mereka hidup di masa lalu bahkan jauh sebelum Nabi Muhammad hidup. Lalu, bagaimana rupa dan wajah para Nabi tersbut?

Dalam sebuah hadits saat Rasulullah melakukan isra' mi'raj, Rasulullah bertemu dengan nabi Musa, Isa, dan Ibrahim. Kemudian beliau menceritakan rupa dari para Nabi tersebut.

Imam Ahmad meriwayatkan, dari Yunus dan Hujain, dari Al-Laits, dari Abu Zubair, dari Jabir, dari Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda:

"...Setelah itu aku diperlihatkan sejumlah nabi. Di sana aku melihat Musa. Ia adalah contoh pria yang memiliki postur yang tegap (yakni besar dan kekar). Kemudian aku melihat Isa bin Maryam, setelah aku amati dari dekat wajahnya sangat mirip dengan Urwah bin Mas'ud. Kemudian aku melihat Ibrahim, dan ketika aku amati dari dekat wajahnya mirip dengan orang yang bersama kalian ini (yakni dengan diri Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam sendiri)."

Ada hadits lain yang juga diriwayatkan oleh Imam Ahmad, melalui Aswad bin Amir, dari Israil, dari Utsman, dari Mujahid, dari Ibnu Abbas ra, ia berkata, Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Ketika itu aku bertemu Isa bin Maryam, Musa, dan Ibrahim. Adapun Isa, ia memiliki warna kulit yang kemerahan, berambut ikal, dan dada yang membusung. Sedangkan Musa memiliki warna kulit yang gelap, bertubuh tegap, dan rambut yang panjang. Lalu para sahabat bertanya, "Bagaimana dengan Ibrahim?" Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, "Lihatlah sahabat kalian ini. (yakni, mirip dengan Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam sendiri)"

Itulah rupa wajah para Nabi yang telah digambarkan oleh Rasulullah SAW. Dan kita percaya bahwa Rasulullah dalam setiap perkataannya terdapat kebenaran.

Baca Juga: Apakah Hewan Qurban Merasakan Sakit Saat Disembelih?


18 komentar

penipu besar sepanjang masa,,

Penipu atau bukan pasti akan terbukti suatu hari nanti

Anonimous : Kalo menurut kitabmu gimana rupanya para nabi itu?
Tahukah kamu disetiap negara gambaran Isa itu berbeda.

Untukku agamaku, untukmu agamamu.

mengarang bebas, 2 hadis tapi berbeda isinya
??????
ayolah kita sudah pintar2
nopic=hoax

mengarang bebas,2 hadis tapi berbeda isinya
?????
ayolah kita sudah pintar2

bagaiamana seorang penipu bisa memiliki banyak pengikut hingga sekarang dan akhir jaman, kdang2 logikanya ga dipake deh :-) urusin aja hidup dan keyakinan masing2 ga harus saling menghina keyakinan, ada satu ayat dalam kitab Injil mengatakan bahwa nabi Isya berkata " janganlah kau sebarkan agamaku diluar kaum yahudi" nah loh ko sekarang ada di Indonesia, baca dulu kitabnya yang sempurna dan pahami baru menghina agama lain... :-)

Mikir sebelum komen, liat dlu agama lu, bener apa kagak?

@anonymous : maaf, maksud anda yg penipu itu siapa y?

yg percaya monggo....yg tdk yaa monggo. cuma ingat bahwa kita pasti bakal mati suatu saat nanti dan akan mempertanggungjawabkan apa yg kita tulis disini. dan jangan menyesal.

Cacingan loe!!!!!!!!!!!!!!!

begini penjelasannya mas bro, ini bkn 2 hadist tapi 1 hadist hanya saja untuk mem-validasi keabsahan hadist tsb sang periwayat mencari sumber yg berbeda pada saat rasulullah berkata dan intinya tetap sama. simple nya begini, saat rasul mengatakan hal tsb, nah disitu kan bnyk org. menurut anda kalo org yg rame tsb kita tanya satu per satu anda yakin gk kalo jawabannya sama persis dgn hal yg dikatakan rasulullah tsb?? jadi sang periwayat hadist tsb meriwayatkan perkataan rasul dgn bnyk sumber yg intinya tetap sama. # maaf kalo penjelasan saya kurang lengkap.

kalu nabi isa melarang menyebarkan agama nasrani diluar orang yahudi,,,, berarti nabi isya cuma ingin orang yahudi saja yg mempunyai kepercayaan yg baik alias tidak sesat,, setahu saya bukan kah agama yg baik itu adalah yg harus di tahu semua orang didunia ini,,,, dan berarti berdosah la orang2 yg menyebarkan agama nasrani dilauar kaum yahudi,, termasuk orang2 yg menyebarkan di indonesia sampai saat ini,, wowww,,,, bingung frend

pengikutnya esus pasti gak bisa jawab. ironis sekali

Boleh kasih tau di ayat mana/berapa ada ayat seperti itu?pls komen berdasarkan fakta dan pembuktian ya, jangan asal ngemeng

Aduuuh ni kaum nasrani kelewat goblok x yah,,
Klo emng agama,a benar knp cmn di sebarkn pada kaum yahudi,
Kenapa tidak ke smua orang.
Hey nasrani kitab mu itu sudah usang harus,a kalian sadar Al'Quran adlh kitab yg telah di sempurnakan. Smua yg lu ketahui dari injil kami muslim malah lebih tau kebenaran tentang ijil, sedangkan kalian sndri tidak tau kebenaran,a tentang injil sungguh mengenaskan.

Silakan tulis komentar Anda...